Wednesday, May 2, 2012

Fish Sauce: Fishy Goodness (Satu Tambahan Brand Lagi)

Post ini terinspirasi dari salah satu acara favorit gue, Bizarre Food with Andrew Zimmern. Di salah satu episodenya, Andrew pergi ke Vietnam untuk wisata kuliner di sana. Dia juga pergi ke pabrik pembuatan Fish Sauce alias Kecap Ikan yang paling terkenal di Vietnam, Cat Hai. Andrew bilang kalo dia suka banget makanan yang pake si kecap ikan ini. Gak cuma langsung di masakan, fish sauce juga enak dijadiin dipping sauce atau saus cocolan.
Ok, gue mau bahas makanan kesukaan gue yang sering gue masak dengan tambahan kecap ikan.

1. Nasi Goreng
What? Iya, nasi goreng. gue suka banget masak nasi goreng pake fish sauce. Kenapa? Karena menurut gue, fish sauce bikin nasi goreng lebih wangi, lebih menggugah selera. Buat yang udah pernah baca postingan gue yang dulu-dulu, pasti udah ada yang tahu kalo gue bikin Nasi Goreng Kimchi/Kimchi BokkEumBap dengan tambahan kecap ikan. Selain itu, resep nasi goreng paliiiiing simple sedunia kesukaan gue juga pake kecap ikan, Nasi Goreng Bawang Putih Pedas. Wangi, gurih, pokoknya mantap!

2. Kwetiau Goreng
Yes, kwetiau juga paling menggoda selera kalo ditambah dengan kecap ikan. Mungkin, mungkin loh ya, kwetiau goreng yang pake kecap ikan ini lebih mirip dengan kwetiau yang sering kita makan di Chinese Food Restaurant. Ada aroma khas setiap kita makan kwetiau goreng di restoran-restoran semacam itu. Nah, aroma itu didapat dengan nambahin kecap ikan.

3. Saus Cocolan Lumpia
Mami seneng banget bikin lumpia yang isinya pake udang. And fish sauce work absolutely marvelous with seafood. Gue pernah nyicipin Spring Roll yang dibikin sama orang Vietnam di acara bazar ASEAN. Spring Rollnya itu dibungkus pake kulit lumpia yang transparan itu loh. Isinya selain udang juga banyak sayur sama daun ketumbar. Pas gue cobain pake saus cocolannya, haduuuh...nendang abis! Dari situ gue doyan banget makan lumpia pake saus cocolan kecap ikan. Untuk bikin saus cocolan pake kecap ikan juga gak susah, cuma perlu kecap ikan, air, gula, cabe rawit iris, kadang pake sedikit air jeruk nipis. Mantap!

Masih banyak lagi masakan favorit gue yang pake kecap ikan. Ada Kimchi, ada Cap Cay, ada juga Fluffy Steamed Egg Dish yang menurut gue paling mantap dimakan buat sarapan pas hari-hari lagi dingin. Recipe will be available soon ya ladies :D

Merk kecap ikan apa yang paling yahud? Gue masih belum tau, sadly, karena sampe sejauh ini gue baru nyobain dua macem merk kecap ikan. Yang pertama sepertinya sih merk lokal. Mami yang beli. Dan aromanya sedikit gimanaa gitu.


Tapi yang terakhir kali gue coba is quite fabulous. Menurut botolnya, kecap ikan Squid ini import dari Thailand. Harganya sekitar sepuluh ribuan sebotol. Wanginya enaaaak banget. Dulu aroma kecap ikan bikin gue sedikit eneg, tapi yang ini menurut gue wanginya enak, entah kenapa. Dan rasanya pun lebih mantap pas gue tambahin di dalam masakan gue.

Satu lagi fish sauce yang udah gue cobain. Merknya Royal Gold Fish Sauce. Aroma dan rasanya sedikit lebih kuat dari yang Squid, tapi menurut gue sama enaknya untuk ditambahin ke dalam masakan. Gue nemu kecap ikan ini di Lotte Mart, such a bargain karena beli 1 gratis 1 (biasalah...pengiritan hehehe). Tapi yang gue liat, kecap ikan ini udah ada di mana-mana, Griya, Borma, Hypermart, so it's pretty easy to find.



Nah, demikianlah pembahasan mengenai fish sauce alias kecap ikan. You can go and check out your nearest supermarket kalo udah cukup penasaran dengan kecap ikan setelah baca postingan gue ini ;)

-Selamat Masak! -

6 comments:

  1. Maaf, 2 merk kecap ikan diatas, terutama yang Squid, beli dimana ya? Tolong beri tahu. Sedang butuh mendadak. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kecap ikan Squid biasanya nemu di supermarket besar, misalnya Carrefour, LotteMart atau Hypermart.

      Delete
    2. Karena bahan dasar fish sauce adalah ikan dan garam, rasanya asin dan selain untuk rasa dan wangi juga dipakai untuk nambahin rasa asin ke makanan. :)

      Delete
  2. Ibu saya dulu sering pake kecap ikan merk royal gold fish, mmg luar biasa sedap. Tapi logo halalnya gk ad. Jadi skrg beralih ke merk squid n saiton keluaran thailand yg mmg ad logo halalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih komentarnya. Kalo pendapat pribadi sih so far merk Squid yang lebih enak, halal dan sepertinya lebih gampang dicari. Tapi tergantung selera, ya. Merek Saiton belum pernah coba tuh. Thanks referensinya. :)

      Delete