Wednesday, May 23, 2012

Macaroni Schotel

Ini dia…salah satu masakan kebanggaan gue. Bikinnya gak susah,tapi tampak luaaar biasa.Suatu hari pernah gue bawa ke kantor and my friends loved it!Ada yang bilang rasanya mirip sama masakan hotel.  Hahahaa..ge er abis gue.Tapi memang masakan ini tampak malesin masaknya,ribet,jadi orang ngeliat kita dengan ‘wah’ kalo kita bisa bikin beginian. Kalo beli sih gak seru,mending bikin,so you can adjust it with your own taste,tambahin isi apa aja yang kamu mau.

Bahan:
- 250 gram macaroni kering (boleh yang elbow atau yang panjang kaya spaghetti), rebus sesuai petunjuk.Jangan lupa tambahin garam sama sedikit minyak ke dalam air rebusan.Angkat,tiriskan.

- 1 buah bawang bombay besar,cincang kasar.
- 2 siung bawang putih besar, cincang halus.
- 150 gram daging sapi/daging ayam cincang (daging asap atau kornet juga bisa), dimatengin dulu di wajan tanpa minyak.

- 1 buah wortel import besar diparut (optional ya,boleh dipake boleh gak),dimasak barengan sama daging-dagingannya sampai matang.

- 2sdm minyak goreng
- 1sdm margarin
- 3sdm tepung terigu
- 150ml susu cair
- 250ml air (disesuaikan aja,masukin sedikit-sedikit)
- 2sdt pala bubuk (kalo gak suka rasa pala terlalu kuat boleh dikurangi)
- 1sdt merica bubuk
- 2sdt gula pasir
- garam secukupnya
- 2 butir telur,kocok lepas
- Pinggan tahan panas atau cetakan almunium yang diolesin margarin tipis-tipis
- Keju cheddar parut

Cara buatnya:
- Panaskan minyak dan margarin dengan api sedang, tumis bawang bombay ±2 menit sampai harum, masukin bawang putih, tumis ±2 menit lagi.
- Tambahin terigu, aduk rata ±2 menit.
- Nah,ini bagian yang agak butuh ketelatenan, masukin air sedikit-sedikit sambil diaduk cepat (disaranin pake whisk/adukan kue/adukan telur).Selang-seling dengan susu sampai kentalnya sedikit lebih kental dari cream soup.
- Masukin daging-dagingan,wortel,pala,merica,garam,gula,aduk rata.Tambahin macaroni,aduk lagi.Sekarang waktunya dicicip,kurang asin,manis atau apa gitu.Kalo udah pas,masukin kocokan telur sambil diaduk cepat.Kalo udah rata,angkat,tuang ke dalam pinggan tahan panas/cetakan alumunium.Taburin keju sampai rata.
- Panggang dalam oven sampai keju agak keemasan. Angkat.
- Siap deh.



- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)