Friday, November 9, 2018

Quiche-Bread: Roti Panggang isi Quiche

Sibuk!!! Sibuk itu artinya gak sempet eksperimen, gak sempet masak yang makan waktu. Jadi, of course, harus bikin yang gampang dan cepet aja. Sekarang paling banter gue cuma punya waktu masak pagi-pagi banget buat sarapan, jadi menunya pun gak aneh-aneh.
Menu sarapan favorit gue adalah (1) Nasi goreng, (2) Roti, (3) PaJeon alias Pancake Bawang Daun. Hari ini mendadak pengen makan roti homemade tapi gak mau ngulen lama, ngembangin lama, dan segala serba lama, makanya bikin ini aja deh.
Quiche itu apa sih? Quiche (baca: kish) adalah makanan populer dari Prancis berupa tart asin. Tart di sini artinya kulitnya semacam kulit pastri atau pai. Dan asin karena isinya utamanya adalah telur dengan daging atau sayuran.
Quiche bisa sering ditemuin di breakfast buffet hotel-hotel atau di bakery, dan yang pernah gue rasain sih isinya selalu simple, keju dan daging asap. Makanya yang gue bikin juga isinya gak aneh-aneh. Tapi tenang... bisa dimodifikasi sesuka hati.

Bahan Roti:

1 cup tepung terigu
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt yeast instan
1 sdm margarin
Air secukupnya (sekitar 50-75ml)

Bahan Isi:

1 Sosis Bratwurst besar (atau 2 kalau ukurannya kecil), potong kotak-kotak
1/2 bawang bombai (kalau ukuran bawangnya kecil pake 1 siung), cincang
Sedikit minyak atau margarin untuk menumis (1-2 sdt)
2 butir telur
50 ml susu cair
garam dan merica secukupnya

Topping:

Keju parut sesuka hati

Peralatan:
Loyang diameter 18cm, dioles mentega dan lapisi kertas roti atau alumunium foil (kalo loyangnya anti lengket gak perlu dilapisik kertas roti atau alumunium foil, langsung oles aja).

Cara Membuat:

  • Aduk tepung, gula pasir, garam, dan yeast. Campur margarin sampai adonan berbutir-butir, masukkan air sedikit-sedikit sampai adonan gak nempel di mangkuk, tutup dengan lap bersih, sisihkan.
  • Panaskan oven suhu 180 derajat celcius.
  • Tumis bawang bombai dan sosis sampai sosis matang dan bawang bombai transparan, sisihkan.
  • Kocok telur, susu, garam dan merica sampai rata.
  • Ambil adonan roti, ratakan di dasar dan pinggiran loyang. Ratakan adonan isi di atasnya lalu siram kocokan telur. Terakhir taburi keju parut.
  • Panggang di rak tengah oven selama 20 menit atau sampai telur matang (tusuk bagian tengah, kalau tusukannya kering dan gak ada telur yang masih basah, artinya you're ready.).
  • Makan panas-panas dengan saus tomat atau saus sambal.





  • Untuk isi bisa ditambah sayuran misalnya wortel, brokoli, kacang polong, jamur, paprika, dll.
  • Karena adonan roti gak dikembangin lama-lama, hasil jadinya termasuk roti yang agak kering (ala-ala roti Prancis??? hahaha), agak crispy gitu luarnya and that is just the way I like it.
  • Variasi daging bisa daging asap, kornet, daging cincang atau daging ayam tumis, atau malah seafood.
- Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)