Wednesday, February 1, 2012

Homemade KIMCHI

Annyeonghaseyo, chingudeul... Orenmanida...
hahaha...korban drama Korea nih!
Hai semuanya! Lama gak ketemu yah... Berhubung akhir-akhir ini gue lagi rajiiiin banget nonton drama Korea, gue mau ngasih satu resep yang nantinya bisa dikembangin lagi jadi beberapa masakan Korea yang ajib!
Gara-gara ngikutin drama Korea 'Fermentation Family', tentang satu keluarga yang punya restoran yang kimchinya enak banget, tiba-tiba jadi ngidam se-ngidam-ngidamnya sama kimchi. Kalo beli, takut kebanyakan, makanya nyobain bikin sendiri. Seperti biasa, resepnya gue dapet dari Maangchi. Dan seperti biasa juga, berhubung bahan-bahan di rumah gak selalu komplit, gue improvisasi sedikit dari resep dasarnya. Mudah-mudahan enak yaaa...

Bahan:
  • Sawi putih yang besarnya sedang aja (kalo mau bisa ditambah kol yang agak muda), dipotong-potong bite size, sekitar 3cm lah, terus rendam kira-kira 5-10 menit, tiriskan.
  • 1/4 cup garam (sekitar 3 sdm)
Nah, yang agak lama proses penggaraman. Di dalam wadah yang besar, masukin sawi putih atau kol (atau dua-duanya), tabur garam sampai rata, terus aduk-aduk. Diemin setengah jam, terus aduk-aduk lagi. Ulang dua kali (total didiemin sekitar 1.5 jam). Cuci bersih 3 kali, tiriskan.

Bahan Pasta Kimchi:
  • 1 wortel ukuran kecil, diiris korek api
  • 2 daun bawang ukuran kecil, diiris serong
Yang pertama dibuat itu bubur tepungnya dulu.
  • Campur 250 cc air dengan 1/4 cup tepung ketan atau tepung terigu (di resep asli pake sweet rice flour), aduk rata.
  • Masak di atas api sedang sampai agak mengental, kecilkan api, tambah 2-3 sdm gula pasir, aduk rata. Masak lagi sekitar 2 menit sampai agak transparan. (tapi jangan sampai kayak bubur sumsum yaaa)
  • Angkat, dinginkan.
Yang kedua, bahan buat bumbunya:
  • 1/4 cup bawang putih (sekitar 6 siung ukuran sedang) 
  • setengah bawang bombay ukuran sedang, potong-potong
  • 1 cm jahe, potong-potong
  • 6-7 sdm kecap ikan
  • 3 cabe merah besar yang dibuang bijinya
Blender semua bahan jadi satu, sisihkan.
Campur bahan bubur tepung dengan bumbu yang diblender. Tambahkan 1/3 cup (sekitar 4 sdm penuh) cabe bubuk/paprika bubuk (pastiin yang high quality dan rasanya gak pahit, atau boleh ikutin resep gue: blender halus 30 cabe merah keriting kering). Aduk rata semuanya. Tambahkan wortel sama daun bawang, aduk rata lagi.

Sekarang...campur kimchinya:
Di dalam wadah besar, campur sawi putih/kol dengan pasta kimchi. Lebih enak campurin pake tangan, tapi jangan lupa pake sarung tangan atau plastik. Campur sampai rata. Siapin wadah kedap udara, susun kimchi yang udah rata dengan pastanya, tekan-tekan/padatkan.
Semakin lama disimpan, kimchi semakin berfermentasi, jadi ada sedikit rasa asam, tapi enak loh! Pastiin untuk simpan kimchi di dalam kulkas.




Nah, kalo udah jadi kimchinya, setelah nanti berfermentasi, gue bakalan nyoba bikin mie atau nasi goreng pake kimchi. Tungguin resepnya yaaa...

*WARNING! Kimchi di resep ini pedes banget, jadi kalo gak terlalu suka pedes, si cabe keriting kering gilingnya dikurangin dan ditambah cabe merah besar fresh yang diblender atau cabe keringnya pake cabe merah besar kering, bukan cabe keriting kering, ok? ;)

- Selamat Masak! -

5 comments:

  1. Ngebantu banget resepnya, karna dari video dan yang lain selalu buat porsi gede. Pengen banget nyobain buat kimchi,tapi aku anak kosan, nggak ada kulkas. Kalo nggak di simpen dalem kulkas gitu gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, senangnya kalo eksperimen gue bisa ngebantu.
      Kalo gak ada kulkas susah juga sih. Soalnya biasanya kimchi cuma bisa disimpen di luar kulkas satu atau dua hari aja. Gak jamin aman dimakan kalo disimpen di luar kulkas lebih lama dari itu.
      Paling jalan keluarnya kalo memang mau bikin kimchi, bagi empat resepnya supaya sisanya gak terlalu banyak dan gak usah disimpen lama-lama. Atau mungkin bikin sama temen-temen terus bagi-bagi hasilnya.
      Btw, gue udah ada resep kimchi yang revised, cek di sini ya http://food-experimentalist.blogspot.com/2013/01/homemade-kimchi-revised-recipe.html
      -selamat masak!-

      Delete
  2. Sore bak kalo kecap ikan sama minyak ikan apa beda nya

    ReplyDelete
  3. Sore bak kalo kecap ikan sama minyak ikan apa beda nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore. Kalau minyak ikan biasanya dikemas di soft kapsul gitu, diminum buat suplemen tubuh, dan bukan untuk masak.
      Kalau kecap ikan, atau fish sauce, hasil fermentasi ikan, rasanya asin dengan aroma ikan yang gurih. Untuk kecap ikan, bisa liat post sebelumnya di blog ini
      http://food-experimentalist.blogspot.co.id/2012/05/fish-sauce-fishy-goodness.html
      Mudah-mudahan membantu, ya.

      Delete