Saturday, December 19, 2020

Pepes Bandeng Presto Part 1: Tumis Daun Singkong Daun Pepaya



 Beberapa bulan yang lalu gue sempet nyobain pepes bandeng presto Purwokerto yang dijual di supermarket. Pertama kali makan langsung suka. Biarpun gue orangnya gak suka makan ikan, tapi bandeng presto sih masih mau. Dan bandeng presto yang dibikin pepes ala Purwokerto ini rasanya mantap banget.

Seperti apa sih pepes bandeng presto Purwokerto ini? Bahan utamanya jelas bandeng presto. Bandeng ini dibalut bumbu terus dibalut lagi sama daun singkong daun pepaya yang ditumis pedes. Tumisan daun singkong-pepaya ini jadi makin enak dengan tambahan jamur tiram, cabe rawit utuh, dan (buat yang suka) pete. Setelah itu semuanya dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. 

Waktu itu, sambil makan, gue sama Mami udah ngobrolin tentang kira-kira cara bikinnya gimana. Kita berdua sama-sama suka banget tumis daun singkong-pepaya, jadi kepikiran untuk nyoba bikin sendiri. Selain rasa bisa dibuat lebih sesuai selera kita, dana yang dikeluarkan pun bisa lebih irit. :D

Bikin pepes ini dibilang gampang ya enggak. Tapi dibilang susah pun gak juga. Satu-satunya yang mungkin bakal bikin jiper adalah banyak pernak-pernik yang harus disiapin. Tapi hasilnya udah pasti luar biasa. Kalo kata Bikin Laper sih "Ini ancaman, guys!" Dan karena banyak printilannya ini gue bakal bagi post Pepes Bandeng Presto ini jadi 2 bagian, supaya lebih enak bacanya. Di bagian pertama ini gue bakal tulis cara pembuatan tumis daun singkong-pepaya. 

Let's do some experiment!


Bahan: 

1 ikat daun singkong

1 ikat daun pepaya (Gue pake daun pepaya jepang yang tumbuh di halaman rumah. Rasanya lebih enak.)

1 sdm udang rebon, cuci bersih, tiriskan

8 siung bawang merah, iris halus

4 siung bawang putih, cincang halus

4 cabe keriting, iris serong tipis

2 batang serai, iris tipis

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

cabe rawit utuh sesuai selera

garam dan gula

100ml air

1 sdm minyak goreng


Cara Membuat:

  • Petik daun singkong dan daun pepaya dari batangnya. Rebus sampai empuk sekitar kurang lebih 10 menit. 
  • Angkat, tiriskan. Peras airnya sebisa mungkin.
  • Potong-potong supaya daunnya tidak terlalu panjang.
  • Panaskan minyak dengan api kecil. Tumis udang rebon sebentar sampai harum.
  • Tambahkan bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, daun jeruk, dan cabe keriting. Tumis lagi sampai bawang-bawangannya harum.
  • Masukkan daun singkong, daun pepaya, dan cabe rawit utuh. Aduk dan uraikan daun-daunannya supaya tidak menggumpal jadi satu.
  • Tambahkan air. Bumbui dengan garam dan gula (plus penyedap kalo suka).
  • Masak sampai air habis. Angkat. Sajikan langsung dengan nasi panas atau lanjutkan proses berikutnya untuk bikin pepes bandeng presto.



  • Tumis daun singkong daun pepaya di pepes yang gue makan dulu ditambah jamur tiram yang disuwir-suwir dan pete yang dibelah dua. Enak banget. Tapi berhubung di sini ada yang gak suka jamur dan gak terlalu suka pete jadi gak dipakein. Tetep enak kok.
  • Untuk rasa lebih pedes, sebagian cabe rawit bisa diiris.
  • Bisa gak bikin tumis ini sehari sebelum bikin pepes? Sebaiknya gak ya. Tumisan ini kalo dibiarin lebih dari sehari suka mulai berair dan rasanya gak fresh aja. 
  • Untuk sedikit menghemat waktu, rebus daun singkong dan daun pepaya sehari sebelumnya, peras lalu simpan di dalam kulkas. 
  • Kenali bandeng presto yang dipakai. Kalau ikannya asin, sebaiknya tumisan ini gak terlalu asin. Lagipula, ikan akan kita bumbui lagi. Jadi perhitungkan keasinan tiga elemen di pepes ini, ya. 
  • Untuk pengganti udang rebon, teri besar atau teri Medan juga enak untuk tumisan ini. Jangan lupa dicuci dulu supaya gak terlalu asin dan ditumis dulu sebelum bumbunya masuk. 
  • Kalau mau makan tumisan ini begitu aja untuk lauk nasi, bisa juga dicampur dengan pindang bandeng yang udah digoreng lalu disuwir-suwir. Jangan lupa untuk menyesuaikan tingkat keasinannya.
  • Kalo gak terlalu suka makan serai, potong serai besar-besar dan memarkan sedikit. Tapi jangan gak dipake, karena wangi serai enak banget untuk tumisan ini.
  • Next step kita susun pepesnya. See you on part two!

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)