Monday, March 29, 2021

Keik Cokelat

    Beberapa minggu yang lalu mendadak gue pengen banget makan kue cokelat. Brownies? No. Brownies sih udah terlalu sering gue bikin buat keponakan atau temen. Kalo bukan Brownies, apa dong? Petualangan pencarian di YouTube pun dimulai. Eh... tapi gak perlu lama kok. Gue langsung nemu resep yang bikin gue kepincut dan pengen nyobain, yaitu Keik Cokelat. 
    Apa bedanya sama Brownies? Jelas beda. Keik Cokelat ini teksturnya gak sepadat Brownies, dan rasanya juga gak se-rich atau seberat Brownies. Tekstur keik lebih ringan dan berpori. Coba aja bayangin brownies kukus tapi dipanggang, rasanya mirip gitu. Tapi rasa cokelat si Keik Cokelat gak kalah enak kok sama Brownies. Asal kita pake cokelat bubuk yang kualitasnya baik.
    Kaya apa sih cokelat bubuk kualitas baik itu? Yang paling sering ada di supermarket di sekitar rumah gue adalah Van Houten dan Windmolen. Pake dua itu aja udah enak banget kok. Tapi kali ini gue pake cokelat bubuk Tulip Bordeaux yang wanginya lebih mantap dan rasa cokelatnya lebih enak. Gue beli Tulip Bordeaux di toko bahan kue deket rumah. Tapi gak perlu keluar uang lebih buat beli Tulip Bordeaux. Seperti kata gue sebelumnya, cokelat bubuk yang ada di supermarket works just fine.
Gue nemu resep keik ini di YouTube channel Chalistaa Kitchen. Gue ngikutin semua cara pembuatannya tapi pake dua bahan yang gak ada di resep aslinya.
    Resep ini dibilang gampang sih gampang. Tapi berhubung gue masih pemula, percobaan pertama gak terlalu sesuai harapan. Entah kenapa, adonan gue gak mau kental berjejak dan pucat, walaupun hasilnya lumayan dan rasanya tetep enak banget. Percobaan kedua gue pake teknik yang diajarin Mami dan lumayan lebih berhasil. So, kalo kalian sempet gagal, jangan putus asa. Coba aja lagi dan pastiin kalian udah ngikutin resepnya step-by-step okay?

Bahan Kering:
150 gram tepung terigu Segitiga Biru
5 sdm cokelat bubuk
1/2 sdt baking powder
Sejumput garam
1/2 sdt kopi instan (gue pake Nescafe)

Bahan Basah:
150 gram margarin Blue Band Cake and Cookie
4 butir telur, suhu ruang (kalo telurnya disimpen di kulkas, keluarkan dulu 2 jam sebelumnya)
165 gram gula pasir
1 sdt SP (cake emulsifier atau pengembang kue)

Perlengkapan:
  • Loyang tulban (bolong di tengah) ukuran diameter 20cm (bisa loyang apa aja dengan diameter yang sama). Olesi seluruh permukaan loyang dengan mentega, dan taburi terigu. Ketuk-ketuk loyang untuk membuang terigu yang menempel berlebihan
  • Ayakan atau saringan
  • Mikser eletrik dengan mangkuknya (kalau gak ada pake mangkuk besar atau baskom)
  • Mangkuk agak besar untuk mencampur margarin
  • Whisk atau pengocok kawat
  • Spatula atau sendok pengaduk plastik

Cara Membuat:
  • Cairkan margarin dengan api kecil. Jangan ditinggal dan dibiarkan mendidih. Begitu margarinnya kelihatan sudah mau mendidih, angkat dari api, aduk-aduk. Letakkan lagi di atas api. Ulangi prosesnya sampai margarin meleleh semuanya. Angkat dari kompor, sisihkan.
  • Aduk tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam. Sisihkan.
  • Nyalakan oven, set di suhu 170 derajat Celcius, api atas-bawah.
  • Masukkan telur dan gula ke dalam mangkuk mikser. Kocok dengan kecepatan paling tinggi sampai sedikit memucat. 
  • Tambahkan SP, lalu kocok lagi dengan kecepatan paling tinggi sekitar 5-7 menit sampai hampir putih dan kental berjejak. Artinya, waktu pengocok mikser diangkat, adonan yang mengalir dari pengocok mikser ke adonan di dalam mangkuk meninggalkan jejak dan tidak langsung berbaur.
  • Setelah mikser dimatikan, ayak setengah bagian campuran tepung ke dalam mangkuk. Tambahkan kopi. Kocok dengan kecepatan paling rendah sampai mulai menyatu.
  • Ayak sisa campuran terigu, kocok lagi dengan kecepatan paling rendah sampai mulai menyatu. Matikan mikser. 
  • Aduk balik dengan spatula untuk memastikan tepung sudah tercampur rata dan tidak ada yang mengendap di bawah mangkuk.
  • Di dalam mangkuk terpisah, tuangkan margarin leleh. 
  • Tambahkan 5 - 6 sendok makan adonan, kocok dengan whisk sampai bercampur.
  • Tuangkan campuran margarin ke dalam mangkuk berisi sisa adonan. Aduk balik pelan-pelan sampai margarin tercampur rata dan tidak mengendap di bawah mangkuk.
  • Tuang adonan ke dalam loyang. Ketuk-ketukkan loyang sebentar supaya gelembung udara di dalam adonan naik ke permukaan.
  • Panggang keik selama 30 menit. 
  • Setelah 30 menit, cek dengan tusuk gigi untuk memastikan tidak ada lagi bagian keik yang masih basah.
  • Angkat, dinginkan sekitar 20 menit, baru keluarkan dari loyang.
  • Keik ini enak dimakan hangat. Tapi lebih enak lagi kalau disimpan dan baru dimakan sehari kemudian. 






  • Loyang yang dioles mentega dan ditaburi terigu pasti bakal nyisain gumpalan kuning di pinggiran keik setelah keik matang. Gak perlu ragu, scrape aja pake pisau dan buang gumpalannya. Gak ngaruh sama kuenya, kok.
  • Gue pake loyang jadul, karena itu loyangnya perlu dioles mentega dan ditaburi terigu. Kalau punya loyang teflon step ini bisa di skip.
  • Gak punya loyang tulban atau loyang bolong? Loyang apapun jadi. Eksperimen pertama gue juga pake loyang persegi biasa.
  • Resep ini bisa dibagi dua untuk loyang lebih kecil.
  • SP bisa diganti dengan TBM atau pengembang keik (cake emulsifier) lainnya.
  • Campuran tepungnya harus selalu diayak ya? Yes. Apalagi kalau pake cokelat bubuk yang gampang banget bergerindil. 
  • Margarin cair bisa langsung dicampur ke adonan kue di mangkuk mikser, tapi cara yang gue pake (kalo gak salah namanya tempering) menurut gue bikin margarin cair atau minyak lebih mudah dicampur ke dalam adonan. 
  • Untuk resep original dan video tutorial, bisa mampir ke video Resep Bolu Cokelat Super Nyoklat dan Enak Banget Bikin Nagih di channel Chalistaa Kitchen.
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)