Tuesday, February 23, 2010

Orang Medan Suka "Balado Teri Kacang"

Masakan ini identik banget sama Medan, mungkin karena banyak orang Medan suka banget sama Balado Teri Kacang ini. Rasanya emang lumayan unik: pedes dari sambel balado, asin dari ikan teri, sama manis dari kacang tanah. Kalo mami masak ini di rumah, pasangannya pasti sayur daun ubi tumbuk, daun singkong yang ditumbuk sama tekokak terus dimasak pake santen. Rasanya? Nagih!!!

Bahan:

- Teri Medan 200 gram, rendem sebentar, tiriskan, terus goreng sampai garing.
- Kacang tanah 100 gram, goreng sampai mateng
- Minyak goreng ± 3 sdm
- Garam - Gula

Bumbu halus:

- Cabe merah keriting 100 gram
- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 2 siung
- Tomat 1 buah
*tips--> supaya warna merahnya bagus, kasih sedikiiit aja air jeruk nipis.

Cara bikinnya:
  •  Panaskan bumbu halus di wajan/pan, tunggu sampai airnya habis (air ini dari tomat yg dihaluskan).
  • Masukkan minyak, tumis sampai bumbu mateng ± 5-7 menit. 
  • Tambahin garam sama gula (inget, teri itu udah asin, jadi garemnya jangan banyak-banyak yaaa).
  • Kalo rasanya udah pas, masukin teri sama kacang, aduk sampe rata. 
  • Masak selama ± 2 menit. 
  • Angkat, siap deh makan pake nasi panas \(´▽`)/ 

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment