Wednesday, May 23, 2012

Chocolate Pudding and Milky Sauce

Berhubung gue jarang bikin yang manis-manis, kamus desert gue gak banyak. Tapi ada satu yang dari delapan tahun yang lalu jadi andalan gue: Chocolate Pudding + Milky Sauce alias puding coklat sama vla susu. Bikinnya gampang banget!!! Resepnya juga gampang diinget. So, why wouldn’t you try this simple desert?

Bahan:
- 1 bungkus agar-agar bubuk tanpa rasa (gue pake brand ‘Swallow Globe’)
- 800cc air (gue kurangin 100cc dari anjuran di package)
- 4sdm susu bubuk
- 2sdm coklat bubuk (2 sendok penuh!)
- Gula pasir secukupnya

Cara Buatnya:
- Masukkan air ke sauce pan. Tambahkan agar-agar bubuk, aduk rata.
- Masak di atas api sedang.
- Aduk susu bubuk dengan coklat bubuk dalam mangkuk terpisah sampai rata, sisihkan.
- Kalo air udah hangat, tuang sedikit air ke dalam campuran susu+coklat bubuk, aduk rata sampai jadi pasta dan tidak menggumpal (disaranin ngaduknya pake whisk).
- Tuang pastanya ke dalam panci agar-agar sambil diaduk rata dengan whisk.
- Tambahin gula pasir sesuai selera.
- Kalo sudah mendidih (tandanya busa-busa halus sudah mulai naik)
- Matikan api. Tuang ke dalam cetakan puding. Hilangkan uap panas sebelum dimasukkan ke dalam kulkas (bukan freezer!)

Bahan Milky Sauce:
- 250ml Susu Cair
- 2sdm Tepung Maizena, dilarutkan dengan sedikit air
- Gula pasir secukupnya
- 1sdm Vanili bubuk
- Rum Essence secukupnya (optional, kalo gak suka gak pake juga boleh)
- Garam sejumput kecil

Cara Buatnya:
- Panaskan susu di atas api sedang sampai hangat.
- Tambahkan garam, vanili bubuk, rum essence, sama gula. Cicipin, apa manisnya sudah cukup.
- Sambil diaduk cepat dengan whisk, masukin larutan tepung maizena. Aduk terus sampai mengental dan agak meletup-letup.
- Matikan api, angkat. Tambahkan margarin sambil diaduk sampai rata.



*Di foto yang gue upload, gue tambahin kue mari di pudingnya. Kue mari disusun di cetakan puding rapat-rapat, terus dituangin adonan agar-agar, dan diulang sampai tiga lapis. Tapi bikinnya agak tricky, karena kalo gak hati-hati, kue mari bisa either ngambang ato malah tenggelam.

-Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)