Wednesday, May 23, 2012

Ayam Kecap Jeruk Purut

Ask me what’s my favorite ingredient to cook, I’ll definitely answer: ‘AYAM!!!’
Kenapa ayam? Ayam itu lebih gampang dimasak dengan bumbu atau saus macem-macem, dagingnya gampang empuk, dan jelas lebih sehat dari daging sapi. Masak ayam juga gak harus lama, even though tergantung sama masakannya sendiri. Masakan ayam pertama yang pernah gue coba waktu SMP dulu adalah Ayam Masak Kecap. Resep awalnya diajarin tante gue. Ayam digoreng terus dimasak lagi dengan bumbu kecap. Tapi kok ayamnya agak keras ya? Dari situ gue modifikasi sedikit, dan jadi deh Ayam Masak Kecap Jeruk Purut ini. Sok atuh, dicobain hehee (’⌣’)

Bahan:
- 10 buah Sayap ayam
- 3 siung bawang putih, digeprak
- 1 sdm minyak goreng
- 2-3 gelas air (sampai ayam terendam)
- garam
- merica

Untuk ungkep ayam, panaskan minyak di wajan besar dengan api sedang, masukkan bawang putih sampai sedikit coklat. Masukkan ayam dan air. Kalau air udah panas, tambahin sedikit merica+garam. Masak ±15-20 menit, atau sampai ayam empuk. Angkat, pisah bawang putih sama kaldunya.

- 1 buah bawang bombay, iris
- Bawang putih dari ungkepan ayam,haluskan dengan sendok
- 3 sdm minyak goreng
- 1 sdt minyak wijen
- 5 sdm kecap manis
- 2 sdm saus tiram
- 2 sdt saus tomat botolan
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdt gula pasir
- garam (hanya kalo perlu,karena bumbu-bumbunya udah cukup asin)
- 1,5 gelas kaldu dari ungkepan ayam
- 1 buah jeruk purut/sambel yang agak besar (2 buah kalo jeruknya kecil), peras airnya

Cara buatnya:
- Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay sampai harum, ±2 menit. Masukin bawang putih, tumis ±1 menit.
- Tambahkan semua bumbu kecuali air kaldu dan jeruk.
- Aduk ±2 menit. Masukin kaldu,aduk rata.
- Ungkepan ayam dimasukkan, aduk rata. Masak sampai bumbu meresap dan mengental.
- Cicip dulu ya, biasanya udah asin dari bumbu, tapi kalo kurang tambah aja garam sesuai selera.
- Kalau rasa udah pas, tambahkan air perasan jeruk purut, aduk rata. Angkat.



*Untuk ungkepan ayam,bisa jadi basic untuk masakan lain. Gue biasanya ungkep ayam seperti itu dengan banyak bawang putih sebelum digoreng jadi ayam crispy.
*Air ungkepan bisa diganti dengan air kelapa untuk ayam goreng, jadinya kaya semacam ayam pop gitu,tapi si air kelapa bikin daging ayamnya jadi manis gurih plus sedap.
 
 Oke deh, SELAMAT MASAK!!!

No comments:

Post a Comment