Friday, July 6, 2012

Chocolate 'Mug' Cake: Microwaveable Single Portion Cake

Kadang-kadang suka ngidam... tiba-tiba pengen makan cake coklat pake es krim. Kalo es krim biasanya selalu siap sedia di kulkas. Kalo cake? Tapi agak males kalo harus bikin satu loyang cake, cuma buat 2 atau 3 orang di rumah.
Maybe that's just my problem. Tapi menarik juga buat nyari resep cake yang single portion. Kan kalo dari resep seloyang gede susah dibagi jadi single portion ya? Setelah nyari-nyari, nemu lah resep Chocolate Mug Cake ini. Gampangnya luar biasa. Tinggal aduk semua, tuang ke dalam mug/gelas tahan panas atau ramekin kecil, panggang, jadi deh. Yang bikin lebih menarik, cake ini juga bisa dipanggang dengan microwave! Jauh lebih gampang dan jauuuuh lebih cepet. Soal rasa sih, oven atau microwave, dua-duanya sama enaknya.
Cobain ya?

Bahan (untuk satu mug cake):
4    sdm    tepung terigu
4    sdm    gula palem (pake gula pasir juga oke kok)
3    sdm    coklat bubuk
1/2 sdt      baking powder
sejumput   garam
Aduk semua bahan kering sampai rata. Diayak dengan saringan teh lebih baik, supaya coklat bubuknya gak berbutir-butir.
1    butir    telur
3    sdm    susu cair
1    sdm    minyak sayur
1    sdt      vanilla extract atau vanilla essence
Kocok semua bahan cair sampai rata

Peralatan:
Mangkuk
Whisk kecil/garpu
Mug/cangkir tahan panas (kalo pake microwave pake yang microwaveable ya) atau ramekin/mangkuk tahan panas kecil (gue pake yang ukuran 7-10 cm), oles mentega tipis-tipis.

Cara Buatnya:
  • Tambahkan bahan cair ke dalam bahan kering, aduk rata.
  • Tuang ke dalam mug atau mangkuk, pastiin adonan gak terlalu penuh supaya gak beleber, karena kue ini ngembang tinggi.
  • Untuk yang pake oven, panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan, suhu 150 derajat, selama 20-25 menit. 
  • Untuk yang pake microwave, masak di 'high' selama 1 menit 30 detik.
  • Cake ini sebenernya hasil akhir yang dicari adalah cake yang masih sedikiiit basah. Kalo suka yang lebih firm: untuk oven, panggang sampe tusuk gigi yang dimasukin keluarnya bersih. Untuk microwave, kasih tambahan waktu 30 detik.
  • Angkat, taburi sedikit gula halus di atasnya (optional), keluarin es krim, sendokin, masuk mulut...yum!


  • Untuk variasi, bisa tambahin chocolate chips, oatmeal, kismis, kacang mede panggang atau almond panggang.
  • Selain disiram es krim, enak juga dikasih saus coklat atau selai buah-buahan.
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment