Tuesday, October 11, 2011

BUMBU DASAR

Olaaa...as promised, gue mau kasih info tentang bumbu dasar.

Bumbu dasar yang biasa gue bikin di rumah ada 2 macem, putih dan merah. Bikinnya tinggal diblender aja, gak perlu repot ngulek. Simpen di kulkas, biasanya sih bisa tahan sampe sebulan penuh. Praktis and menghasilkan a much tastier dish.

-Bumbu Putih-
Bahannya hanya 250 gram bawang putih, kupas 250 gram kemiri, goreng sampe sedikit kecoklatan 2 sdm garam.
Blender semua, simpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.




-Bumbu Merah-
3 siung bawang putih, kupas 6 siung bawang merah, kupas 10 cabe merah besar (untuk yang suka pedes boleh di combine sama cabe merah keriting) 1 buah tomat besar 1 sdm garam.
Blender, jangan terlalu halus.
Tumis dengan 2 sdm minyak, tambahkan 1 sdm gula. Tumis sampai matang ±5-7 menit dengan api sedang. Angkat, dinginkan, simpan dalam wadah tertutup di kulkas.




* Kalo masak dengan bumbu dasar ini, hati-hati dengan penggunaan garam, karena si bumbu kan udah kita kasih garam.
* Untuk bumbu putih, biasanya pemakaian dalam masak cukup 2-3 sendok makan.

Apa aja yang bisa dimasak dengan bumbu ini?

1. Bumbu Putih - Mie Goreng - Mie Rebus - Nasi Goreng - Tumis Sayuran - Sop (hasil kuah gak bening ya,kan ada kemiri)

2. Bumbu Merah - Nasi Goreng - Ayam Balado - Telur Balado - Sambal Goreng - Sambal Matang

Gampang kaaan? Kalo lagi buru-buru, tinggal ambil bumbu dari kulkas, tumis sebentar, campur sama bahan lain..Jadi deh!

-Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment