Monday, September 24, 2012

Serba Serbi Nasi Goreng

Nasi goreng kayaknya termasuk makanan nusantara yang banyak penggemarnya ya? Selain roti, kalo pengen sarapan agak berat biasanya pilihan jatoh ke nasi goreng. Bikinnya gampang, rasanya enak dan mengenyangkan sampe makan siang.
Buat anak kos, nasi goreng termasuk salah satu makanan penting (selain mie instan). Kalo bosen sama menu yang dijual di sekitar tempat kos, biasanya pilihan paling gampang ya nasi goreng. (pengalaman pribadi sebenernya hehehe)
Tapi kadang bosen juga makan nasi goreng kalo rasanya itu itu melulu. Padahal variasi rasa yang bisa kita masukin ke menu sederhana kaya nasi goreng itu banyaaak banget. Selain rasa dari bumbu, pastinya kita juga bisa nambahin rasa dari bahan pelengkapnya, misalnya daging-dagingan, telor, seafood atau sayur.
Buat referensi nih, gue bakal post beberapa variasi nasi goreng favorit yang sering gue bikin di rumah.


Bumbu
 Memang banyaak banget bumbu instan nasi goreng yang dijual di supermarket. Walaupun ada beberapa brand yang enak, tapi gue lebih suka bikin bumbu sendiri. Males? Bikin bumbu nasi goreng itu gampang kok. Memang perlu beberapa menit buat preparasi, kaya misalnya motong-motong atau bahkan ngulek. Tapi hasilnya... beneran deh, jauh lebih juara dari yang instan. 

Nasi goreng bawang putih. Berhubung gue suka banget sama bawang putih, bumbu nasi goreng yang satu ini sering banget gue bikin buat sarapan. Rasa bawang putihnya lumayan kuat, jadi memang perlu tau dulu seberapa suka kita dengan rasa bawang putih sebelum nyobain resep ini. Yang diperluin untuk satu porsi nasi goreng ini gampang banget:
  • 1 siung bawang putih besar di cincang halus (atau diulek halus buat yang gak suka potongan bawang putihnya kekunyah).
  • 1 cabe rawit besar, cincang halus (kalo gak suka pedes bisa ganti dengan cabe merah biasa atau gak pake cabe sama sekali)
  • Daun bawang diiris halus.
  • Pas masak tinggal tambah kecap ikan, garam sama merica aja.

Nasi Goreng Bawang Putih

Nasi Goreng Terasi. I love terasi! Selain dicampur ke dalam sambel, gue juga suka banget terasi dimasak jadi bumbu nasi goreng. Karena gue suka terasi, jadi gue memang pakenya agak banyak, tapi sedikit juga gak apa-apa kok, yang penting aroma dan rasa terasinya ada. Jangan lupa, selalu pake terasi yang udah dibakar ya....
  • 1 sendok teh terasi bakar, hancurkan dengan punggung sendok.
  • 1 cabe merah besar dan 2 siung bawang merah dihaluskan.
  • 1-1,5 sdt kecap manis atau sesuai selera.

Nasi Goreng Terasi

Nasi Goreng Kampung. Sebenernya sih gak jelas kenapa dinamain nasi goreng kampung, tapi sejauh yang gue tau, kebanyakan orang memang nyebut nasi goreng kencur ini dengan nasi goreng kampung. Untuk bumbu gak jauh beda sama nasi goreng terasi, bedanya ya memang cuma di kencurnya aja.
  • 1 ruas jari kencur (yang agak muda lebih enak), dicuci bersih.
  • 2 cabe merah.
  • 1 cabe rawit besar. 
  • 2 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih ukuran kecil.
  • Semua bahan di atas diulek halus atau diblender dengan blender bumbu. Kalo males ngulek atau gak ada blender bumbu, cukup cincang halus pake pisau :D
  • Jangan lupa tambahkan 1-1,5 sdt kecap manis.

Nasi Goreng Kampung



Nasi Goreng Hijau. Yup, warna nasi goreng ini memang ijo. Yang unik dari nasi goreng ini memang rasa cabe ijonya yang dominan dan taburan terinya yang renyah. Mantap!
  • 2 cabe hijau, buang bijinya.
  • 2 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih kecil.
  • 1 cabe rawit hijau.
  • Semua bahan diblender sampe halus.
  • Goreng teri nasi sampai garing, jadikan taburan di atas nasi goreng.

Nasi Goreng Hijau



Nasi Goreng Kunyit. Ada yang ijo, ada juga yang kuning. Kalo nasi goreng kunyit ini sebenernya dari resep nenek gue yang suka bikin nasi campur jeroan ikan. Tapi... karena gue gak doyan makan ikan air tawar, jadinya mami ganti jeroan ikan dengan ati ampela ayam yang udah direbus pake jahe. Nasi goreng ini tradisional banget rasanya, sampe-sampe gak nahan untuk gak bikin plating pake daun pisang :D
  • 1/2 ruas jari kunyit, kupas.
  • 2 siung bawang merah.
  • 1 siung bawang putih kecil.
  • cabe rawit secukupnya.
  • Ulek semua bumbu sampe halus.
  • Tumis bumbu dengan 1 batang serai yang dimemarkan sama 1 lembar daun salam sampai matang.
  • Pas nasi goreng rasanya udah pas, matikan api, masukin daun kemangi yang udah dicuci bersih dan dikeringkan, aduk rata. Panas nasi bakal bikin daun kemangi sedikit layu. 

Nasi Goreng Kunyit

 Variasi Isi
Untuk nasi goreng, variasi isinya memang hampir gak terbatas ya. Pasti semua udah punya ide sendiri-sendiri, but I'm gonna put my own ideas anyways... siapa tau bisa bantu pas lagi buntu :D

Daging-dagingan

  • Daging ayam goreng/rebus yang disuwir. Bisa dari ayam goreng atau dari soto ayam sisa kemaren.
  • Daging sapi yang dipotong-potong. Bisa dari sisa semur atau rendang.
  • Daging cincang.
  • Udang.


Udang


  • Cumi.
  • Ikan fillet.
  • Ikan asin.
  • Kornet.
  • Nugget (digoreng dulu)
  • Bakso (sapi, ayam, ikan, cumi)
  • Sosis.
  • Beef burger.
  • Smoked beef/chicken.
Sayur-sayuran
  • Jagung.
  • Kacang polong (kalengan atau beku)
  • Frozen mix vegetables.
  • Wortel.
  • Sawi putih.
  • Sawi hijau.
  • Jamur kancing atau jamur kipas (tumis dulu dengan sedikiiit minyak sampai mateng).
  • Brokoli (direbus 1-2 menit dalam air mendidih yang dikasih garam).

Banyak banget eksperimen yang bisa kita cobain hanya dari satu menu simple. Nasi goreng, semua orang tau dan pasti bisa bikin. Nasi goreng yang bervariasi? Nah, udah waktunya kan berhenti bikin nasi goreng yang itu itu aja. Yuk ah, cobain buat sarapan besok ;)


- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment