Friday, May 3, 2019

Stir-Fried Fish Cake alias Eomuk Bokkeum (어묵 볶음)

Kadang-kadang kalo lagi mau masak yang cepat dan gampang kita lari ke frozen food. Nugget, digoreng. Sosis, digoreng. Kentang, digoreng. Tapi frozen food sebenernya gak selalu harus digoreng (kecuali kepepet banget). Selain sosis, ada frozen food lain yang bisa dijadiin masakan kilat tanpa melulu digoreng pake minyak banyak, salah satunya Eomuk Bokkeum ini.

Eomuk adalah fish cake ala Korea. Bentuknya lembaran tipis, bagian luar digoreng, tapi bagian dalam tetap empuk, rasanya gurih sedikit manis. Biasanya eomuk dimasak jadi sup, ditumis, atau campuran untuk teokpokki. Salah satu street food legendaris juga loh! 

Eomuk yang original mungkin agak susah dicari. Tapi ternyata fish cake juga udah ada yang lokal. Bentuk fish cake lokal ini kotak-kotak kecil, rasanya mirip sama eomuk original, menurut gue. Kalo gak nemu fish cake, bisa kok ganti dengan baso ikan, baso cumi, otak-otak, atau olahan ikan lainnya. 

Bahan:

15 buah fish cake, iris tipis. (satu kotak diiris jadi tiga bagian)
1 wortel kecil, serut atau potong-potong seukuran korek api
1/2 bawang bombay ukuran kecil, iris.
2 siung bawang putih, parut halus
1 bawang daun, iris serong
Minyak sedikit (kurang lebih 2 sdt)
Wijen sangrai untuk taburan (optional)

Bahan Saus:

1 sdm soy sauce
2 sdm air
1 sdt madu
1/2 sdt minyak wijen


Cara Membuat:

  • Aduk rata semua bahan saus. Sisihkan. 
  • Panaskan minyak dengan api kecil. Tumis fish cake sekitar 1 menit. Karena fish cake ini cepat banget cokelat, jadi jangan lupa terus diawasi dan diaduk.
  • Tambahkan wortel. Tumis sekitar 2 menit lagi. 
  • Masukkan bawang bombay, bawang putih, dan bawang daun. Tumis sampai fish cake kecokelatan.
  • Tambahkan saus. Aduk rata. Cicipi rasanya. Tambah air kalau terlalu asin, dan masak lagi sebentar.
  • Kalau wortel sudah matang, angkat. Taburi wijen sangrai, sajikan panas-panas. 



  • Fish cake yang gue pake mereknya Minaku. Begini penampakannya:
  • Eomuk bokkeum ini versi ramah anak :) Tapi enak juga loh kalau ditambah sedikit cabe bubuk (1/2 - 1 sdt) ke dalam campuran saus. 
  • Kalau mau isinya lebih rame, bisa tambah jamur, sosis, tahu atau tofu, paprika, dan lain-lain, apapun yang cocok untuk ditumis sebentar. 
  • Jangan lupa cicipi dulu fish cake sama soy sauce yang mau dipakai untuk tahu seberapa asin dan manis. Sesuaikan takaran saus dengan rasa fish cake. 
  • Pssst, bisa banget jadi pilihan kilat buat bulan puasa. Sekali-kali boleh dong. ;)

Untuk Food Experimentalist friends yang melaksanakan ibadah puasa, selamat puasa! Semoga puasanya dilancarkan, dimudahkan, dan mendapat limpahan berkah dan rahmat Allah. Semangat terus masaknya, ya! Selamat masak!

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)