Wednesday, May 9, 2012

Japanese Steamed Cake & Cheese MuffCake: Cepat, Gampang, Enak!

Kadang-kadang gue suka bergaya-gaya, sok-sok minum teh sore ala orang Inggris atau sarapan centil ala orang Amerika. Menu untuk minum teh atau sarapan itu biasanya gak jauh dari kue, mau cup cake atau muffin.
Beberapa bulan yang lalu, gue nemu resep cake kukus yang luar biasa gampang, anti gagal deh pokoknya. Nama blognya One Cook Book Total persiapan sampe kuenya jadi cuma butuh 15 menit-an. Judul kuenya Japanese Steamed Cake. Ada dua versi di resepnya, putih dan coklat. Yang putih dicampur jagung manis plus parutan keju (yum!!!), yang coklat dicampur coklat bubuk plus choco chips.
Berhubung lagi semangat-semangatnya eksperimen, gue penasaran pengen nyobain resep yang sama tapi di panggang di dalam oven. Nah loh? Ada-ada aja sih. Tapi ternyata enak banget! Gue kasih nama Cheese MuffCake. Kenapa? Karena aslinya kan cake kukus, tapi setelah dipanggang jadi lebih mirip muffin. Supaya tidak ada yang dianaktirikan (what?) jadi namanya MuffCake :D
Walaupun simple dan gampang, dijamin gak akan malu-maluin deh nyuguhin kue ini buat tamu. Cobain ya?


Bahan:

1/2    cup   tepung terigu
1       sdt    baking powder
1       btr    telur
2       sdm  gula pasir butiran halus
2       sdm  susu cair
1       sdm  minyak

Variasi:

Keju:
1/4    cup   keju parut
1/4    cup   jagung manis pipil, rebus sampai matang, tiriskan

Coklat:
1 1/2 sdm  coklat bubuk
1-2   sdm   chocolate chips

Peralatan:

Mangkuk/wadah
Whisk
Cup kertas
Loyang muffin pendek/cetakan bolu kukus

Cara Buatnya:
  • Panaskan kukusan. Bungkus tutupnya dengan serbet bersih.
  • Ayak tepung terigu dan baking powder (plus coklat bubuk untuk yang resep coklat).
  • Di mangkuk terpisah, kocok telur, gula pasir, susu, dan minyak sampai rata.   
  • Tuang adonan cair ke dalam adonan kering. Aduk pelan-pelan sampai rata.
  • Masukkan isi, jagung+keju atau chocolate chips atau yang lainnya.
  • Tuang ke dalam cup kertas yang sudah dimasukkan ke dalam loyang muffin atau cetakan bolu kukus. (untuk kue yang mengembang bagus, isi sampai 3/4 tinggi cup kertas).
  • Kukus selama 8 menit atau cek dengan tusuk gigi, kalo tusuk gigi keluar bersih, cake siap diangkat. 
Double Chocolate Steamed Japanese Cake


Untuk Variasi Cheese MuffCake, gue pake keju yang dipotong kubus kecil-kecil plus sedikit taburan keju parut di atasnya. Panggang di dalam oven suhu 180 derajat Celcius sekitar 20 menit (waktu bisa kurang bisa lebih, ingat, cek pake tusukan gigi ya).

Cheese MuffCake


  • Resep ini untuk 4-5 kue, dengan catatan pake cup kertas yang gak terlalu besar.
  • Variasi isi yang lain bisa pake kacang mede/almond/tanah panggang, pumpkin seed, selai macem-macem seperti blueberry, strawberry, jeruk (masukin setengah adonan, sendokin selai, tutup lagi dengan adonan), meises, kismis, buah-buahan kering, dan banyaaaak lagi.

- Selamat Masak! -

4 comments:

  1. Thanks so much for trying this recipe! I'm so happy that you enjoy it. :-). It's really fast to prepare and quite healty with no butter and all. Thanks again!

    ReplyDelete
    Replies
    1. And thank you for sharing the recipe :)

      Delete
  2. Ini telur dkk dikocok sampai rata aja mba? Ga sampe ngembang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sampe rata aja. gak perlu ngembang seperti kalo bikin cake :)

      Delete