Saturday, June 9, 2012

Carrot Cake - Cake Wortel Berempah!

Setelah gue ngebut beresin kerjaan demi nonton serangkaian pertandingan Euro 2012, berhubung hari masih sore, kepikiran buat bikin kue biar teh sore nanti ada temennya. Kebetulan, Ochi San (Channel YouTube Ochikeron) kemaren baru aja post video tentang Sugar-Free Carrot Cake. Tiba-tiba langsung penasaran, pernah berapa kali makan Carrot Cake, tapi gak pernah nyobain bikin. Setelah cek-cek bahan-bahan di dapur, kurang kacang sama buah kering (T_T). Tapi.... berhubung bener-bener penasaran, improvisasi aja deh, gimana kacang, dengan berat hati, ditiadakan terus buah keringnya diganti dengan kurma? Lalu... dalam waktu satu jam.... Tara! Jadilah Carrot Cake buat temen minum teh di sore yang dingin.
Buat mbak-mbak, temen-temen, ibu-ibu, kalo misalnya weekend ini kedatangan tamu, sodara, atau mertua, bisa loh buat suguhan, atau malah hantaran. Cobain ya?!

Bahan:
2     butir     telur (temperatur ruangan, bukan langsung dari kulkas)
90   gram    gula pasir butiran halus (bisa diganti juga dengan gula palem, atau gula jagung, mis: Tropicana Slim)
120 ml         minyak
4     buah     kurma ukuran besar, kupas kulit keringnya, buang bijinya, belah dua, iris tipis, aduk dengan 1 sendok teh tepung terigu sambil dipisah-pisahkan setiap potongannya.
100  gram    parutan halus wortel (wortel import lebih oke, lebih manis)
200  gram    tepung terigu
1      sdt       tepung maizena
1      sdt       baking powder
2      sdt       kayu manis bubuk
1      sdt       jahe bubuk

Peralatan:
Whisk, spatula (sendok plastik/karet), loyang loaf (persegi panjang) ukuran sedang, olesi mentega tipis-tipis terus alasi bagian bawahnya dengan kertas minyak, ayakan/saringan, rak/tatakan kawat.

Cara Buatnya:
  • Panaskan oven suhu 170 derajat Celcius.
  • Aduk rata tepung terigu, maizena, baking powder, kayu manis bubuk sama jahe bubuk. Ayak supaya tidak ada butiran-butiran kasar.
  • Kocok telur dengan whisk sampai putih dan kuningnya tercampur rata, masukkan gula. Aduk rata lagi. 
  • Tambahkan parutan wortel dan potongan kurma, aduk rata lagi. 
  • Tambahkan minyak, aduk.
  • Masukkan campuran tepung, aduk dengan spatula pelan-pelan sampai tercampur rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan bagian atasnya. 
  • Dengan spatula, buat garis di bagian tengah adonan. 
  • Panggang selama kurang lebih 40 menit atau sampai kecoklatan atau sampai waktu dimasukkan tusuk gigi, batang tusuk gigi gak dikotorin adonan.
  • Angkat, telusuri pinggirannya dengan pisau tipis, keluarkan dari loyang dan dinginkan di atas rak kawat.


- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment