Tuesday, November 11, 2014

Pizza Mini Dengan Pizza Base Yang Gak Pake Lama

Satu lagi resep shortcut yang gue temuin di internet. Resep ini gue dapet dari website yang namanya www.thebreadkitchen.com. Yang punya website sebetulnya sama dengan yang punya Titli's Busy Kitchen, cuma di The Bread Kitchen Titli khusus bikin resep roti, roti dan roti.
Sebenernya Pizza Base yang gak pake lama ini apa sih? Pizza base kan aslinya roti, artinya bikinnya harus pake yeast dan artinya lagi butuh waktu setidaknya 1,5 jam sampe adonan siap dipanggang. Lama? Banget! Titli bikin pizza base gampang ini pake baking powder, mirip sih sama resep Nikuman yang pernah gue bikin (masih inget resep Quick and Easy Steamed Bun (Nikuman), No Ribet! ga?). Dan sama juga kaya Nikuman, pizza basenya ga akan se-fluffy kaya kalo dibuat pake yeast, tapi ga kalah enak kok, cepet lagi bikinnya dan cocok buat orang yang suka ngidam dadakan kaya gue (he..he..he...)
Let's start the experiment, shall we?

Bahan:
250 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
1 sdm minyak
125 cc air
1/2 sdt gula pasir
sedikit air dan tepung terigu ekstra

Cara Membuat:
  • Aduk bahan kering: tepung terigu, garam sama baking powder.
  • Aduk rata gula pasir dan air.
  • Buat lubang di tengah-tengah bahan kering. Masukkan minyak dan air gula, aduk pelan-pelan sampai rata. Uleni sekitar 2-5 menit sampai adonan tidak lengket di tangan. Kalo adonan kerasa kering, boleh tambahin air 1 sendok makan. Adonan gak lengket di tangan dan wadahnya tapi pas dipegang memang rasanya agak lengket (cepel kalo kata orang Sunda mah).
  • Tutup wadah dengan serbet, diamkan 10 menit.
  • Taburin meja atau counter dengan sedikit terigu, giling adonan sampe tebelnya sekitar 1 cm. Cetak dengan ring cookie cutter atau mangkok kecil. Jadinya sekitar 5-6 bulatan pizza mini.
  • Panaskan oven sampai 200 derajat Celcius. Panggang pizza base selama 3 menit. 
  • Pizza base siap dikasih topping.
Untuk bahan topping pastinya bebas dong, tapi ini yang kemarin gue pake pas eksperimen:
Sosis, iris atau potong dadu
Jamur, potong dadu, tumis sebentar (5 menit cukup lah)
Bawang bombay, iris
Saus spaghetti siap pakai 
Keju mozzarella atau quick melt, iris atau parut

Yang paling gampang memang pake saus spaghetti siap pakai (La Fonte, Del Monte, apapun), tapi kalo gak ada, ini yang biasanya gue pake:
2 sdm saus tomat
sejumput gula pasir
sedikit merica
1/2 - 1 sdt oregano kering
Semua bahan diaduk rata dan tinggal dioles di atas pizza. Kenapa oregano keringnya pake 1/2 - 1 sdt? Karena selera orang beda-beda tentang kuat ato gaknya aroma oregano.

Nah, setelah dikasih topping, panggang lagi pizza di temperatur yang sama selama 15-20 menit, atau sampai keju di bagian atas meleleh dan sedikit kecokelatan pinggirannya. Jadi deh!

Buat yang pengen liat resep aslinya plus video cara pembuatannya, head out to 30-Minutes Yeast Free Pizza Base.
- Selamat Masak! -


No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)