Friday, January 2, 2015

Talking About Soy Sauce: Bukan Sekadar Asin [Always Updated for New Infos]

Setelah dulu sempet ngomongin soal kecap ikan alias fish sauce, sekarang gimana kalo kita ngomongin soal soy sauce or, as we call it, kecap asin? Dua bahan ini sering gue pake kalo lagi eksperimen masakan Korea, Jepang, Cina atau Thailand.
Menurut gue, penggunaan kecap asin di resep-resep yang udah pernah gue coba bukan sekedar untuk nambah rasa asin. Ada juga kecap asin untuk nambah rasa gurih dan aroma tertentu di dalam masakan. So far, ada beberapa merek kecap asin yang udah pernah gue cobain dan semua punya karakter rasa yang beda-beda.


1. Kecap Asin Kikkoman

Kecap asin Kikkoman beken banget dipake di masakan Jepang (Mom said so, and I do believe her.) Kecap Kikkoman punya aroma yang khas yang memang ngingetin gue sama masakan Jepang. Rasa kecap Kikkoman juga khas, gurih-gurih gimana gitu, dan cocok melengkapi rasa masakan Jepang, misalnya pas bikin kuah ramen, sukiyaki, atau masakan ayam/daging pake parutan kentang yang pernah gue post (Check out Ayam Saus Kentang Parut.) Gue juga suka nge-marinade atau ngerendem daging pake Kikkoman terus ditumis pake paprika, brokoli atau yang lainnya karena aroma amis daging bisa sedikit hilang. Kikkoman juga cocok untuk nambah warna di makanan, karena pake sedikit aja warnanya udah nyebar di makanan.
Kecap ini menurut gue mahal, karena 30-40 ribuan cuma dapet botol kecil. Tapi buat yang doyan eksperimen kaya gue, it's worth to buy. Supermarket di sekitar tempat tinggal gue yang jual kecap ini biasanya Superindo, Hypermart sama LotteMart.


2. Kecap Asin Jamur (Mushroom Soy Sauce)

Kecap asin yang ini baru banget gue cobain, tapi gue udah jatuh cinta. Walau judulnya kecap asin jamur, tapi gak ada rasa jamur di kecap ini, meskipun menurut ingredient listnya ada bahan jamur di dalamnya. Rasa kecap dan aroma kecap asin ini gak sekuat Kikkoman, tapi gue suka. Kecap ini menurut gue bisa dipake di lebih banyak makanan karena nambah sedikit rasa asin sama gurih tapi gak merubah rasa makanan. Taun baruan kemaren, gue nambahin kecap asin jamur ke kuah shabu-shabu bikinan gue (gak pake resep, asal cemplung, jadi bukan shabu-shabu original) dan bikin kuahnya tambah sedap. Tadi pagi gue juga nambahin kecap ini di nasi goreng, yum! Selain rasa, sama seperti kecap asin Kikkoman, kecap ini juga bisa untuk nambah warna. 
Satu lagi yang paling oke adalah...it's cheap! Iya, jauuuuh lebih murah dari Kikkoman. Gue beli yang botol kecil di Superindo cuma 8ribuan aja! Hemat, kan?


3. Kecap Asin Encer

Gue gak tau gimana harus nyebut kecap ini, karena memang lebih encer dan warnanya lebih terang dari dua kecap asin di atas. Kecap ini banyak diproduksi banyak produk lokal seperti ABC atau yang suka gue pake adalah Cap Anggur (Kalo gak salah produksi lokal Bandung.) Kecap ini gak punya aroma tertentu dan fungsinya bener-bener cuma untuk nambah asin makanan. Biasanya gue pake kecap ini untuk kuah sop atau untuk dicampur ke mi rebus buat yamin asin atau mie ayam dan nambah asin di bubur ayam. Kecap ini juga sering sedia di meja makan kalo di rumah lagi masak makanan berkuah, karena kesukaan asin di rumah beda-beda, jadi ngeracik sendiri aja kalo kurang.


4. Kecap Premium Lee Kum Kee

Satu lagi kecap yang baru gue cobain. Namanya Kecap Premium atau Premium Soy Sauce dari brand Lee Kum Kee. I don't know about you, tapi sepanjang ingatan gue, sebelum ada saus tiram Saori, Mami selalu pake saus tiram Lee Kum Kee. Nah, ternyata brand ini ngeluarin kecap asin juga. Kecap premium ini terhitung murah, sekitar 30 ribuan untuk satu botol 500ml. Murah kan? Untuk aroma, menurut gue ini yang paling deket sama Kikkoman. Tapi dari segi rasa memang gak sepekat Kikkoman. Tapi, kecap ini sedap dap banget buat dicampur ke dalam nasi goreng, mie goreng, bihun goreng, aneka sup, atau campuran saus cocolan. Murah dan enak. Apa lagi sih yang dicari?



5. LEE KUM KEE PREMIUM DARK SOY SAUCE
Satu lagi update gue buat dunia kecap asin kita. Akhirnya, setelah sekian lama, gue nyobain dark soy sauce. Gue beli Lee Kum Kee Premium Dark Soy Sauce ini di Hypermart. Harganya lupa, tapi kalo gak salah gak sampai 40 ribu. Memang kecap ini kayaknya kurang populer buat kita-kita yang masih coba-coba masak. Makanya gue eksperimen dulu sampe hampir habis sebotol, baru tulis update ini.

Seperti apa yang gue dapat dari blog-blog masak, kecap ini memang secara kekentalan sedikit lebih pekat dibandingkan kecap asin premium, tapi bukan berarti kental. Jadi kalo kita sentuh pake punggung sendok kecap ini ninggalin lapisan tipis kecap di sana. Mengenai rasa, yes, gak seasin kecap asin biasa juga. Selain itu katanya dark soy sauce ini juga ada tambahan molasses atau gula atau bumbu yang lain, tapi kalo menurut gue sih gak begitu berasa.
Lalu, gue pake dark soy sauce ini untuk apa?

Yang utama, nambah warna ke masakan. Kalo misalnya gue bikin ayam tumis, biasanya daging ayam putih dan gak menarik. Supaya daging ayam sedikit brown-tinted, biasanya gue tambahin dark soy sauce ini ke dalam saus rendaman atau malah langsung pas dimasak. Atau kalau gue bikin ayam kukus, gue liat tips dari chef Martin Yan buat olesin bagian luar ayam dengan kecap asin supaya pas matang kulit ayam agak sedikit keemasan biarpun cuma dikukus. Nice trick! Selain daging, kecap ini juga bisa nambah warna untuk nasi dan mie goreng tanpa perlu nambah banyak kecap manis (I'm not a fan of kecap manis kecuali di masakan ayam kecap dan semur.).

Selain untuk masak, gue lebih suka pake dark soy sauce ini untuk saus cocolan. Kenapa? Karena rasanya memang gak seasin soy sauce biasa (menurut gue), jadi asinnya gak bikin nyelekit kalo buat saus cocolan, berhubung kalo makan apapun yang dimakan dicocolin ke saus gue gak cuma cocol atau nyolek tapi sampe kerendem semua.



Nah, jadi begitulah masalah perkecap asinan. Kecap asin mungkin bukan bumbu masak signifikan, tapi, trust me, if you add it the right way, it will enrich the dish you are cooking. Tinggal pilih.


[UPDATE]
Salah satu temen kita ada yang nanya soal perbedaan Dark Soy Sauce sama Light Soy Sauce. Karena temen-temen gue juga banyak yang nanyain, lebih baik kita tambah update soal soy sauce di sini.

Dark Soy Sauce or Light Soy Sauce?
Berdasarkan pengetahuan gue setelah nonton berbagai acara masak, eksperimen berbagai resep dan nyari-nyari di blog-blog masak, begini yang gue tau soal dua kecap asin itu.

1. DARK Soy Sauce
Dark soy sauce adalah soy sauce yang warnanya lebih gelap, teksturnya sedikit lebih pekat, rasanya gak terlalu asin dan ditambah perasa, biasanya berupa gula, molasses atau perisa jamur. Dark soy sauce ini umumnya dipake untuk menambah rasa dan warna ke dalam makanan, misalnya di stew (semacam semur-semuran) atau braise (slow cooking). Kecap asin jenis ini biasanya ditambahkan dengan takaran yang sedikit.

2. LIGHT Soy Sauce
Light soy sauce warnanya lebih terang dark soy sauce, tapi rasanya lebih asin. Kecap asin jenis ini biasanya memang dipake hanya untuk menambahkan rasa asin pada masakan, misalnya di dalam sup, bubur atau untuk campuran saus cocolan (dipping sauce).

Merek Apa, Masuk Ke Kategori Mana?
Sepengetahuan gue, ada beberapa merek yang termasuk ke dalam dark soy sauce tapi tidak tercantum di label, misalnya Kikkoman dan Pearl River Bridge Mushroom Soy Sauce.
Sedangkan untuk merek yang jelas punya kedua varian kecap asin ini, dark and light, setau gue ada dua yang banyak dijual di supermarket-supermarket besar, yaitu Pearl River Bridge dan Lee Kum Kee.
Sedangkan untuk Lee Kum Kee Premium Soy Sauce yang sering gue pake kayaknya sih ada di tengah-tengah. Dia gak cukup pekat untuk masuk ke dark soy sauce, tapi juga gak seasin dan seencer light soy sauce.




Saran gue sih, kalo baru banget nyobain masak-masak pake soy sauce, coba deh cicipin dulu soy sauce yang kamu beli. Soalnya, biarpun aturannya dark soy sauce untuk masakan yang kuahnya lebih pekat dan light soy sauce untuk yang kuah bening atau cenderung encer, tapi gue suka kok pake campuran dark sama light soy sauce (misalnya Kikkoman sama Kecap ABC) untuk nasi goreng atau mie goreng. Sesuaikan aja sama selera sendiri. Kecuali kalo kamu memang lagi ngikutin resep dan di resep bener-bener ditulis harus pake dark atau light soy sauce. The sky is the limit, gak usah takut eksperimen. ;)


[UPDATE]
SOY SAUCE ITU HALAL GAK SIH? 
Ini banyaaak banget yang nanya. Sepertinya perdebatan abadi. Ada yang bilang haram karena melalui proses fermentasi, ada yang bilang halal karena yang haram itu 'minuman beralkohol yang memabukkan.' Di kolom komentar juga udah banyak banget yang tanya, yang membenarkan, yang menyalahkan, yang menjelaskan dan sebagainya.
Seperti biasa, gue tekankan di sini bahwa gue bukan ahlinya. Ini pure hanya pendapat gue dan hasil riset serta tanya sana-sini. Apa yang mau kalian yakini, itu terserah sama keyakinan masing-masing. So, please don't take offense on anything I wrote here.

Dari hasil riset dan tanya-tanya dan sebagainya, gue menyimpulkan bahwa kecap asin boleh dikonsumsi. Karena, meskipun lewat proses brewing atau fermentasi, hasil akhir kecap asin punya kandungan alkohol yang kecil banget dan memang tujuannya tidak untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. This is just me and my opinion. Kalo pendapat kalian beda, monggo. Tapi mudah-mudahan kita gak lantas jadi saling menyalahkan pendapat masing-masing, ya.

Tapi, karena soy sauce yang kita bicarakan ini hampir semuanya produk impor, ada baiknya untuk berhati-hati. Kalau memang kalian ragu, coba cari kecap asin yang memang ada logo halal. Menurut info yang gue terima, salah satu kecap asin berlabel halal adalah Pearl River Bridge, meskipun gue belom pernah liat sendiri apa info ini benar. Tapi, berhubung sekarang kecap merek ini banyak dijual di supermarket, info ini boleh dijadikan pegangan, siapa tau memang nanti pas nemu kecap asin ini lalu iseng diteliti, eh pas ada logo halalnya.

Untuk info lebih lanjut boleh scroll ke bagian komentar di bawah.


[UPDATE]
NEWS ABOUT KIKKOMAN
Halo... halo... Ada informasi dari temen kita yang baik, Hanny Japarto tentang kecap asin Kikkoman.
Helo,
Mau berbagi informasi, untuk kecap asin jepang merk kikkoman sekarang diproduksi dalam negeri dan sudah resmi halal sertifikasi MUI. Akhirnya nemu shoyu yg halal. Malah jadi macam2. Ada yg all purpose, ramen base, dark sauce sama satu lagi yg khusus masakan oriental. 
Semoga membantu ya buat yg selama ini bingung soal shoyu halal 
Dan gue juga googling sedikit dan nemu berita ini dari dua tahun yang lalu:

http://industri.kontan.co.id/news/perluas-pasar-saus-kecap-kikkoman-gandeng-akufood

Di situ dijelaskan kalo Kikkoman diproduksi di pabrik di Indonesia dan sudah memproses label halal dari MUI. Really hope this is true. Nanti gue sempetin liat-liat lagi deh ya, untuk memastikan memang ada Kikkoman yang berlogo halal. I'll keep you posted.

LATEST UPDATE ON HALAL KIKKOMAN
Masih soal Halal gaknya kecap Kikkoman, I have a VERY GOOD NEWS! Gue follow page Halal Korea di Facebook. A very useful page tentang info produk-produk makanan Korea (dan kadang Jepang) mana yang halal dan gak. Untuk info tentang kecap Kikkoman halal, akhirnya udah ada konfirmasinya.

http://www.halalmedia.jp/archives/27900/japanese-soy-sauce-manufacturer-kikkoman-launches-halal-soy-sauce/ 

Yes, there is a halal Kikkoman soy sauce! Buat yang udah dah lama berhenti pake Kikkoman (me included), sekarang bisa pake lagi nih! :D

Untuk penampakannya, Kikkoman halal berlabel hijau, ada tulisan bahasa Indonesia dan di belakangnya ada logo halal MUI.

Untuk yang masih susah dapetin soy sauce Kikkoman halal ini, gue nemu di salah satu online shop! Check out @mozakitchen di Instagram. (This is not sponsored, cuma sharing news saking senengnya akhirnya soy sauce ini beredar juga!). (Pssst... di situ juga jual Kikkoman gochujang halal. Teksturnya gak pasta kaya gochujang biasa, tapi agak mirip saus sambal, but it's as good.)




[UPDATE]
Kecap asin untuk dicampur ke dalam masakan udah biasa. Untuk saus cocolan?
Mumpung lagi ngomongin kecap asin, nih gue kasih resep saus cocolan kesukaan keluarga gue. Basically, ini saus ala Korea yang sering dipake untuk cocol ini-itu. Bikinnya gampang segampang-gampangnya.

Bahan:
- 4 sdm soy sauce (merek paling oke untuk ini, buat gue, Lee Kum Kee Premium Soy Sauce)
- 2 sdm cuka putih (merek yang gue pake Heinz White Vinegar, kalo gak punya ganti dengan 1-2 sdm air jeruk nipis/lemon (atau sesuai selera). Jangan pake cuka biasa yaaa....)
- 2 sdm air matang
- 1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
- 1/2 - 1 sdm cabe bubuk
- 1 siung bawang putih, cincang
- 1/2 batang daun bawang, iris
- irisan cabe rawit

Tinggal aduk semua, et voila! Biasanya gue pake saus ini untuk cocolan barbekyu daging sapi, gorengan (bala-bala/bakwan, gehu/tahu isi dan teman-temannya) atau untuk Jeon alias pancake ala Korea. Rasanya asin-asem-manis-pedes gitu, mirip cuko kuah pempek tapi gak semanis itu. Cobain deh!

- Selamat Masak! -

90 comments:

  1. klo kecap manis masuk kategori mn ya? soy sauce jg gk sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue gak tahu pasti, tapi kayaknya sih kecap manis kategorinya khusus sendiri, soalnya yang gue perhatiin di setiap resep yang pake soy sauce itu hampir pasti kecap asin.

