Saturday, August 30, 2014

Tofu Rice Pockets

Awal gue bikin makanan ini random banget. Pas lagi nerjemahin sebuah buku (doing my daytime job as a translator), si tokoh di buku itu bikin makanan semacam rice balls yang dimasukin ke dalam kulit tahu. Bolak-balik baca bagian itu entah kenapa gue pengeeen banget nyobain bikin. You know kan kalo udah penasaran nothing can stop me.
Jadi... Sabtu pagi gue sibuk sendiri di dapur bikin resep yang gue namain Tofu Rice Pockets. Nama biasanya mungkin Tahu Isi Nasi.
Kalo yang gue liat di makanan-makanan Korea ato Jepang, tahu yang dipake memang ada kulit tahu khusus yang beli jadi dan tinggal diisi. Nyari di mana yang begituan? Ga tau deh. Di buku, si tokoh itu juga pake sushi rice. Ga ada? Nasi biasa pun jadi. Gue pake aja bahan yang ada, make use of what I have in the kitchen.
Menurut gue sih makanan ini cocok buat bekal, seperti yang gue baca di buku itu dan pernah beberapa kali gue liat di drama Korea. Praktis dan bikin kenyang.

Nih, gue kasih tau cara gue bikinnya.

Bahan Kulit:
5 buah tahu ukuran sedang, dipotong dua, goreng sampai kering. Keluarkan isinya pake sendok

 Bahan Isi:
Isi bagian dalam tahu, hancurkan
1 mangkuk kecil nasi panas (Kira-kira 2,5 sendok nasi)
1 buah wortel impor, serut atau parut bentuk korek api
1 batang daun bawang bagian hijaunya aja, iris tipis
1 sdt minyak wijen
Air jeruk nipis dari 1 iris jeruk nipis ukuran sedang (sekitar 1 sdt)
1/4 sdt gula pasir
Kecap asin sesuai selera
Merica sesuai selera
1 sdt minyak goreng untuk menumis

Cara Buatnya:
  • Tumis wortel dan daun bawang. Tambahkan minyak wijen, kecap asin, gula, merica, aduk rata. Masak sampai wortel matang. Sebentar aja, paling sekitar 5 menit. Matikan api.
  • Aduk isi tahu dan nasi ke dalam tumisan wortel. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk sampai isi tahu rata dengan nasi supaya nasi gak berantakan pas diisi. Aduk langsung dengan tangan lebih baik.
  • Cicipin dulu, kalo kurang asin bisa tambah kecap asin atau garam. 
  • Isi ke dalam tahu sambil ditekan-tekan sedikit supaya agak padat.
  • Voila! Jadi deh!


  • Kalo pengen yakin banget nasinya gak bakal bubar, sushi rice memang pilihan yang paling baik. Kalo ada waktu untuk bikin nasi khusus buat resep ini, mungkin boleh nyobain tips bikin nasi dari Farah Queen, tambahin 1 bagian beras ketan untuk 10 bagian beras biasa.
  • Bisa juga pake nasi dari beras yang puleeen banget. That's even more delicious.
  • Kalo bikin nasi sushi atau nasi campur ketan atau nasi pulen, tahunya bisa pake tahu kopong atau tahu pong. Jadi tinggal gunting satu sisi terus isiin nasinya. Gampang!
  • Kalo gak mau vegan banget kaya yang gue bikin, bisa tambahin ayam goreng suwir, sosis, kornet, baso, nugget, whatever you wish.
  • Pake brokoli yang dipotong kecil-kecil juga enak.
  • Mau lebih mewah? pakein keju mozzarella atau quick melt terus panggang sebentar sampai keju meleleh.
Selamat Masak!

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)