Wednesday, February 27, 2019

Cranberry Bread: Cake Padat Teman Ngopi

Gue dan Mami seneng ngopi. Kadang sore-sore suka bareng minum kopi + creamer sambil makan camilan buatan sendiri.

Baru-baru ini gue beli cranberry kering (dried cranberry) pas lagi diskon di Lazada. Kepikiran beli karena pernah nonton video di channel YouTube "Everyday Food" tentang resep Cranberry Bread.

Cranberry Bread ini bukan roti, tapi dikasih nama "bread" karena dipanggang dengan loyang "loaf" seperti roti, naik waktu dipanggang seperti roti (karena pakai baking powder dan baking soda, tapi bukan yeast), dan cocok untuk sarapan juga. selain itu makanan ini juga disebut "quick bread" karena proses dan lama pembuatannya jauh lebih mudah dan lebih cepat dari roti. Meskipun begitu, quick bread ini lebih menyerupai cake padat walau rasanya gak semanis cake biasa.

Kenapa gue pilih cranberry? Karena gak pernah coba (hehehe...), dan karena tertarik dengan deskripi cranberry yang asem-asem manis. Di dalam resep mereka pakai fresh atau frozen cranberry. Biarpun yang ada dried cranberry tapi... why not? Kita bereksperimen aja.

Bahan Kering:

2 cup     Tepung terigu
1,5 sdt   Baking powder
1 sdt      Baking soda
1 sdt      Garam
3/4 cup  Gula palem

Bahan Basah:

3/4 cup   Susu cair full cream (suhu ruang)
1 butir    Telur (suhu ruang)
4 sdm     Mentega atau margarin, dilelehkan
1 sdt       Perasa vanila

Bahan Isi:

100 gram  Cranberry kering (atau lebih)

Bahan Taburan:

1 sdm     Gula pasir

Perlengkapan:

Loyang loaf (persegi panjang) ukuran 22cm x 12cm
Olesi mentega dan taburi tepung terigu tipis-tipis

Cara Membuat:

  • Panaskan oven dengan suhu 180 derajat.
  • Campur semua bahan kering di dalam mangkuk besar, aduk rata. Tambahkan cranberry kering, pisahkan buah yang saling menempel dan pastikan semua terlapisi tepung. 
  • Kocok semua bahan basah sampai rata, tuangkan ke dalam campuran bahan kering dan cranberry. Aduk dengan sendok karet atau spatula sampai rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan atasnya. Taburi permukaan dengan gula pasir secara merata.
  • Panggang kurang lebih 50 - 60 menit (tergantung panas oven). Periksa setelah 30 atau 40 menit dengan menggunakan tusuk gigi atau cake tester. Kalau tidak ada adonan yang menempel, cranberry bread sudah matang.
  • Dinginkan sebentar di dalam loyang atau di atas rak kue. 
  • Potong-potong tebal, sajikan hangat dengan olesan mentega untuk sarapan, atau sajikan dingin untuk teman minum kopi. 






  • Seperti biasa, setiap eksperimen resep dari luar, gue selalu ngurangin takaran gula. Gak tau kenapa, takaran gulanya selalu kemanisan. Dan berhubung di sini gue juga pakai cranberry kering yang agak manis dan gak seasam yang fresh atau frozen (katanya), jadi kayaknya lebih aman untuk ngurangin gula. Takaran asli gula untuk Cranberry Bread ini 1 cup. 
  • Taburan gula pasir di atasnya bikin tekstur renyah setelah matang. Kalau kurang suka atau bikin Cranberry Bread ini jadi kemanisan, gak perlu dipakai. 
  • Oven gue kadang lebih panas dari temperatur settingannya, so Cranberry Bread gue matang sebelum waktunya dan cenderung kering. Makanya pastiin cek sekitar 20 menit sebelum waktu yang tertulis di resep. 
  • Gak punya cranberry kering? Gak masalah, bisa diganti kismis, prune kering, aprikot kering, manisan kulit jeruk (sukade), manisan ceri, atau choco chips. Tapi ingat untuk cicipi bahan isiannya. Takaran gula mungkin bakal terpengaruh, harus dikurangi atau tidak. 
  • Resep original bisa diklik di marthastewart.com dan video tutorial bisa diklik di channel Everyday Food.

- Selamat Masak! -









No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)