Wednesday, July 11, 2012

Korokke alias Kroket

Kroket bukan makanan asing lagi doong buat kita. Biasanya kroket sering ada di konsumsi-konsumsi arisan atau meeting, yes? Kalo liat dari bahan dan rasa, sebenernya kroket itu makanan sederhana aja, tapi kok ya jarang orang mau bikin sendiri?
Setelah gue cobain, bikin kroket itu gak susah kok, serius. Tapi memang butuh kesabaran. Sekalinya bikin, kalo gue sih ya, langsung ketagihan pengen bikin lagi. The more you try it, the easier it gets, trust me. Awalnya butuh kesabaran, pas udah dua atau tiga kali bikin sih gak berasa tau-tau udah jadi.
So, a bit about this 'Korokke' recipe. Memang banyak resep kroket, tapi yang gue cobain ini resep yang di post sama Ochi San dari Ochikeron dengan sedikit variasi sendiri. Yes, Japanese loves Korokke. Dan kroket mereka ini lebih gampang karena kentang dan bahan isi langsung diadukin (kalo kata Mami sih kroket ala Belanda juga begini). Jadi gak ada tuh repot-repot ngisiin adonan ragout ke kentang tumbuk. Memang perlu minyak banyak buat goreng kroket. Tapi gak apa-apa lah, you don't make it everyday anyway.
Mau coba?

Bahan:
- sekitar 3/4 kg kentang (gue pake 2 ukuran besar dan 2 ukuran sedang)
  Kupas, cuci bersih sampai air cucian gak keruh (buat ngilangin sedikit kandungan kanji)
  Potong kurang lebih ukuran 3 cm. Kukus sampai lunak.

- 2 butir telur ayam, rebus sampai matang (didihkan air, masukin telur, rebus sekitar 7 menit)
   Angkat, rendam 2-3 menit dalam air dingin, kupas.
   Sisihkan kuning telur, terus cincang kasar putih telurnya.

Untuk campuran daging:
- 200 gram daging cincang (atau daging utuh, cincang di chopper, it's cheaper this way)
- 200 gram bawang bombay, cincang (sekitar setengah dari bawang bombay besar)
- 2 sdk teh butter atau margarin
- 1 wortel ukuran kecil, kupas, parut kasar (pake parutan yang lubangnya besar)
- Garam
- Merica
- 1/2 - 1 sdk teh pala bubuk (sesuai selera aja)

Untuk lapisan tepung:
- Sekitar 3 sdk makan tepung terigu
- Sekitar 1 butir telur, kocok lepas
- Panko atau bread crumbs (gue pake brand MamaSuka)

Minyak goreng yang banyak, sekitar 1 liter.

Cara Buatnya:
  • Panas-panas, haluskan kentang dan kuning telur bersama-sama, bisa pake potato masher atau cara tradisional, pake ulekan :D Boleh halus banget atau agak kasar, sisihkan.
  • Di wajan dengan api sedang, panaskan butter atau margarin, tumis bawang bombay sampai layu dan transparan (kasih secubit garam biar bawang gak cepet gosong). Masukkan daging, aduk rata sampai daging sedikit berubah warna. Tambahkan wortel dan bumbu, aduk rata. Masak sampai air/juice yang keluar dari daging sedikit mengering. Jangan lupa cicipin ya. Kalo udah pas, angkat.
  • Masukkan tumisan daging dan putih telur cincang ke dalam adonan kentang, aduk rata. Di sini, boleh tambahin sedikit garam dan merica, karena si kentangnya memang belom kita bumbuin. Kalo dicicipin udah pas rasanya, we're ready to go.
  • Ambil satu sendok makan muncung adonan, bentuk bulat/lonjong sesuai selera. Susun di atas piring/baki. Lakukan sampai adonan habis.
  • Untuk melapisi dengan tepung-tepungan, di dalam mangkuk, masukkan setengah dulu takaran tepung terigu. Balut bola kroket dengan tepung, tepuk-tepuk sedikit. Lakukan sampai semua adonan terbalut tepung.
  • Siapkan mangkuk lain, tuang sekitar 3 sendok makan panko. As you go, tambahin sedikit-sedikit sesuai kebutuhan. Gue pake cara ini supaya gak banyak yang terbuang.
  • Celup bola kroket ke dalam kocokan telur, balut sampai tertutup rata, pindahkan ke mangkuk isi panko, balut sampai rata, susun lagi di atas piring/baki. Biar gak terlalu berantakan, pake satu tangan untuk celupin bola kroket ke telur dan tangan lain untuk balutin panko.
  • Setelah semua adonan selesai dibalut panko, masukkan ke dalam kulkas minimal 30 menit. Jangan lewatin proses ini, karena proses ini bikin lapisan tepung-telur-panko nempel di kroket dan panko gak terlalu banyak brudul (do you know what 'brudul' means?) pas digoreng.
  • Untuk goreng, pake wajan atau panci yang tebel dan tinggi/dalam. Gue pake sauce pan teflon, but you can use whatever you like.
  • Panaskan minyak dengan api sedang. Pastiin minyak udah bener-bener panas sebelum kroket digoreng. 
  • Goreng kroket sampai warnanya coklat cantik. Inget, semua isi udah mateng ya, kita tinggal masak lapisan luarnya aja. 
  • Jangan sering bolak-balik, takutnya kroket jadi pecah dan panko berhamburan.
  • Jangan lupa setiap mau goreng batch baru, saring dulu panko yang mengambang di minyak goreng.
  • Jadi deh! Makan pake saus tomat, mayonnaise atau cabe rawit, ajib!






  • Resep ini menghasilkan sekitar 25 kroket yang lumayan gede (serius, karena begitu mateng langsung dimakan, jadi lupa ngitung, maaf)
  • Kalo mau kroket yang lebih creamy, boleh tambahin 2 sdk teh susu bubuk ke adonan kentang, atau kalo gue sih nambahin 2 sdk makan keju yang diparut besar-besar. Atau kalo suka creamy abis, tambahin dua-duanya.
  • Kalo pas digoreng kroket sedikit pecah, don't worry, it happens. Jangan sering dibolak-balik aja. 
  • Kroket ini bisa tahan disimpen di kulkas sampe dua hari. Jadi pas pengen makan, baru digoreng. Gue gak rekomen lebih dari itu atau dimasukkin freezer. The fresher your food the better.
  • Kalo suka, dalam adonan kentang boleh tambahin 1/2 sdk teh pala bubuk, supaya kroketnya lebih ada rasa bumbunya. 
  • For video guide, please check out Ochikeron's YouTube channel on How to Make Japanese Korokke.
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)