Wednesday, December 14, 2011

The Importance of Measuring Cups

Hai teman-temen, mbak-mbak, ibu-ibu... Ada yang suka eksperimen masakan luar kah? (luar negeri maksutnya) Kalo ada, suka kebingungan gak sih ngukur bahan-bahannya kalo di resep semua ukuran ditulis dalam "cup"?

Eits, bukannya kita harus ngukur pake gelas ato cangkir yah. Tapi, cup itu ada ukurannya sendiri. Jadi, kita harus convert dulu dari ukuran cup ke gram ato cc. Tapiiiii... beda bahan beda ukuran loh dan beda negara, beda juga ukuran convertnya (hayyah...merepotkan!). Jangan sampe kejebak dan hasil eksperimen jadi gagal!

Untuk 1 cup bahan cair, ada yang bilang setara dengan 250cc. Tapi di US, 1 cup bahan cair setara dengan 236,59ml. Ada juga yang langsung ngebuletin jadi 240ml. Untuk 1 cup bahan padet juga sama. Malah gue jauh lebih sering kebingungan sama nge-convert bahan padet daripada bahan cair. Ada yang bilang 1 cup bahan padet sama aja ukurannya dengan bahan cair. Tapiiii...(again) ada di salah satu website masak (lupa namanya) yang bilang kalo measurement untuk bahan-bahan kue itu beda. (nah loh!) Di situ ditulis kalo untuk ukuran tepung, 1 cup = 125gram, dan untuk ukuran butter atau mentega, 1 cup = 227gram. Pusing gak tuuuh? Pantesan pernah bikin kue pake ukuran convert ini, tapi hasilnya tampak beda teksturnya, ngembangnya hiks...

Udah deh, akhirnya gue gak mau ambil resiko. Mulailah perburuan measuring cup. Setelah nyari di Carrefour, Mutiara Kitchen (buat yang di Bandung pasti tau tempat ini) sama di LotteMart, akhirnya di tempat terakhir itu gue gak sengaja nemu. Pas lagi ada special price pula (horee!). Gue beli cuma 20ribu. Dan setelah pake ukuran cup beneran, akhirnya semua yang gue coba berhasil dengan baik.




Bagaimana? It is IMPORTANT to have measuring cups if you love cooking western food.

-Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment