Friday, February 3, 2012

Nasi Goreng Kimchi / Kimchi BokkEumBap

Ibu-ibu, kakak-kakak, sesuai janji, sekarang gue bakal ngasih resep masakan yang pake Kimchi, Nasi Goreng Kimchi alias Kimchi BokkEumBap. Gue liat resep originalnya dari Aeris Kitchen dan seperti biasa diotak-atik sedikit. Haduh...tampak sedap waktu pertama kali denger tentang nasi goreng kimchi ini. Daaan... pada percobaan pertama, I love it! Gak ada rasa asem-asem dari kimchi, yang ketara justru pedes. Wangi pas masak nasi goreng ini mirip sama wangi nasi goreng terasi, beneran.
Untuk bikin nasi goreng ini, kita butuh kimchi yang udah difermentasi. Kemaren kan udah gue post resep kimchi ya? Nah, di situ gue tulis kalo kimchi itu lebih baik disimpen di kulkas. Tapi kalo pas mau masak ini, berhubung butuh fermented kimchi, begini caranya:
Ambil wadah kedap udara yang lebih kecil, pindahin sekitar 5 sendok makan penuh kimchi (bebas sih, tergantung selera). Tutup rapat wadah, simpan di suhu ruangan (di luar kulkas) satu hari penuh. Besoknya langsung bisa dipake untuk nasi goreng kimchi. Kalo misalnya gak abis, harus langsung masuk kulkas.
Sebenernya yang gue liat, di Korea sih kimchi itu difermentasiin sampe asem banget, cuma berhubung gue gak terlalu biasa makan yang begituan, takut sakit perut :D Makanya cari aman ajahlah, setuju?
Bahan:
  • Fermented Kimchi
  • Nasi 2 mangkok kecil (mangkok yang biasa dipake cetak-cetak nasi itu loh.. tapi ditambah boleh, dikurangi boleh, bebas!)
  • 1/2 - 1 sdt gula pasir (tergantung banyaknya kimchi yang dipake)
  • 2 sdm penuh air kimchi (kalo kimchi udah berfermentasi, suka keluar lbh banyak air dari waktu pertama kita buat)
  • 1 - 1,5 sdt kecap ikan
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt kecap asin
  • garam sedikit
  • kecap manis sedikiiiit aja (buat nyeimbangin rasa aja)
  • Minyak goreng sedikit
 Cara Buatnya:
  • Panaskan 1 sdm minyak goreng. Masukin kimchi sama gula pasir. Tumis dengan api sedang sampai kimchi agak kering. (gue saranin sih pake wajan anti lengket, supaya saus kimchi yang kering-kering nempel di wajan bisa kecampur lagi pas nasi masuk, enak, beneran...)
  • Tambahkan nasi, air kimchi, kecap ikan, minyak wijen, kecap asin, garam. Aduk sampai benar-benar rata. Masak sekitar 7-8 menit dengan api sedang sampai rasa kimchi meresap ke dalam nasi.
  • Tambahkan sedikiiiiiit aja kecap manis. Sampe sini, rasain dulu ya, karena rasa kimchi yang asin dan sedikit asem, jadinya agak kurang gurih kalo gak ditambah kecap manis sedikit. But remember! just a dash!
  • Angkat, sajikan panas.



*Untuk pelengkapnya, tambahkan telor mata sapi, telor dadar, atau telor orak arik. Kalo suka, ditambah ayam goreng suwir juga enak.
*Untuk minyak, bebas sih takarannya. Kalo gue gak terlalu suka nasi goreng yang berminyak, jadi minyaknya pake sedikiiit aja.
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment