Thursday, September 10, 2020

Ayam Betutu Kuah ala Dapur Dina

 Ayam lagi ayam lagi. Why not? Murah, bisa diolah jadi masakan yang simple, sehat, dan sedap (kalo kata Chef Yuda Bustara). Resep ayam kali ini namanya Ayam Betutu Kuah. Pas pertama kali liat daftar bumbunya sih, jujur deh, bikin gak pede. Tapi, selama ini, resep yang gue coba dari Dapur Dina gak pernah gagal. Jadi nekat aja nyobain sehari setelah video resep ini dipost di YouTube channel-nya Mbak Dina. Bahan-bahan yang gue pake sedikit beda sama yang Mbak Dina pake, karena gue memanfaatkan bahan yang ada di rumah atau gampang dibeli di warung sayur deket rumah. 

Mari kita mulai eksperimennya.

Bahan utama:

500 gram Fillet paha ayam, buang sebagian (atau semua) lemaknya

1sdt garam

1 butir jeruk nipis, peras airnya

Cuci bersih ayam, lumuri dengan garam dan air jeruk nipis, sisihkan

2 ikat selada air (watercress), dicuci bersih, rebus sampai empuk, tiriskan


Bahan bumbu:

1 siung bawang bombai ukuran kecil, cacah

5 siung bawang putih, cincang agak halus

8 cabe rawit, iris tipis

4 lembar daun jeruk

1 lembar daun salam

2 sdm minyak untuk menumis bumbu

1 sdt terasi (gue pake terasi ABC) remas-remas dengan sejumput garam

garam

kaldu bubuk

1 sdt gula

1 liter air


Bahan bumbu halus:

2 ruas jari jahe, kupas, iris

3 batang serai, buang bagian kulit luarnya, iris 

1 ruas jari lengkuas, iris

2 cabe merah besar, iris

3 cabe merah keriting, iris

3 ruas jari kunyit, kupas, iris, goreng 6-8 menit dengan 2 sdt minyak, tiriskan

4 butir kemiri goreng

1 sdt ketumbar bubuk

1/4 sdt parutan pala (atau pala bubuk)


Cara membuat:

  • Blender semua bahan bumbu halus dengan 50ml air atau 2sdm minyak. Gue blendernya cukup halus tapi masih ada sedikiiit yang agak kasar.
  • Tuang minyak ke dalam wajan berpinggiran tinggi atau panci ukuran sedang. Nyalakan api sedang. Masukkan daun jeruk.
  • Setelah minyak panas, tuang bawang bombai. Tumis 1 menit. Tambahkan bawang putih. Tumis 1 menit lagi.
  • Masukkan bumbu halus, daun salam, terasi, garam, kaldu bubuk, dan gula. Tumis kurang lebih 8 menit sampai aromanya keluar dan bumbu mulai terpisah dengan minyak.
  • Masukkan ayam. Kecilkan api, tutup panci. Ungkep ayam sekitar 10 menit sampai berair.
  • Tambahkan air. Besarkan api. 
  • Setelah mendidih, kecilkan lalu tutup. Masak selama 20 menit atau sampai ayam empuk.
  • Setelah 20 menit, masukkan cabe rawit, masak 2 menit lagi tanpa ditutup.
  • Matikan api. Tiriskan ayam dari kuahnya. 
  • Sajikan ayam dengan rebusan selada air dan kuah terpisah.



  • Karena di rumah ada fillet paha jadi itu yang gue pake. Tapi usahakan selalu pake ayam bagian paha, ya. Soalnya bagian dada bakal terlalu berserat dan keras jadi perlu waktu lebih lama untuk masak. Dada ayam juga gak juicy, jadi kurang sedap buat resep yang ini.
  • Mbak Dina pake daun singkong rebus buat sayurnya. Gue gak punya, jadi pake selada air yang lagi ada di rumah. Selain itu sayurnya enak diganti dengan plecing kangkung.
  • Resep otak-atik gue ini lumayan pedes, jadi hati-hati dengan takaran cabe rawit, ya.
  • Mbak Dina hanya pake 1/2sdt terasi, sedangkan takaran gue dua kali lipat. Mungkin karena terasi ABC yang gue pake rasanya gak kuat, gak kaya terasi lombok, jadi gue rasa perlu tambahin jadi 1 sdt.
  • Kok bumbu diblender halus dan gak kasar? Karena gue gak suka masakan yang bumbunya kasar. :D
  • Kenapa kunyit dan kemirinya kok digoreng dulu? Sebenernya ini kebiasaan Mami tapi sesuai dengan lidah gue. Gue gak suka masakan pake kunyit tapi bau langu kunyitnya masih kentara banget. Kalo gak mau digoreng silakan langsung diblender aja.
  • Coba liat kuah di foto gue. Keliatannya berminyak banget, kan? Itu karena gue lupa buang sebagian lemak ayamnya. Kalo gak suka kuah yang terlalu berminyak, jangan lupain step ini, ya. 
  • Untuk video resepnya silakan cek video Ayam Betutu Dapur Dina.
- Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)