Sunday, June 10, 2012

Steamed Chicken Rice --> A Simple One Dish Meal ;)

Hari Minggu... tiba-tiba pengen makan sesuatu yang sedikit beda. Pasta? bosen... Mie? apalagi. Lalu nemu resep yang satu ini di Maangchi. Langsung deh pengen nyobain, karena keliatannya gak susah.
Cuuus, Minggu pagi udah berkutat di dapur. Ayam yang udah dibumbuin semaleman, potong-potong bahan sedikit, tumis-tumis, bluk! masukin rice cooker. Hasilnya... sepiring chicken rice yang masih mengepul plus Vietnamese Chilli Sauce buat pedes-pedesannya. Yum-O!!!

Bahan Ayam:
600    gram    ayam, dipotong kecil-kecil. Pake fillet juga bisa, sekitar satu fillet ayam besar, potong kubus 3cm
1        sdm     kecap 'Kikkoman'. Kalo gak ada bisa diganti 2 sdm kecap asin biasa
1,5     sdm     saus tiram
1        sdt       minyak wijen
merica secukupnya
* Disarankan buat pake kecap Kikkoman, karena rasa lebih gurih dan warna lebih pekat. Tapi.... gue juga nyobain pake kecap asin biasa, rasanya gak kalah asik kok ;)
* Ayam direndam dalam campuran bumbu minimal setengah jam. Jauh lebih oke kalo semaleman sih.

Bahan Lain:
1       sdm      ebi, rendam dalam air sebentar, tiriskan.
1       bks       rolade siap saji (banyak di supermarket, ganti sosis juga boleh), potong 1cm
1/2    buah     kol muda, di iris agak besar sekitar 1,5cm
1       ruas      jahe, kupas, memarkan
4       btr        bawang putih, cincang
1-2   sdm       minyak goreng
2      sdm        apple jus (berry, buavita, abc)
2      cangkir  beras, cuci, tiriskan
2,5   cup        kaldu ayam (sekitar 600 cc), kalo gak ada kaldu, larutkan air dengan 1 kaldu blok rasa ayam
Garam secukupnya
Bawang goreng untuk taburan

Cara Buatnya:
  • Panaskan minyak di api sedang, tumis jahe sampai harum sekitar 2 menit. Tambahkan bawang putih dan ebi, tumis sampai pinggiran bawang sedikit kecoklatan.
  • Tambahkan ayam, aduk. Tumis sampai ayam berubah warna.
  • Tambahkan jus apel, rolade/sosis dan kol, aduk.
  • Masukkan nasi dan sedikit garam, aduk rata.
  • Pindahkan ke dalam rice cooker, tambahkan kaldu.
  • Lalu.... tinggal tekan tombol 'cook' sampai matang :D

  • Kalo gak suka rasa ebi, gak dipake juga gak apa-apa kok. It's still really delicious ;)
  • Menurut resep dari Maangchi, pelengkap untuk Chicken Rice ini adalah telor asin rebus, sayang lagi gak ada pas gue masak :(
  • Kalo mau tambahan sayuran, enaknya pake bok choi yang ditumis sebentar dengan bawang putih plus minyak wijen.
  • Pelengkap lain yang gue siapin adalah Vietnamese Chilli Sauce buat pedes-pedesnya.
  • For video guide, please check out Steamed Chicken Rice recipe.

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment