Saturday, June 2, 2012

Pancake with Easy Peasy Chocolate Sauce. Perfect Lazy Sunday Breakfast!

Sebenernya semua orang tahu gimana cara bikin pancake. Tapi kok masih aja ada yang lebih seneng beli Pancake Mix kemasan dari supermarket daripada bikin sendiri dari bahan-bahan yang udah pasti fresh dan gak pake pengawet.
Kalo memang males ngukur terigu, gula dan teman-temannya, ada solusi menarik yang shockingly easy!
Nigella Lawson, the domestic goddess, punya satu resep Home Made Instant Pancake Mix yang bisa disimpen dan dipake setiap kali kita ngidam pengen sarapan pancake.

Jadi, bahan yang diperlukan buat Nigella's Home Made Instant Pancake Mix adalah:

600    gram    tepung terigu
3        sdm     baking powder
2        sdt       baking soda
1        tsp       garam
40      gram    gula yang butirannya halus

Semua bahan diaduk rata terus disimpan di dalam toples atau wadah kedap udara. Kalo mau bikin pancake, tinggal tambah telur, susu dan mentega/margarin cair. Beres!

Menurut Nigella, untuk setiap 150 gram Pancake Mix, perlu 1 butir telur, 250 cc susu cair dan 1 sdm mentega/margarin cair. Kalo mau ada wangi-wangian, boleh tambah vanili bubuk/essence/extract sedikit. Dari 150 gram ini hasilnya bisa sekitar 15 mini pancakes (untuk pancake besar mungkin setengah dari itu).

Nah, untuk sarapan Minggu pagi ini, gue bikin mini pancake (masing-masing dari 2 sdm adonan) plus saus yang gue namain Easy Peasy Chocolate Sauce. Sebenernya saus ini hampir mirip dengan Creamy Chocolate Filling yang pernah gue bikin, tapi diper-simple lagi sedikiiit. Namanya juga lazy Sunday, gak terlalu pengen yang ribet, betul?

Bahan:
1    sdm    coklat bubuk
1    sdm    gula pasir (gue gak suka yang terlalu manis, jadi buat yang suka manis, tambahin sesuai selera)
1    sdt      tepung terigu
1/2 cup     susu cair (sekitar 100-150 cc)
1    sdt      mentega/margarin
sedikiiiit garam

Cara buatnya:
  • Dengan panci saus (panci tebal), campur bahan kecuali mentega/margarin.
  • Masak di atas api kecil.
  • Kalo susu cair yang dipake dingin, hangatkan dulu susu, baru masukin sisa bahan, aduk rata dengan whisk supaya tidak menggumpal.
  • Masak sampai kekentalannya sesuai selera. Cicipin dulu ya, kurang manis atau gak.
  • Masukkan mentega/margarin, aduk rata sampai mentega/margarin semuanya meleleh.
  • Angkat. Drizzle on top of your pancake!


  • Saus ini bisa untuk saus crepes, pisang keju, lumpia pisang, pisang goreng, churros, sus dan lain-lain.
  • Bikin sedikit lebih kental, hampir seperti pasta, terus oles di atas pancake, tumpuk dengan pancake lain, bikin beberapa layer, jadi deh Stacked Pancake ;)

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment