Friday, December 7, 2012

Kuah Bening --> Pas Buat Musim Hujan

Musim ujan akhirnya dateng juga. Di tempat gue, di Bandung, udara udah dingiiin banget hampir setiap hari. Kalo udah begini maunya makan yang anget-anget terus tiap hari. Mie bakso, bakso malang, mie kocok, soto... Ah... Macem-macem deh.
Resep yang mau gue share hari ini sebenernya semua orang pasti tau, basic banget. Tapi kadang ada yang lupa ato gak kepikiran buat bikinnya. Kenapa gue tulis Kuah Bening di judulnya? Karena isinya bisa apaaaa aja... sesuai kreasi sama kesukaan masing-masing. Di sini gue bikin yang paliiing simpel.
Yuk ah, langsung nyobain aja.

Bahan (untuk 2 porsi):
600ml air atau kaldu
1 bawang putih cincang, tumis sebentar sampai sedikit kecoklatan
1 sdm kecap ikan
1 sdt minyak wijen
1 sdt gula pasir
1 sdm bawang merah goreng
Garam
Merica
Cabe rawit digerus atau potong-potong
6-10 butir bakso sapi, di kerat silang
6-10 butir bakso tahu
Satu ikat sawi hijau yang d potong-potong
Jeruk nipis atau cuka

Cara Buatnya:
- Jerang air di atas api, masukkan tumisan bawang putih, bawang goreng, cabe rawit, dan semua bumbu.
- Setelah mendidih, masukkan bakso dan bakso tahu. Masak sampai bakso matang.
- Icip dulu kuahnya, kalo udah oke, masukkan sawi. Masak 1-2 menit.
- Sebelum dihidangkan, tambah air perasan jeruk nipis atau cuka.
- Enak pake nasi, mie basah, atau bihun.


* Untuk variasi isi, bisa bakso ikan/udang/cumi, sosis, udang, tahu/tofu
* Untuk variasi sayur bisa sawi putih, jamur
* Kecap ikan takarannya bisa ditambah kalo suka, bawang putih juga sama.
- Selamat Masak ! -





 

No comments:

Post a Comment