Tuesday, July 26, 2011

Churros

Inspirasi buat masak ato nyobain resep baru bisa dateng dari mana aja. Nonton film, baca majalah, atau dari obrolan bareng temen. Untuk resep yang satu ini, gue dapet inspirasi dari game. I am a fan of game with cooking theme. Nama gamenya sih lupa ‎​(―˛―") tapi yang jelas ada nama si 'Churros' ini di situ.

Churros adalah satu jenis kue populer yang berasal dari Mexico (ada juga yang bilang dari Spanyol). Sebenernya adonan kue ini sama dengan kue choux atau sering kita sebut sus yang digoreng. Gak susah, beneran. Cobain deh, itung-itung latihan buat bikin kue sus. Enak juga kok dimakan anget-anget buat buka puasa.

Bahan:

Minyak goreng yang banyak
240  cc  air
4     sdm  margarin/mentega
1/4  sdt  garam
130 gr   tepung terigu
3    btr   telur ayam (ukuran kecil) dikocok sampai tercampur rata 

Untuk taburan:

Gula tepung secukupnya
1/4 sdt kayu manis bubuk

Cara Membuat:

- Dengan panci yang agak tebal, panaskan air, margarin/mentega dan garam di atas api kecil sampai mulai mendidih.
- Masukkan tepung terigu sambil diaduk cepat dengan whisk sampai adonan mengumpul membentuk bola, angkat dari api.
- Masukkan kocokan telur sambil terus diaduk sampai rata.
- Tunggu adonan sampai agak dingin.
- Masukkan spuit/semprit berbentuk bintang besar ke dalam piping bag (plastik semprit), gunting ujungnya.
- Panaskan minyak goreng di api kecil. Tekan adonan dalam piping bag membentuk panjang ±10cm, gunting ujungnya. Balik satu kali kalau bagian bawah sudah kuning kecoklatan. Kalau warnanya sudah rata, angkat, tiriskan. Ulangi sampai adonan habis.
 - Taruh Churros di atas piring saji, taburi gula bubuk dan kayu manis bubuk.



*Kalo gak ada piping bag, bisa pake plastik bening biasa. Gunting sedikit salah satu ujungnya.
* Kalo gak ada semprit bentuk bintang, gak pake juga gak masalah sih, tapi kurang cantik. Sempritan banyak kok dijual di toko kue.
* Kayu manis bubuk optional ya, kalo gak suka rasanya gak usah dipake.
* Untuk Mommy, Bunda, Ibu, Mama yang punya anak kecil, taburan Churros bisa ditambah susu bubuk Milo, jadi lebih yummy

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment