Wednesday, December 23, 2020

Gulai Cumi Isi Tahu


 

Lauk yang paling sering dimasak di rumah gue adalah... ayam. I really, really love chicken, karena itu gue suka cari-cari resep berbagai cara masak ayam. Tapi kadang bosen juga, pengen yang lain. Seperti hari ini, Mami beli cumi dan kepikiran untuk bikin gulai cumi isi tahu. Udah lama banget kita gak bikin gulai ini. Dibilang gulai ala Padang sebenernya gak juga. Tapi, jangan khawatir, soal rasa sih udah pasti mantap.

Cumi yang gue pakai di sini ukurannya termasuk kecil-kecil. Di rumah gak ada yang suka cumi besar-besar. Jadi kalo mau coba eksperimen resep ini juga, sesuaikan bahan tahu untuk isian dengan ukuran cumi yang dipakai, ya.

Let's the experiment begin!


Bahan isi: 

3 buah tahu kuning

1 butir telur

1 cabe merah keriting, iris tipis

1 sdm irisan daun bawang

garam, gula dan penyedap (kalau suka)

Aduk rata semua bahan isian, sisihkan.


Bahan santan:

Kelapa parut dari 1/2 butir kelapa

200cc air panas untuk memeras santan kental

500cc air panas untuk memeras santan encer


Bumbu halus gulai (haluskan dengan ulekan):

5 cabe merah keriting

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 ruas jari kunyit, goreng atau panggang dulu

1/2 sdt ketumbar sangrai


Bahan gulai:

500 gram cumi.

Buang bagian dalam cumi. Cuci bersih lalu remas-remas dengan 1 sdm garam untuk menghilangkan lendirnya. Cuci lagi sampai bersih dan aduk dengan 1/2 sdm air jeruk nipis atau lemon. Sisihkan.

3 iris lengkuas

2 iris jahe

1 batang serai digeprek

2 lembar daun jeruk

1 sdm air asam jawa

3 cabe hijau keriting potong panjang-panjang (optional)

2 sdm minyak untuk menumis bumbu

Garam, gula, penyedap (kalau suka)


Kelengkapan lain:

Tusuk gigi untuk menyemat cumi


Cara Membuat Santan:

  • Tuang air panas 200cc ke parutan kelapa sampai semuanya basah. Diamkan sebentar (kurang lebih 5 menit).
  • Peras santan sampai semua air habis. Sisihkan santan kental.
  • Tuang lagi air panas 500cc ke parutan kelapa tadi sampai semuanya basah. Diamkan lagi  5 menit. Peras santan encer. Sisihkan.

Cara Mengisi Cumi:

  • Hancurkan tahu dengan garpu. Aduk rata dengan bahan isian lainnya.
  • Isi cumi sampai setengah penuh dengan bahan isian. Jangan ditekan-tekan atau dipadatkan.
  • Masukkan kepala dan tentakelnya ke sisa rongga yang kosong lalu semat cumi dengan tusuk gigi.
  • Ulangi sampai cumi habis. Sisihkan.

Cara Membuat Gulai:
  • Panaskan minyak dengan api sedang. Tumis bumbu halus, jahe, lengkuas, serai, dan daun jeruk sampai bumbu matang dan harum (kurang lebih 5-6 menit).
  • Masak santan encer di panci terpisah sampai santan panas, lalu tuang ke tumisan bumbu gulai. 
  • Masak campuran bumbu gulai dan santan dengan api kecil sampai santan mulai mendidih.
  • Masukkan cumi, tutup panci, masak 20 menit.Sesekali balik cumi supaya warnanya cantik merata.
  • Setelah 20 menit, panaskan santan kental di panci terpisah dengan api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih.
  • Tambahkan santan kental ke gulai, tuangkan air asam jawa, bumbui dengan garam, gula, dan penyedap (kalau suka), dan terakhir masukkan cabe hijau keriting (optional aja).
  • Masak lagi sambil ditutup dengan api kecil selama 10 menit.
  • Gulai cumi isi tahu siap dimakan panas-panas dengan sayuran rebus dan sambal merah ala Padang.



  • Untuk gulai ini gue pake santan asli dari kelapa parut. Buat masakan tradisional cara tradisional begini memang paling pas dan paling enak. Tapi kalo gak sempet atau gak bisa beli kelapa parut, santan instan juga bisa kok. Resep ini perlu kira-kira 1,5 santan instan kecil (yang packaging segitiga). Panaskan setengah bagian santan instan dengan takaran air untuk santan encer. Untuk santan kental, panaskan sisa santan instan lalu tambahkan ke gulai. Kalau kuahnya kurang bisa ditambah air panas.
  • Kenapa santan dan air untuk gulai ini harus panas? Ini tips dari Mami. Setiap masak protein hewan, entah itu daging sapi, ayam, atau cumi seperti ini air dingin bisa bikin serat daging yang sudah dalam keadaan panas di tengah proses memasak jadi mengerut dan ujung-ujungnya jadi alot. Selain itu merebus santan dulu sebelum ditambahkan ke dalam masakan bisa bikin masakan lebih tahan lama, gak cepet basi.
  • Bumbu halusnya bisa diblender aja gak sih? Bisa. Tapi kalau mentah-mentah langsung diblender hasilnya suka ada rasa pahit. Untuk ngakalinnya, goreng dulu kunyit dengan 1-2 sdm minyak sampai daging kunyit mulai keriput, terus masukkan sisa bahan bumbu. Goreng sekitar 3-5 menit dengan api sedang hanya sampai bahan-bahannya agak layu. Baru tiriskan dan diblender dengan sedikit air. 
  • Bikin bahan isian tahunya terlalu banyak. Gimana nih? Bisa kok bahan isian itu kita jadiin makanan lain. Tambahkan sedikit tepung terigu dan tepung tapioka (perbandingannya sekitar 3:1, misalnya 3 sdt terigu dan 1 sdt tapioka) lalu aduk rata. Adonan tahu harus tidak berair dan bisa dibentuk. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai keemasan. Jadi deh tahu goreng keriting. Makannya dicocol saus tomat yang ditaburin Bon Cabe. Mantap!
  • Makan gulai ini paling nikmat sama sayuran rebus, misalnya daun singkong daun pepaya rebus, labu siam (alias waluh) rebus, atau yang lainnya, plus pake sambel merah ala Padang.
- Selamat Masak!-




No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)