Tuesday, May 22, 2012

Soto Bandung --> My Most Favorite Soto!


Sesuai janji, gue mau share cara buat Soto Bandung buat dimakan sambil ditemenin perkedel kentang.
Soto Bandung ini segeeeeer banget. Pasti cocok, apalagi buat yang gak terlalu suka atau bosen sama makanan bersantan. Kucurin perasan air jeruk nipis, ditambah sambel cabe rawit plus taburan bawang goreng, sumpah nampol berat! Apalagi kalo di luar mendung atau ujan :D
Bikinnya gampang… Kalo mau lebih cepet boleh rebus daging pake pressure cooker alias panci presto. Easy peasy!

Bahan:
500 gram Lobak,kupas,potong @0,5cm,rebus sampai empuk, tiriskan.

1 kg daging sapi (bagian iga lbh enak)
Rebus daging dengan:
2cm jahe,digeprak aja
2cm lengkuas,geprak juga
1 batang serai,masih digeprak juga
2 lembar daun salam
Rebus daging sampai empuk (airnya kira2 aja, sekitar 1,5 - 2 liter, nantinya jd kuah sotonya),dinginkan sebentar sampe ada lemak2yang mengambang,buang lemaknya.potong daging kotak2

Bumbu halus:
8 bawang merah
4 bawang putih
Merica butir (suka2 aja,tergantung mau pedes ato ga,pake yg bubuk jg gpp)
Garam secukupnya

Cara Buatnya:
Tumis bumbu halus dgn minyak sedikit sampe harum.Masukin ke kuah rebusan daging.tambahin garam+gula. Kalo rasa udh pas, masukin lobak. Biarkan mendidih bareng-bareng.jadi deh ;)

Pelengkap:
-Sambel—> cabe rawit direbus,trs diulek halus,tambahin air panas sedikit.
-Jeruk nipis
-Bawang goreng
-Bawang daun iris
-Kecap asin
-Kedelai goreng (optional aja, kadang orang gak begitu suka rasanya)

*harus diingat buat rebus lobak terpisah, kalo gak nanti kuah soto bau langu lobak.




- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment