Thursday, October 29, 2015

Dirt Chocolate with Worms alias Tanah Cokelat plus Cacing (Mirip Dessert Cacing-Cacingan Yang Lagi Trend!)

Akhir-akhir ini banyak yang jual dessert cacing. Iya, cacing. Wadahnya pake semacam pot, diisi semacam tanah (ada yang pake custard, puding, cokelat granule, dan sebagainya), ditambah gummy worm atau  jelly yang dibikin panjang-panjang biar mirip cacing.
Pada suatu hari, gue liat Ochikeron bikin resep ini. Lalu pengen nyoba. Iseng-iseng nanya ke keponakan gue, Natan: "Mas, mau dibikinin ini gak?" Awalnya gak mau. Gak tau kenapa, besoknya justru Natan jadi semangat dan terus-terusan nagih minta dibikinin.
Akhirnya, di sela-sela sibuk kerja sama sibuk jadi asisten nanny buat jagain adeknya Natan yang masih baby, gue bikin juga. As usual, ada sedikit penyesuaian, gak plek sesuai sama resep asli. Tapi jadinya enak kok. Chocolate lovers would love this, I think.

* Resep ini cuma buat satu gelas kecil dessert (gelas mini buat puding yang suka dipake katering-katering itu looh).

Bahan Custard:
1 sdm gula palem (biar gak terlalu manis, tapi takaran gula sesuaikan selera aja)
1 sdm cokelat bubuk
1 sdm tepung terigu
1/4 sdt kopi bubuk
sejumpuuut garam
100ml susu cair (full cream lebih enak)

Bahan Pelengkap:
6 biskuit Oreo, hancurkan.
Yuppi gummy worm, atau permen jelly apapun yang disuka

Cara Membuat:

  • Di dalam panci saus, ayak cokelat bubuk, tepung terigu, kopi bubuk. Tambahkan gula palem sama garam, aduk rata.
  • Masukkan susu cair, aduk rata.
  • Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai campuran kental, angkat, pindahkan ke dalam mangkuk, tutup dengan plastik tapi pastiin plastiknya nempel di permukaan custard, dinginkan di dalam kulkas.
  • Setelah custard dingin, waktunya menyusun dirt cup.
  • Sendokin 2 sdt custard ke dalam gelas puding, masukkan 1-2 sdt bubuk oreo, tambah custard lagi, pokoknya selang-seling sesukanya tapi pastiin oreo ada di bagian paling atas. 
  • Sisipin gummy worm atau permen jelly apa aja.
  • Masukin kulkas lagi kira-kira 15-20 menit. 
  • Siap dimakaaaan.


Waktu motret ini di luar udah gelap, hampir Maghrib. So please excuse the overly bright flash.


  • Untuk hasil Oreo yang lebih mirip tanah, buang krimnya dan tumbuk sampai halus atau pake food processor. Gue gak punya banyak waktu, so this will have to do. 
  • Kopi boleh dipake atau gak. Gue pernah denger kalo nambahin kopi ke cokelat bikin rasa cokelat lebih cokelat, but it's really up to you. 
  • Di resep asli, Ochikeron pake telur untuk adonan custardnya. Memang hasil akhir lebih creamy, tapi gue lebih suka custard yang gak pake telur. 
  • For the original recipe, check out Ochikeron's Dirt Chocolate with Worms video here. She got lots of cute Halloween recipe, too. Not that I celebrate Halloween, tapi buat lucu-lucuan, buat bikin anak-anak betah makan masakan rumah, boleh dong kreatif sedikit. ;)
-Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)