Sunday, April 29, 2012

Pie Crust Complicated No More

Hello! maaf ya, perlu waktu yang lamaaa banget sebelum gue menuhin janji untuk post cara buat kulit pai alias pie crust yang mudah bin mudah. Gue nemuin resep ini waktu Mami bawa pulang pumpkin yang guedeeee banget, terus tiba-tiba kepikiran pengen bikin pumpkin pie. Langsung deh browsing-browsing di Youtube nyari resep kulit pai yang gak susah. Dan akhirnya, di channel Betty's Kitchen gue nemuin resep kulit pai yang gak terlalu susah. Nah, are you all ready for the journey towards the best homemade pie crust? Here's the recipe.

Bahan-bahannya:
1 1/2 cup  self rising-flour
1/2    cup  butter/margarin, dinginkan sekitar 10-15 menit di dalem kulkas
4-5   sdm  air dingin (air es)

Peralatan yang digunakan:
Mangkuk besar/baskom bersih dan kering
Pastry blender/2 buah garpu
Rolling pin/alat penggiling (bisa pake botol kaca, misalnya botol sirup, yang bersih)
Plastik ukuran besar/kertas roti
Loyang pai sesuai resep

Cara Buatnya:
  • Di mangkuk/baskom, masukkan tepung. 
  • Tambahkan butter/margarin. Hancurkan butter/margarin dengan pastry blender/garpu sambil diaduk dengan tepung sedikit demi sedikit. Terus aduk sampai teksturnya seperti susu bubuk tapi lebih kasar dan butter/margarin udah tercampur semuanya.
  • Percikkan air dingin 4 sdm dulu, sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk. Kalo adonan masih agak kering atau belum kalis, boleh tambah lagi airnya satu sendok demi satu sendok. Tekstur yang kita cari itu mirip dengan play dough atau lilin malam yang baru dibuka dari kemasan (inget mainan jaman dulu? hehehe), bentuk bulat/bola.
  • Siapkan meja atau counter dapur yang sudah dibersihkan, gelar plastik atau kertas roti. Taburin sedikiiit aja terigu. Taruh adonan di atasnya sambil ditekan-tekan sedikit sampai sedikit gepeng. Lipat kertas roti/plastik sampai menutupi adonan, mulai gilas adonan dengan rolling pin sampai sekitar setengah cm tebalnya dan lebarnya sekitar 3-5cm lebih lebar dari loyang yang dipakai.
  • Pindahkan adonan ke atas loyang, rapikan pinggir-pinggirnya, tekan-tekan sedikit. Kalo ada yang robek atau pecah, bisa di oles air sedikit terus ditekan-tekan sampai lubang menutup. Potong bagian yang lebih dengan gunting atau pisau.
  • Kalau resep painya mengharuskan kulit untuk dipanggang sampai matang baru di isi, jangan lupa tusuk-tusuk kulit pai dengan garpu, alasi dengan kertas roti dan taruh sedikit kacang hijau di atasnya. Ini supaya kulit pai gak gembung atau bergerigi permukaannya. Panggang di oven dengan suhu 250 derajat Celcius selama sekitar 10 menit.
  • Kalau menurut resep isi pai langsung dituang, tinggal tuang terus panggang sesuai resep.
  • Jadi deh! :D


* Untuk self raising flour, kalo gak bisa nemu, bisa dibuat sendiri dengan campurin 1 1/2 sdt baking powder plus 1/2 sdt garam setiap  1 cup tepung terigu. Untuk resep ini gue pake 1 3/4 sdt baking powder plus 1/2 sdt garam.
* Loyang yang enak banget dipake untuk bikin pai itu loyang bongkar pasang. Loyang besar yang gue pake itu bisa dibuka bawahnya, jadi pai yang udah jadi bisa dibuka dari loyang dengan mudah. Atau untuk yang lebih praktis, bisa pake cetakan dari alumunium foil yang udah banyak dijual di supermarket, seperti cetakan yang gue pake untuk pai yang kecil di sebelah kiri (lihat gambar).
* Untuk video guide, klik aja Betty's Kitchen Homemade Pie Crust Recipe.

- Selamat Masak!-

No comments:

Post a Comment