Sunday, May 6, 2012

Sambel Cabe Rawit Nendang!

Biarpun sekarang makanan-makanan dari berbagai negara udah gampang didapat, tapi tetep aja ya, apalagi gue sebagai orang Sunda, paling nikmat rasanya kalo makan nasi plus lauk plus sambel yang mantap. Walaupun katanya orang Sunda itu paling jago bikin sambel, sayangnya itu tidak berlaku untuk gue :(
Tapi.... tetep aja, semua orang pasti punya keahlian masing-masing, or something they're good at. Menurut orang rumah, sambel cabe rawit gue paling mantap! Hehehehe, boleh dong ge er sedikit. Walaupun cuma itu satu-satunya sambel yang bisa gue buat dengan enak, tapi gue coba untuk improvisasi dengan berbagai bahan tambahan. Mari kita pelajari!

Bahan:
  • Cabe rawit segenggam (boleh rawit hijau atau merah atau campuran keduanya, tergantung level kepedasan favorit masing-masing), sisakan beberapa tangkainya.
  • 1/2  ruas jari kencur (boleh satu ruas kalo suka atau kalo bikin sambelnya banyak), cuci bersih, boleh dikupas, gak juga bisa.
  • 1/2  ruas jari terasi matang, yang udah disangrai atau bakar (sama kaya kencur, tergantung selera sama banyaknya sambel)
  • 1/2 sendok teh garam  (sesuaikan juga dengan banyak sambel)
  • 1-2 sendok makan minyak goreng panas

Peralatan:

Ulekan batu/kayu

Cara Membuatnya:

  • Ulek cabe rawit (dengan beberapa batangnya), kencur, terasi, garam sampai agak halus.
  • Panaskan minyak goreng, tuang ke atas sambel yang udah diulek.

Sambel Cabe Rawit Daun Kemangi


Nah, gampang kan? Itu versi basic/dasarnya. Untuk variasinya, bisa ditambah beberapa bahan berikut:
  • Untuk sambel cabe rawit + daun kemangi
Setelah ulekan sambel disiram minyak panas, masukkan segenggam daun kemangi, hancur-hancurkan sedikit dengan ulekan supaya wanginya keluar. Sajikan.
  • Untuk sambel cabe rawit + bawang putih
Sambel ini gak pake kencur, tapi sambel ini pake 1 siung bawang putih, ulek sampai halus, baru disiram minyak goreng panas. Kalo gak suka dengan aroma bawang putih yang agak mentah, bawang putih boleh digoreng dulu sampai sedikit kecoklatan.
Sambel cabe rawit bawang putih ini enak dibuat jadi sambel penyetan, tambahin tempe atau ayam goreng, hancurkan sedikit langsung di atas ulekan.

Sambel cabe rawit ini juara banget kalo dimakan dengan ayam/ikan goreng atau pepes ayam/ikan plus lalapan.

* Kenapa batang cabe rawitnya harus ikut dimasukin ke dalam sambel? Menurut orang dulu, biar kita gak sakit perut :D Percaya gak percaya sih ya hehehe

- Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment