Wednesday, February 1, 2012

Creamy Spaghetti

Halo ibu-ibu, kakak-kakak....
Kalo pas hari libur, kadang males banget yah buat masak yang aneh-aneh. Maunya yang gampang-gampang. Apalagi kalo pas di rumah lagi banyak orang. Nah, di rumah gue juga begitu. Kalo hari Sabtu atau Minggu, Mami suka males masak dan melemparkan tanggung jawab pada diriku...hum... Tapi tak apalah, itung-itung nambah pahala, betul?
Berhubung ada keponakan yang masih balita yang suka banget sama mie, kan gak mungkin yah dikasih mie instan, makanya kepikiran buat bikin creamy spaghetti. Tapi tak ada keju...eh, selama masih ada susu cair, masih bisa dibuat kok...begini nih resep gampangnya.
Bahan:
  • 1 paket besar spaghetti (LaFonte lebih enak), rebus sesuai kemasan, jangan terlalu lembek. Tiriskan. Sisain sekitar 100cc air rebusan spaghetti.
  • 1 bawang bombay, cincang
  • 2 siung bawang putih ukuran besar, cincang
  • 6 butir bakso, iris tipis (bisa diganti dengan smoked beef, beef burger, atau sosis, bebas!)
  • 50cc susu cair
  • 50 cc air
  • air perasan dari seiris jeruk nipis
  • 1 sdt merica
  • garam, secukupnya
  • 1,5 sdt gula
Cara buatnya:
  • Tumis bawang bombay sampai transparan, sekitar 2 menit, dengan api sedang. Masukkan daging-dagingan. Tumis sekitar 5 menit. Masukkan bawang putih. Tumis sampai sedikit kecoklatan.
  • Masukkan air rebusan spaghetti, air biasa, susu, garam, gula, merica dan air perasan jeruk nipis. Aduk rata.
  • Masukkan spaghetti, aduk rata. Masak sebentar sampai saus agak mengental. Angkat.
  • Sajikan panas-panas
 


*Kalo mau yang pedes, bisa tambah cabe merah kering yang diiris tipis.
*Untuk sedikit rasa rempah, boleh tambah 1 sdt oregano.
*Ditaburin keju lebih enak, tapi begitu aja udah creamy banget kok.
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment