Thursday, November 20, 2014

Lumpia "Pizza"

Cuaca dingin bikin gue cenderung doyan ngemil. Gawatnya, gue punya sahabat-sahabat yang sama doyan ngemilnya kaya gue. Setiap kali kita nyusun rencana ketemuan, pasti yang diomongin adalah... nanti makanannya apaan?

Minggu lalu, karena gue udah lumayan lama gak keluar berhubung sibuk sama kerjaan, akhirnya sempet juga ketemuan sama salah satu sahabat gue. Jauh-jauh hari kita udah ngomongin duluan cemilan sama makan siang apa yang bakal kita bikin. Ide muncul setelah kita liat post di Pinterest (as usual). Setelah itu fix kita bakal buat Lumpia "Pizza."

Bikin lumpia ini kebangetan gampangnya. Bahan isinya juga gampang dan bisa banyak variasinya. Berhubung sahabat gue itu punya dua anak kecil, satu empat taun dan yang bungsu dua taun, cemilan yang kita pilih ini juga cocok, aman dan pasti disukain sama anak-anaknya.

Memang, ini bukan resep hebat atau keren, but I bet this could give you idea untuk bikin cemilan sore buat anak-anak ato anggota keluarga yang lain.
Here we go...

Bahan:
10 lembar kulit lumpia, yang bulet, yang kotak, yang murah, yang mahal, bebas.
5 buah Sosis, dibelah dua memanjang supaya lumpianya gak kegedean
1 pak Keju quick melt, potong memanjang
Kalo lebih suka mozzarella pasti bisa pake yang itu, tapi gue milih yang murah dan gampang dicari aja.
Minyak goreng agak banyak

Bahan Saus:
Saus spaghetti siap saji
atau
2 sdm saus tomat
1/2 - 1 sdt oregano kering
1/4 sdt gula pasir
1 sdm air
sedikit merica bubuk
Semua bahan ditumis sebentar aja

Cara Membuatnya:

  • Gelar kulit lumpia. Letakkan 1 potongan sosis dan 1 potongan keju di atasnya. Gulung sekali, lipat kedua sisinya, gulung sampe ujung. Ulangi sampai semua bahan habis.
  • Lebih oke sih kalo lumpianya dimasukin kulkas dulu 15 menit-an, supaya hasil kulit bisa lebih crispy dan gak terlalu nyerap minyak. Tapi kalo udah gak tahan bisa langsung dimasak.
  • Panaskan minyak yang cukup banyak supaya lumpia terendam. Goreng sampai lumpia keemasan, tiriskan.
  • Panas-panas dicocolin ke sausnya... Yum!



  • Kalo mau jauh lebih mirip sama pizza, tambahin aja bahan yang biasanya jadi topping pizza, misalnya bawang bombay, tumisan jamur, paprika, daging asap dan lain-lain.
  • Selain jadi pelengkap yang bikin rasa lumpianya jadi mirip pizza, fungsi si saus tomat itu juga buat nge-cut asin kejunya. 
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment