Monday, March 30, 2015

Roti Tawar Homemade


Roti tawar itu makanan yang disukai semua orang, at least in my house. Roti tawar bisa dibikin snack manis, pake meises, selai, dll., atau dibikin sandwich yang mengenyangkan buat sarapan or makan siang. Di rumah gue, semua suka roti tawar jadi hampir setiap hari di rumah pasti ada persediaan roti tawar. Terus kepikiran aja, kenapa gak cobain bikin sendiri sih? Bukan buat sepenuhnya ngilangin kebiasaan beli roti tawar, cuma sekali-sekali kayaknya oke bikin roti tawar sendiri yang enak dan sehat because we know every single thing we put in it (or not), no pengawet for sure!
Awalnya mikir, bikin roti tawar itu pasti susah. Tapi suatu hari gue liat website Dinner With Julie setelah liat-liat Pinterest, dan baca post tentang Julia Child's White Sandwich Bread. Lalu gue mikir, kayaknya gak susah deh. Setelah scroll liat-liat komennya, semua orang bilang sukses bikin roti tawarnya sekali coba. Tertantang dooong, you know me... Besoknya gue langsung sibuk-sibuk di dapur.
As usual, ada sedikiiit twist yang gue tambahin ke resep ini demi memperkaya rasa dan bikin rotinya jadi sesuai selera gue. Hasilnya, puas..puas...puaaas! Sekali coba langsung sukses dengan gemilang hohoho... Roti ini bukan tipe roti bule yang crusty atau keras di luar dan chewy di dalem. Justru roti ini miriip banget sama roti klasik yang dijual keliling pake sepeda kring kring yang tiap sore lewat di depan rumah. Cocok banget kalo buat diisi jadi sandwich atau pake selai dan di panggang. Mom loves it so much sampe-sampe nyuruh gue bikin lagi dan lagi dan lagi.
So, kalo pada suatu hari pada punya waktu luang and up for a challenge, or just wanna do some weekend baking, why not bake a loaf of bread?

Bahan:
1 1/4 cup air hangat
1/2 sdm yeast (atau orang dulu bilangnya Fermipan, which is actually the name of the brand)
1/2 sdm gula pasir
3 cup tepung terigu segitiga (plus 1/4 cup untuk jaga-jaga kalo adonan terlalu lengket)
1 sdt garam
3 sdm susu bubuk
1 sdm penuh butter atau margarin cake and cookie

Peralatan:
Mixer dengan adukan roti
Loyang loaf (yang bentuknya memanjang dan pinggirannya agak tinggi), oles margarin atau mentega sampai ke pinggirannya juga.
(Karena gak punya loyang loaf, gue pake pirex yang bentuknya persegi panjang)
PS: Pastiin loyangnya agak besar ya, coz this recipe makes one pretty big loaf of bread.

Cara Membuat:

  • Di mangkuk, campur 1/4 cup air hangat, yeast sama gula pasir, biarkan 5-10 menit sampai yeast berbusa. Inget, kalo yeastnya gak berbusa, itu artinya udah gak bagus lagi. Untuk bikin roti, pastiin selalu pake yeast yang baru dibuka, ato setidaknya belum lama dibuka.
  • Di wadah lain, aduk tepung terigu, garam dan susu bubuk.
  • Masukkan air campuran yeast dan sisa air ke dalam wadah mixer. Tambahkan setengah campuran terigu, aduk dengan kecepatan rendah selama 5 menit. Tambahkan sisa terigu dan mentega, pindahkan ke kecepatan tinggi. Aduk terus sampai tercampur rata dan mulai kelihatan lembut. Biasanya sih sekitar 10-15 menit. Kalo perlu, scrape atau bersihkan pinggiran wadah mixer dari terigu yang nempel supaya semua teraduk rata.
  • Nah, di sini, kalo adonan masih keliatan lengket banget dan belum lembut, tambahin setengah dari 1/4 cup ekstra terigu. Kalo masih juga lengket, tambahin sisanya. Hasil akhir adonan masih sedikit lengket tapi gak sampe nempel dan berantakan ke mana-mana.
  • Matikan mixer, uleni sekitar 5 menit dengan tangan lalu bulatkan. Balikin lagi ke wadah mixer, tutup dengan serbet bersih dan diamkan selama 1-1.5 jam atau sampai mengembang dua kali dari ukuran semula.
  • Kempeskan adonan. Jangan ditinju! Cukup tekan-tekan pake ujung jari sampai gasnya keluar semua.
  • Dengan ujung jari, pelan-pelan pipihkan adonan jadi bentuk persegi panjang. Tinggi adonan samakan dengan tinggi loyang yang mau dipake. Lipat pinggir kiri sisi adonan yang lebar ke tengah, timpa dengan sisi kanan. Masukkan ke dalam loyang, sisi yang ada lipatannya di bawah.
  • Tutup lagi dengan serbet dan biarkan mengembang sekitar satu jam. Di sini nih kubah roti tawar khas yang mirip jamur itu kebentuk.
  • Panaskan oven sampai 180 derajat Celcius. Kalo pake oven gas, taruh rak di tengah-tengah. Kalo pake oven listrik kecil kaya gue, taruh rak di paling bawah, karena adonan roti nantinya bakal mengembang lumayan tinggi. 
  • Panggang roti 30-35 menit sampai bagian atasnya kecokelatan.
  • Angkat, langsung keluarkan dari loyang dan dinginkan sebelum dipotong.





  • Kalo bingung sama penjelasan gue tentang lipat-lipat, coba liat gambar yang (too) simple ini. Ignore the bad photoshop skill :p



  • Gue pernah nyobain bikin roti isi meises cokelat dan cinnamon rolls mini pake sisa adonan roti ini. I think it's delicious. Kalo kerjaan rada lowong, nanti gue share resepnya variasi rotinya ya!
  • For original recipe (and step by step pictures) visit Dinner With Julie's Julia Child's White Sandwich Bread.
- Selamat Masak! -

4 comments: