Thursday, May 10, 2012

Peralatan Masak Wajib Untuk Beginner Seperti Kita :D

Masak yang seru memang harus ditunjang sama peralatan yang memadai. Gak harus mewah, gak harus keren, yang penting cukup and functional buat bikin masakan paling susah sekalipun. Here are my simple tapi wajib cooking utensils:
1. Wajan tebal
Kenapa harus tebal? Pastinya biar masakan gak cepet gosong. Buat pemula, wajan ini ngebantu banget buat menghambat kegosongan akibat kita ragu-ragu dalam memasak. Gak harus teflon, karena kalo wajannya bagus, gak akan lengket kok, at least gak parah-parah amat :D

2. Sendok kayu
Sendok kayu identik sama penggunaan teflon? Eits, think again! Sebenernya lebih aman pake sendok kayu, karena dasar wajan gak akan terkikis waktu kamu dengan heboh ngaduk-aduk makanan di dalam wajan. Kikisan dasar wajan akibat sendok logam yang biasanya ujungnya tajem bisa bahaya loh!

3. Sauce pan
Sauce pan atau panci saus adalah panci yang bergagang satu, gak berkuping dua kaya panci buat bikin sop. Panci ini serba guna banget. Gue biasanya pake sauce pan buat ngerebus pasta dalam jumlah sedikit, bikin puding, atau bikin makanan berkuah yang kuahnya gak melimpah. Untuk sauce pan, teflon memang lebih oke.

4. Whisk
 Ini dia my magic tool! Whisk atau kocokan kue penting banget buat gue. Gue pake kocokan ini buat bikin cream soup, puding, schotel, dan aneka makanan yang berpotensi 'menggumpal'. Dengan whisk, kita bisa mencegah cream soup menggumpal di awal waktu air ditambahin ke dalam tumisan tepung terigu. Whisk yang bagus itu bukan kaya kocokan telur, yang kawatnya spiral, tapi kawatnya memanjang. Cari di toko bahan kue pasti ada.

5. Pisau tajam
Pisau itu super duper penting dalam memasak. Dan sang pisau WAJIB tajam! Pisau yang tumpul, selain nyusahin, juga bisa merusak tampilan bahan makanan. Bikin emosi!

6. Gelas ukur
Gelas ukur diperlukan kalo kamu rajin bikin kue-kue, atau desert lain. Biasanya untuk masakan manis, takaran air harus pas, gak boleh dikira-kira.

Nah, kira-kira segitu alat masak yang penting buat kamu yang baru mulai mikirin untuk terjun ke dapur, atau sudah terjun tapi masih clueless. Tampaknya sih sepele, but trust me, it's gonna make cooking a lot easier ;)

No comments:

Post a Comment