      Di cooking program di tv juga soy sauce hampir pasti kecap asin. Cuma beberapa kali gue pernah liat Chef Wan pake kecap manis dan bilang itu sweet soy sauce, sedangkan beberapa cooking guru di YouTube malah nyebutnya kecap manis, mungkin karena produk kecap manis yang banyak dijual di luar negeri brand-nya Indonesia punya.

      Hope it helps. :)

      Delete
    2. Termasuk soy sauce juga, kan bahannya sama-sama kedelai, tapi sebutannya "sweet soy sauce".

      Btw, thanks Aiko sudah share, aku penasaran sama beberapa brand yang belum pernah aku coba. Aku juga tidak suka kecap manis, karena aku tidak atau sangat sedikit menkonsumsi gula.

      Cuma toko kelontong dekat rumah jarang ada kecap asin, katanya ngga laku dibanding yang manis, kadang terpaksa beli kecap manis kalau lagi malas ke supermarket.

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih udah mampir. :)

      Delete
    2. Minta sarannya dong mbak aiko, untuk mie ayam yg pake kuah dimangkok nya cocoknya pake kecap asin merk apa ya? Thanks info nya

      Delete
    3. Minta sarannya dong mbak aiko, untuk mie ayam yg pake kuah dimangkok nya cocoknya pake kecap asin merk apa ya? Thanks info nya

      Delete
  3. Selamat siang mba, saya mau tny kalau buat Bubur Ayam memakai kecap asin yang mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang,
      Kalau untuk bubur ayam sih biasanya kecap asin lokal yang encer, merek ABC atau cap Anggur seperti foto di atas. Atau kalo mau yang import pilih yang tulisannya 'soup soy sauce' yang nggak sepekat kecap asin import lain seperti yang dibahas di atas.
      Mudah-mudahan membantu. :)

      Delete
  4. yang mana yang halal mba diantara kecap2 asin di atas?

    ReplyDelete
  5. Sebenernya kecap asin itu halal atau haram masih banyak pendapat yang beda-beda. Ada yang bilang halal karena itu bukan minuman yang memabukkan, ada yang bilang haram karena memang mengandung alkohol, biarpun kadarnya sedikit. Dan, selain itu, agak susah juga cari kecap yang ada cap halal. Mungkin karena kecap, asin atau manis, udah jadi bahan umum untuk masak.
    Tapi, gue share apa yang gue tahu aja ya. Mudah-mudahan bisa membantu.

    1. Gue pernah baca di blog tentang pemilihan kecap asin yang aman untuk muslim. Katanya, pilih yang ada tulisan "Naturally Brewed" karena itu artinya fermentasi terjadi secara alami karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, misalnya gula yang pecah jadi alkohol. Jadi tidak ditambahkan yeast atau bahan lain secara sengaja untuk memunculkan alkohol. Kecap yang naturally brewed misalnya Lee Kum Kee Premium Soy Sauce sama Kikkoman All Purpose Soy Sauce.

    2. Tapi kalau memang ragu sama halal atau tidaknya dua produk itu, ada satu produk yang udah pasti ada cap halal dari China Islamic Association, yaitu Pearl River Bridge Mushroom Flavored Superior Dark Soy Sauce. Untuk varian Pearl River Bridge yang lain gue belom coba, tapi karena satu pabrik sepertinya sih sama-sama punya cap halal.

    Hope that helps. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hy mba...asli ini tulisan bner2 manfaat..
      kira2 klo soal halal atau haram sebuah 'sauce' itu apakah hnya dilihat dr kandungan alkohol ( dr proses fermentasi ) atau ada kemungkinan mngandung minyak babi jg ga ya mba?

      Delete
    2. Halo. Makasih kalau memang tulisannya membantu. Kalau untuk soy sauce, yg gue tahu sih bahannya semua nabati dan yang jadi masalah hanya cara fermentasinya aja. Biasanya kita harus hati-hati kalau pake saus bumbu atau marinade impor untuk makanan, misalnya bulgogi, asam manis, dsb. Karena kadang udah liat kandungan bahan-bahannya tapi karena ga ada cap halal bikin ragu-ragu untuk beli. Jadi lebih baik bikin sendiri. :)

      Delete
  6. di carrefour banyak yang sudah sertifikasi halal dari singapore dan ada labelnya, check it out :)

    ReplyDelete
  7. kalau di luar negeri soy sauce nya pake yg jenis apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang sering liat di blog atau Youtube video luar sih kebanyakan pake dark soy sauce, misalnya Kikkoman sama Lee Kum Kee, terutama untuk masakan Jepang sama Korea. Untuk masakan Thailand kabarnya sedikit beda, Thai soy sauce agak sedikit lebih encer dari dua merk di atas. Thai soy sauce yang pernah dibahas di blog/Youtube channel Hot Thai Kitchen merknya Golden Mountain.
      Hope that helps!

      Delete
  8. Mau nanya mbak kalo wafu dressing saladnya sushi tei pake soy sauce yg mana ya, kali sdh pernah nyobain?thx mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Untuk soy sauce yang dipake di Sushi Tei sih gak tahu, tapi kalo untuk nyobain bikin masakan Jepang apa pun di rumah pilihan paling aman dan paling gampang dicari di sini pake Kikkoman.
      Ada website resep-resep masakan Jepang, Just One Cookbook, yang nulis kalo untuk setiap masakannya dia pake dua jenis soy sauce, satu dark soy sauce, dia pake yang impor langsung dari Jepang (mereknya ga disebutin) dan yang kedua light color soy sauce Kikkoman. Boleh ngintip website itu, resep untuk wafu salad dressing juga ada di sana.
      Hope this helps. :)

      Delete
  9. Hai aiko minta resep nasi goreng yang mantap dong...heee

    ReplyDelete
  10. Hai aiko minta resep nasi goreng yang mantap dong...heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Untuk nasi goreng udah pernah dipost di sini:
      http://food-experimentalist.blogspot.co.id/2012/09/serba-serbi-nasi-goreng.html
      Selamat masak!

      Delete
  11. Mbak, saya baca disalah satu artikel, katanya produk kikkoman haram ?! dan bagaimana dengan Mushroom Soy Sauce & Soy sauce keluaran Lee Kum Kee? Tyia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Annisya,
      Sebelumnya harap dicatat, gue bukan ahli ya. Gue hanya share apa yang gue tau, gue baca dan gue percaya. :)

      Tentang kecap asin import memang masih banyak perdebatan, ada yang bilang haram karena mengandung alkohol tapi ada juga yang bilang tidak haram karena tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak dan kadar alkohol sedikit sekali sehingga sekalipun dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan menyebabkan mabuk.
      Gue pernah baca artikel dari satu komunitas di Facebook yang menjelaskan panjang lebar soal kecap Kikkoman.
      Ini linknya:
      https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=281472785236861&id=258455817538558

      Tapi, menurut info dari beberapa blog dan temen kita Arie yang komen di atas, sekarang udah banyak kecap asin yang dijual di Carrefour yg sudah disertai label halal dari Singapura atau Malaysia. Salah satunya Pearl River Bridge Soy Sauce, meskipun gue gak tau apa memang semua kecap ini berlabel halal atau ada juga yang tidak.

      Saran gue sih, kalo memang Annisya ragu, sebaiknya jangan beli kecap asin import. Tapi, kalau memang pengen, Annisya bisa lebih teliti baca labelnya dan hanya beli yang sudah bersertifikasi halal.

      I hope this helps. :)

      Delete
  12. Mau tanya sis, ad resep yg menggunakan soy sauce dark dan ada juga light soy sauce, saya masih bingung apa bedamya, untuk yg light banyak sih keterangannta, katamya lebih pekat dan lebih asin, tp untuk yg dark jarang. Apa punya info merek2 soy sauce dan typenya (misalnya,kikkoman all purpose masuk dark or light) apa aja yg masuk kategori dark dan light?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Mengenai dark sama light soy sauce, begini yang gue tau.

      - Dark soy sauce rasanya tidak terlalu asin tapi pekat, karena biasanya di dalamnya sudah ditambahkan gula atau malah molasses. Fungsi dark soy sauce dalam masakan untuk menambah rasa dan warna misalnya di masakan stew atau serupa semur yang kuahnya lebih kaya rasa dan lebih pekat. Nasi atau mie goreng juga bisa. Tapi umumnya dark soy sauce hanya dipakai dalam takaran sedikit.

      - Light soy sauce rasanya memang lebih asin dan lebih encer dari dark soy sauce dan hanya dipakai untuk menambah rasa asin. Biasanya light soy sauce dipakai untuk campuran sup, bubur atau untuk dipping sauce.

      - Untuk merek, sepengetahuan gue Kikkoman termasuk dark soy sauce. Sedangkan merek soy sauce yang pernah gue liat punya varian dark dan light dan banyak dijual di supermarket besar ada dua, Pearl River Bridge dan Lee Kum Kee. Keterangannya jelas ada di labelnya, kok.

      Hope it helps. :)

      Delete
  13. Terimakasih atas penjelasan nya krn sy sangat senang mengkoleksi segala macam soy sauce utk masakan, hanya ada yg sy belum mengerti yaitu Aged Soy Sauce...kira" sist sdh coba belum? Sy pengen tau seperti apa itu aged soy dan utk apa aja biasanya. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Untuk aged soy sauce sih belum pernah nyoba dan belum pernah nemu di sini, malah belum tau apa dijual di sini atau gak. Kalo liat dari acara-acara masak Korea sih, aged soy sauce rasanya pekat banget bahkan ada yang bilang asin banget karena difermentasikan bertahun-tahun. Kalo untuk kegunaan, basically bisa dipake untuk masakan apa pun seperti soy sauce biasa kok. Tapi mungkin takarannya sedikit berbeda dan rasa yang dihasilkan juga lebih rich.
      Semoga membantu, ya. :)

      Delete
  14. Helo,
    Mau berbagi informasi, untuk kecap asin jepang merk kikkoman sekarang diproduksi dalam negeri dan sudah resmi halal sertifikasi MUI. Akhirnya nemu shoyu yg halal. Malah jadi macam2. Ada yg all purpose, ramen base, dark sauce sama satu lagi yg khusus masakan oriental.
    Semoga membantu ya buat yg selama ini bingung soal shoyu halal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih banyak infonya. Berguna banget untuk yang masih ragu -ragu atau bingung. :)

      Delete
  15. Mas, kecap jamur pearl river bridge botol besar kok agak pahit ya? Apa lidah saya, atau sy salah menyajikannya? Mhn pencerahannya

    ReplyDelete
  16. Mas, kecap jamur pearl river bridge botol besar kok agak pahit ya? Apa lidah saya, atau sy salah menyajikannya? Mhn pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, belum pernah tuh masak dengan kecap jamur lalu ada rasa pahitnya. Biasanya memang hanya beli botol kecil-kecil untuk kecap asin. Apa mungkin tanggal kedaluwarsanya sudah lewat? Atau mungkin penyimpanannya gak di kulkas setelah dibuka jadi rasanya berubah? Karena di label kebanyakan kecap asin ditulis refrigerate after opening. Mungkin loh, Mas. Karena belum pernah kejadian seperti itu. Maaf kalau kurang membantu.

      Delete
  17. hi aiko, klo shoyu itu sama ga sama soy sauce?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama rice wine itu sama ga sih kaya mirin? tapi saya pernah baca resep yang dia perlukan rice wine dan mirin.. lalu rice vinegar apa lagi? hahhaha.. makasih sebelumnya

      Delete
    2. Hi, Dandelion. Untuk shoyu sama soy sauce banyak yang bilang sama, shoyu hanya cara orang Jepang bilang soy sauce. Tapi, pernah liat beberapa website sama blog yang bilang beda, karena bahan dasar, bahan tambahan atau apa gitu. Jadi berdasarkan yang udah dibaca dan diliat, kesimpulannya mungkin begini: Shoyu itu sejenis soy sauce, tapi spesifically soy sauce buatan Jepang yang memang kalau dibandingkan sama soy sauce lain rasanya agak sedikit beda, lebih gurih dan ada wangi yang lebih khas.

      Untuk rice wine sama mirin, gak terlalu ngerti sih, karena gak pernah pake dan gak pernah nyobain.
      Kalo gak salah rice wine itu memang arak yang dibuat dari beras, biasanya untuk Chinese cooking, misalnya Shaoxing wine.
      Kalo mirin itu semacam alcoholic liquid yang rasanya manis dan biasanya dipasangin sama sake di masakan Jepang. Menurut salah satu Youtuber sih katanya paling sering dipake untuk menghilangkan bau gak enak dari daging-dagingan.
      Rice wine vinegar itu cuka masak yang dibuat atau bahan dasarnya dari anggur beras.
      Hope this helps. :)

      Delete
    3. Bedanya kalo Shoyu ada gandumnya bukan kedelai doang, kalo soy saucenya Chinese cuman kedelai doang, cmiiw

      Delete
    4. Nah, infonya jadi lengkap. Thanks, ya.

      Delete
  18. siss,, mau nanya, kalo shoyu yang rasanya cenderung manis, untuk Sushi, di merk Kikkoman jenisnya yang mana yaa ? atu ada produk lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Untuk shoyu yang rasanya cenderung manis belum pernah tahu. Sedangkan soy sauce khusus untuk sushi dan sashimi ada varian khususnya di merek Kikkoman dan merek lainnya (tulisannya sushi soy sauce atau sashimi soy sauce) tapi belum pernah liat di supermarket (dan gak pernah nyari karena gak suka sushi atau sashimi :D).
      Hasil browsing sih nemu kalo shoyu untuk sushi biasanya kecap asin yang udah dibumbuin dengan sake & mirin bahkan dengan katsuoboshi (ikan bonito kering yang diserut tipis). Ada resepnya juga di YouTube kalo mau tau. Untuk resep yang pake mirin & sake biasanya sih kedua bahan itu gue ganti pake jus apel dengan takaran yang sama. Memang rasa gak mungkin sama, tapi at least dapet sedikit manis untuk gantiin rasa dari mirin (sweet rice wine).
      Ini link untuk resepnya:
      https://www.youtube.com/watch?v=sf9RVmqAnnI
      Hope this helps. :)

      Delete
  19. Halo sista... Boleh minta info? Biasanya jika ingin memberi rasa asin pada kuah soup dengan kecap asin encer, apakah hanya cukup dengan kecap asin aja atau masih perlu ditambahkan garam ?

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum ka kalo soy sauce yang namanya yamasa halal ga ya soalnya ada tulisan alcohol nya gitu ka saya takut ada alcoholnya kak

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum ka kalo soy sauce yang namanya yamasa halal ga ya soalnya ada tulisan alcohol nya gitu ka saya takut ada alcoholnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Untuk soy sauce Yamasa belum pernah coba sih, tapi soy sauce Jepang rata-rata memang ada kandungan alkohol yang lumayan besar. Pernah baca tips, sebagai pengganti soy sauce untuk masakan Jepang yang rasanya memang agak khas, bisa pake soy sauce Pearl River Bridge Superior Dark Soy Sauce tapi pastiin yang botolnya ada tanda halal.
      Hope this helps. :)

      Delete
  22. Selamat siang, saya baru nemu tulisan ini dan cukup menarik hehe. Btw menurut pengalamnku kecap asin buatan egeri yg merknya abjad itu kurang enak yah berasa makan garem & micin hahha. Oh iya kapaan2 bahas perbedaan soy sauce jepang & korea dari segi bahan dan rasa. Kayaknya menarik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Kecap merek abjad itu sepertinya memang pure untuk kasih rasa asin, gak macem-macem :D Makasih juga idenya, menarik banget, mudah-mudahan bisa segera dieksekusi.

      Delete
  23. Baru nemu tulisan ini, keren banget infony mb. Mau nanya dong mb, kalo kecap asin yg enak dipakai di bakmi apa ya ? Saya sering makan bakmi ala chinese ngeliat bumbu di mangkukny yg ngracik pake lada, kecap ikan royal gold, sama kecap asin (gak tau merekny) gak ada aroma2 minyak ayam atau minyak bawangny tapi enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!
      Untuk merek kecap asin bakmi ala chinese gak terlalu tau, beda tempat beda merek kayaknya. Tapi karena ditambah kecap ikan sama lada yang rasa sama aromanya kuat, kayaknya bisa dicoba dengan kecap asin biasa misalnya ABC atau cap Anggur.
      Hope this helps. Terima kasih :)

      Delete
    2. Yg di bakmi2 itu kayaknya pake kecap asin Bangka, kalo di Carrefour ada merk 2 angsa kalo ga salah, pokonya ada gambar angsa 2 biji di botolnya

      Delete
  24. mau tanya donk...kecap asin lee kum kee halal ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang belum pernah liat kecap asin Lee Kum Kee yang berlogo halal. Kalau memang ragu pakai Lee Kum Kee, Kikkoman udah ada yang halal dan available di toko-toko online. :)

      Delete
  25. Tadi liat ada ngomongin gochujang, buat di indo gochujang halal ada punya toko online mokgo juseyo, dia homemade sih bukan pabrik, yg bikin orang Korea asli tapi udh ada halal MUInya

    ReplyDelete
  26. Mohon info nya mbak aiko, kl untuk mie ayam pake kuah yg cocok pake kecap asin apa ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tergantung selera dan tipe mi ayamnya. Di salah satu komentar di atas kalo untuk mi ala Chinese pakenya kecap asin Bangka (gambar angsa), kalo mi ayam biasa mungkin ABC juga udah cukup, kalo mi ayamnya pake minyak wijen mungkin kecap asin yang ada rasanya, misalnya Kikkoman, bikin minya makin enak.
      Hope this helps. :)

      Delete
  27. Trmksh Aiko SDH menambah wawasan sy tentang soy sauce..semoga Aiko sehat selalu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu diberi kesehatan :)

      Delete
  28. Permisi, artikelnya menarik, numpang nanya,Dark soy pearl river itu apa selalu rasa jamur, apa tidak ada dark spy pearl river yg tanpa ada rasa jamur,sebelumnya makasih atas jawabannya, makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih sudah mampir.
      Kalo liat dari website Pearl River Bridge di Indonesia hanya tersedia dua soy sauce Pearl River Bridge, yang pertama Mushroom Flavored Dark Soy Sauce dan yang kedua Superior Light Soy Sauce. Dan memang di supermarket hanya pernah liat kedua jenis itu. Superior Light Soy Sauce bukan rasa jamur, tapi jenisnya light soy sauce yang gak sepekat dan sehitam dark soy sauce yang rasa jamur.
      Mudah-mudahan membantu, ya. :)

      Delete
    2. Makasih banyak atas jawabannya, kalau mnurut pengalaman anda kecap paling hitam pekat brand apa? Mkasih sbelumnya :)

      Delete
    3. Kecap hitam yang udah pernah dicoba so far baru dua, Pearl River Bridge sama Lee Kum Kee. Dua-duanya sih sama pekat, sama hitam. Yang Pearl River Bridge udah lama banget nyoba jadi sebenernya gak terlalu inget. Lee Kum Kee masih pake sampai sekarang. Tapi gak terlalu seneng pake dark soy sauce, cuma suka dipake sedikit untuk kasih warna ke tumisan aja, karena secara rasa gak terlalu gurih, gak terlalu asin. Jadi premium soy sauce Lee Kum Kee sama kecap asin jepang atau kecap asin oriental Kikkoman (yang halal) tetap yang paling fleksibel untuk masak sehari-hari.
      Terima kasih. :)

      Delete
  29. Maaf mbak kl kecap manis zebra itu halal tidak ya...itu keccap khas bogor yang melegenda..rasanya lebih enak dan khas

    ReplyDelete
  30. Halo. Wah, maaf, belum pernah cobain kecap zebra. Kecap-kecap yang pernah dicobain hanya yang ada di postingan ini. Sepertinya kalau memang pabrik kecapnya di Indonesia, udah lama, dan udah dipakai di banyak tempat kemungkinan halal. Apa ada temen-teman lain yang bisa bantu? Atau mungkin bisa hubungi pabriknya untuk jawaban lebih pasti.

    ReplyDelete
  31. Wah seru jg nih tulisan...Sis,,,kalo nasi goreng or mie goreng ala2 solaria or bakmi golek itu pake kecap asin merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Terima kasih sudah mampir.
      Kecap asin untuk nasi atau mie goreng ala Solaria gak tau pasti. Kalo dari rasa sama wangi makanannya sepertinya sih semacam Kikkoman dibantu sama aroma asap dari wajan yang dipake dan cara masak yang pake api besar (mungkin juga sedikit kecap ikan, mungkin loh...) tapi takut salah :p. Sedangkan untuk bakmi golek, belum pernah coba jadi gak tau pakenya kecap asin apa. Dari info yang temen-temen kasih di sini, bakmi lokal biasanya pake kecap asin lokal biasa, ada yang bilang kecap bangka, ada kecap zebra, atau kecap cap anggur.
      Mungkin temen-temen yang lain bisa nambahin?

