Thursday, December 4, 2014

Egg Drop Soup

Egg Drop Soup. Dari namanya ketebak banget kalo masakan ini sebenernya cuma sop telor. Iya, sop telor, tapi gak pake cuma. Gue selalu suka telor. Dan gue juga suka makanan berkuah. Makanya dari dulu gue sering bikin sop telor. Tapi, seumur-umur perasaan bikin sop telor begituuuu aja, biasa.
Waktu gue lagi iseng-iseng surfing di Pinterest, gue berapa kali liat orang nge-pin resep Egg Drop Soup. Katanya sih di restoran di luar negeri banyak yang masukin masakan ini ke dalam menunya. Kan sop telor doang, ngapain makannya kudu repot-repot pergi ke restoran? Karena pengen tau apa istimewanya, gue klik deh linknya. Liat bahan sama cara buat lah kok gampang. You know me, kalo nemu resep yang gampang dan bahannya ada semua di rumah rasanya gateeeel pengen bikin. Akhirnya malem itu gue bikin buat makan malam. Ternyata Egg Drop Soup itu enaaaaak. Pas banget buat hari-hari ujan dan dingin kaya berapa hari terakhir ini. Bikinnya gampang, cepet, bahannya juga gak neko-neko dan pasti ada di rumah.
This isn't a special recipe or a special dish, but anything that's simple and tasty is too tempting to miss. So, let's get cooking.

Bahan (untuk 1 porsi):
250ml kaldu ayam/sapi atau air plus kaldu gel instan
1cm jahe, kupas, geprek
1/2sdm tepung maizena
1 siung kecil bawang putih, cincang halus
1/2 batang daun bawang, iris
1 butir telur, kocok rata
1/4sdt minyak wijen
1/4sdt kecap asin (kalo memang kaldunya belum asin)
merica bubuk
garam (kalo masih juga kurang asin)
(optional) 2sdm jagung pipil rebus atau kalengan
(optional) beberapa biji udang kupas
(optional) cabe bubuk buat taburan

Cara Buatnya:

  • Aduk rata kaldu, jahe, bawang putih dan tepung maizena. Panaskan dengan api sedang sampai mulai mendidih. (kalo pake kaldu gel instan, begitu air mulai mendidih, masukin kaldu gel, aduk rata).
  • Masukkan jagung, udang, daun bawang, rebus 2-3 menit.
  • Kecilin api, yang paaaaling kecil. Tuang kocokan telur sambil terus diaduk. Nuangin kocokan telurnya pelan tapi pasti, jangan langsung ditumpahin ya.
  • Tambahkan kecap asin, minyak wijen, merica bubuk dan garam (kalo masih kurang asin). Masak 1 menit.
  • Angkat, tabur cabe bubuk, hidangkan panas-panas.
  • The original recipe ada di Gimme Some Oven.
  • Variasi sayurannya bisa brokoli di cincang kecil, bunga kol dicincang kecil, sawi, bok coy, wortel dipotong kotak kecil. 
  • Gak mau ribet sama sayuran? Frozen veggies pengganti yang paling praktis.
-Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment