Tuesday, November 20, 2012

Simple Creamy Mashed Potatoes

I LOVE POTATOES!!! Gue suka banget kentang. Mau digoreng, dipanggang, direbus, kentang kentang bisa dibikin apa aja dan tetep enak. Cemilan oke, makanan berat pun oke.
Karena sekarang deket-deket Thanksgiving, cooking channels di YouTube udah mulai lomba-lomba post resep buat Thanksgiving dinner. Menu typicalnya adalah roasted whole turkey, mashed potatoes sama gravy, plus side dishes salad ato sayur-sayuran panggang.
Setelah liat-liat resep itu jadi ngiler sama mashed potatoes. Langsunglah gue pengen nyobain bikin pake resepnya Laura Vitale.

Terus, gue inget, kakak ipar plus temen-temen gue yang udah punya anak biasanya seneng bikin mashed potatoes buat anak-anaknya, dan anak-anaknya pun seneng makan masakan simple ini. Memang ada yang instan, tapi jauh deh rasanya sama sehatnya sama kalo bikin sendiri!

So, buat yang belum tau ato pengen tau cara lain bikin mashed Potatoes, yuk kita eksperimen....

Bahan:
- 2 atau 3 kentang ukuran sedang, kupas, cuci bersih, potong-potong dadu besar.
- 150 - 200 ml susu cair
- 1 sendok teh butter atau margarin
- garam dan merica sesuai selera

Cara Buatnya:
  • Untuk kentang, kita rebus dulu sampe empuk. Masukkan kentang ke dalam panci, isi air sampai kentang terendam semuanya. Nyalakan api besar, rebus sampai kentang empuk. Tiriskan.
  • Gunakan panci yang sama dengan yang dipake untuk merebus kentang (airnya udah dibuang loh ya...). Masukkan susu dan butter atau margarin, panaskan dengan api sedang hanya sampai susu hangat dan butter atau margarin cair. Inget ya, jangan sampai mendidih. Kalau udah hangat, matikan api.
  • Masukkan kentang, haluskan pake sendok kayu atau potato masher. Bumbui dengan garam dan merica sesuai selera.
  • Jadi deh...


  • Susu yang dipake bisa lebih banyak atau sedikit, tergantung dari seberapa lembut kita suka hasil mashed potatoesnya nanti.
  • Kalo pengen ekstra creamy buat anak-anak, tambah sedikit keju parut cocok juga tuh.
  • Untuk yang lagi diet, resep ini gak berbahaya loh, malah bisa dipake buat gantiin nasi. Ganti susu yang dipake dengan yang low fat, terus kalo gak bisa nemu margarin atau butter low fat gak usah dipake aja. Kentangnya direbus, jadi gak dapet tambahan lemak jahat seperti kalo digoreng.
  • Cocok banget makan ini pake ayam panggang, spicy chicken wings, steak. Plus tambahan sayur-sayuran rebus atau panggang.

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment