Wednesday, May 23, 2012

Orak Arik Telur + Pete

Halo, pada suka ‘pete’ gak sih? Si hijau itu, biarpun baunya 'ahem,' tapi banyak banget penggemarnya. Setiap kali nyokap gue masakin Orak Arik Telur Pete, serius, gak bisa nolak. Makan ini dengan nasi panas makan jadi lahap dan bikin ketagihan!

Bahan:
5 - 6 siung Bawang merah, iris halus
3 - 4 Bawang putih, cacah halus
Pete, belah dua (banyaknya sesuai selera)
3 - 4 Cabai merah keriting, iris.
Cabai rawit, iris (sesukanya, kalo gue bisa sampe 6 biji)
1 Tomat besar, potong kotak kecil
5 Telur ayam, kocok lepas, tambah garam sesuai selera dan sedikiiit kecap asin (gue pake Lee Kum Kee premium soy sauce)
sekitar 3sdm minyak goreng (boleh lebih kalo suka lebih berminyak)
Sejumput gula
1 - 2 sdt kecap asin

Cara buatnya:
- Panaskan minyak, goreng pete sampai matang dengan api sedang (6 - 8 menit lah). Angkat.
- Di wajan yang sama, tumis bawang-bawangan, tomat dan cabe sekaligus dengan api kecil sampai tomat agak lembut (again, 6 - 8 menit).
- Tambahkan sejumput gula sama kecap asin, aduk, langsung masukkan kocokan telur.
- Biarkan 10 detik, baru aduk pelan-pelan. Ulangi prosesnya.
- Masak sampai kematangan yang diinginkan (kalau gue suka yang gak terlalu kering).
- Cicipi. Kalo kurang asin silakan tambah garam (tambah kecap asin lebih sedep).
- Siap dimakan dengan nasi panas.




-Selamat Masak !-

No comments:

Post a Comment