      Delete
  32. Mau tanya pernah makan mie ayamnya
    rasanya seperti ada rasa hoisomnya, kira2 kecapnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.
      Mi ayam yang ada rasa hoisom? Kayaknya belum pernah. Hoisom apa juga gak tau :D Taunya saus hoisin. Apa maksudnya itu? Kalo iya, mungkin bumbu rendaman ayamnya ditambah saus hoisin, atau sedikit bumbu ngohiong.
      Maaf kalau kurang membantu. :)

      Delete
  33. Kalo soy sauce utk masakan korea pake yg mana ya, aiko???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Kalo menurut gue yang mana aja sama sih untuk masakan Korea, tapi yang sering gue liat di cooking-cooking show biasanya Lee Kum Kee yang premium soy sauce. Dan menurut gue, Kikkoman halal juga cocok, karena aroma dan rasanya lebih ringan, gak terlalu menonjol seperti versi yang non-halal.
      Hope this helps! :)

      Delete
  34. Halo ka, aku mau tanya
    Rekomendasiin minyak wijen yang enak dan terjangkau dari merk apa ya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kalo di rumah sih selalu pake minyak wijen ABC. Selain harganya lebih murah dari brand lain yang banyak available di supermarket, rasanya juga enak kok.
      Mudah-mudahan jawabannya membantu, ya. :)

      Delete
  35. Halo! Wah mantap sekali post ini. Hebat.
    Ada yang ku ingin tanyakan, gimana perbandingan kecap asin lokal kita dengan kecap asin cina yang seperti lee kum kee premium soy sauce? Apakah ada perbedaan rasa atau sama aja? Apakah ada yang lebih asin atau sama tingkat keasinannya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga! Terima kasih udah mampir.
      Menurut pendapat pribadi sih kecap asin lokal, paling gak yang pernah dicicipin (ABC & Cap Anggur) rasanya lebih asin, dominan asin, lebih encer, warna lebih terang jadi gak bisa ngasih warna ke makanan.
      Kalo kecap seperti Lee Kum Kee dan Kikkoman rasanya gak seasin kecap lokal, ada sedikit rasa manis dan gurih-gurih ala MSG, lebih pekat dan warna lebih gelap.
      Semoga jawabannya membantu, ya. :)

      Delete
  36. kecap asin angsa itu termasuk light ato dark ya? light ya harusnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Iya, kecap asin angsa masuknya ke light soy sauce.

      Delete
  37. oh iya. sama mau tanya, itu yg no 1 kikoman saus jepang, yg itu termasuk dark soy sauce gak ya? karena punya nya itu di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Kikkoman ada yang dark atau yang biasa. Ada Kikkoman Dark Sauce "Saus Pekat" yang labelnya ungu, sedangkan Kikkoman yang biasa labelnya Kecap Asin Khas Jepang warna hijau. Info lebih lengkap ada di Instagram @Kikkoman.id. Hope this helps. :)

      Delete
  38. Kalo kecap asin cap hati angsa masuk ke light soy sauce ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kecap asin angsa masuknya ke light soy sauce. :)

      Delete
  39. kak mohon pencerahan, aku mau buat beef pepper rice, pengen banget makan pepper lunch tp lg pandemi ini. soy sauce yg kk rekonendasiin yg mana ya? buat marinasi sama buat di meja πŸ™ˆπŸ™πŸ™πŸ™ makasii kak (sy baru pertama mau nyoba masak2 pake soy sauce πŸ™ˆ)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kalo pendapat pribadi sih pilihan paling aman ada dua, Kikkoman (yang halal label hijau atau yang biasa label biru) sama Lee Kum Kee premium soy sauce (bukan yang dark soy sauce ya), dua-duanya ada fotonya di postingan ini. Dua soy sauce itu bisa dibilang soy sauce serbaguna, gampang dan enak untuk masak apa aja. Semoga membantu ya. Selamat masak! :)

      Delete
  40. Kak mau tanya Chinkiang vinegar / black rice vinegar yg sering ada di masakan china itu halal gak sih?? Aku pgn coba masak ngikutin resep,tapi masih belum bisa gara2 itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Soal black rice vinegar ini gw gak terlalu yakin karena memang gak pernah coba. Tapi pernah nemu info di beberapa website Singapura dan di supermarket Tesco Malaysia, ada Chinese black vinegar yang bersertifikasi halal, brandnya FengHe sama Orchid. Mudah-mudahan ini membantu ya. :)

      Delete
  41. Kecap manis yg enak yang cap anggur ya,

    ReplyDelete
  42. Kalo mau bikin black hokkien noodle pakai kecap yang jenis apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya gak tau apa itu black hokkien noodle. Tapi dari hasil search resep, dan dari kata 'black' di namanya, mi ini pake kecap asin jenis "dark soy sauce" untuk bikin warna kecap yang lebih gelap di masakannya. Karena dark soy sauce biasanya hanya untuk bikin warnanya lebih gelap, pasti perlu juga kecap asin biasa untuk menambah rasa di masakannya. Jadi perlu kombinasi dari dua jenis kecap asin itu.
      Semoga ini membantu ya.

      Delete
  43. Kak kalau untuk buat mandu, ada rekomendasi soy sauce nya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut gue Kikkoman itu udah paling all purpose. Bisa buat masak sama bikin saus cocolannya. Semoga membantu ya. Selamat masak!

      Delete
  44. Mau tanya, kalo kecap asin cap hati angsa itu (merek paling umum di sini) termasuk light soy sauce bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kecap asin cap hati angsa belum pernah cobain, sih. Bisa dilihat aja dari warnanya. Light soy sauce warnanya hitam bening, tembus pandang. Kalau soy sauce kayak kikkoman atau lee kum kee itu hitam plek, gak bening dan tembus pandang. If that make sense? :D

      Delete

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)