Thursday, April 23, 2020

Sayur Embe

Sambel dan yang pedes-pedes adalah makanan wajib di rumah gue. Hampir tiap hari selalu ada yang dipedesin atau dicabein. Maka dari itu, beberapa hari yang lalu waktu gue liat Mbak Dina dari Dapur Dina masak Sayur Embe ini di Instagram Story-nya otomatis langsung ngiler. Begitu Mbak Dina share resepnya di YouTube, langsung gue cobain.
Mbak Dina bilang kalau embe adalah istilah bawang goreng di Bali. Jadi sambel ini intinya ya itu, sambel bawang goreng. Ih... ke mana aja baru nyobain sambel embe? Sebenernya ini kali kedua gue bikin sambel ini. Cuma kali pertama udah lama banget, jadinya lupa. Untung diingetin lagi sama Mbak Dina.
Takaran resep sambel embe ini menurut gue sih gak saklek harus segini ya, sesuai selera aja. Kalo gue pribadi takaran semua bahan sambelnya ditambahin dikit, karena gue suka rasa bawang dan terasi yang lebih kuat dan sambel yang lebih pedes.
Hayuk, langsung praktek aja.

Bahan Sambel:
8 bawang merah, iris tipis
8 bawang putih, iris tipis
4 cabe rawit (cengek domba), iris tipis
1/2 sdt terasi (gue pake Mamasuka)
1/2 sdt kaldu jamur (Totole)
1/4 sdt garam
2 sdm minyak goreng

Bahan Sayur:
Semangkuk kecil kol mini/kubis brussel/brussel sprout, cacah, rebus kurang lebih 5 menit, sampe agak empuk, peras airnya
Semangkuk kecil toge. Kalo mau dicelup air panas sebentar boleh, gue sih mentah aja.
4 batang kacang panjang, iris tipis

Cara Membuat:

  • Aduk terasi, kaldu bubuk, dan garam sambil diremas-remas sampai terasinya hancur. Sisihkan di dalam mangkuk yang agak besar.
  • Masukkan bawang merah ke dalam wajan, tambahkan minyak goreng, nyalakan kompor dengan api kecil. Tumis bawang merah sampai layu dan transparan.
  • Tambahkan bawang putih. Tumis sampai semua sedikit cokelat. Matikan api.
  • Tambahkan cabe rawit. Aduk-aduk sebentar.
  • Tuang tumisan bawang dan cabe plus minyaknya ke mangkuk berisi campuran terasi. Aduk rata sambil sedikit ditekan-tekan.
  • Tambahkan semua sayur, aduk rata (pake tangan lebih oke) sambil ditekan-tekan atau diremas-remas. (Jangan lupa tangannya pake sarung tangan plastik. Ini ngaduk sambel loh!)
  • Sajikan dengan nasi panas.







  • Sayuran yang dipakai bisa macam-macam. Mbak Dina pilih buncis, sawi, dan toge. Kayaknya sih sayuran apa aja bisa, tinggal nentuin apa harus direbus atau bisa langsung dimakan mentah. Saran gue sih jangan lupa tambah sayuran yang crunchy, misalnya toge atau timun, supaya sayurnya lebih sedap dan seger. 
  • Bikin sayur ini gak ribet kok. Tapi kalo memang mau menghemat waktu, misalnya untuk buka puasa, siapin aja sayur-sayurannya duluan. Deket waktu buka baru buat sambelnya dan langsung aduk dengan sayuran.
  • Untuk lebih seger, kucurin sedikit jeruk sambel.
  • Tambah protein? Why Not?! Suwir-suwir ayam rebus/goreng, empal/gepuk, atau ikan pindang tongkol yang digoreng agak kering juga enak. Ikan asap goreng apalagi (my favorite!). :)
  • Sambel embe ini jelas enak disajikan gitu aja dan dipadukan dengan lauk lainnya, misalnya ayam dan ikan goreng, daging empal atau gepuk, telur mata sapi atau dadar.
  • Untuk resep original dan panduan video resepnya silakan mampir ke video Sayur Embe di channel YouTube Dapur Dina. 
-Selamat Masak!-


No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)