Sunday, May 17, 2015

Devil's Food Cake: Cake Cokelat Yang Super Cokelat dan Gampaaaaang Bikinnya!

Hari Kamis tanggal 15 Mei kemarin was my birthday. Karena menurut keponakan gue ulang tahun itu harus ada kue, gak rame kalau gak ada kue katanya, jadi biar sibuk gila-gilaan gue sempetin bikin kue.

Berapa hari sebelum hari-H gue ngobrak-ngabrik internet nyari resep cake yang gampang, gak ribet tapi pasti semua orang suka. Ngeri sendiri deh liat resep-resep butter cream frostingnya. Butter 300 gram ditambah gula bubuk 500 gram? Apa? Gak kemanisan tuh? As you know, gue termasuk yang gak suka makanan yang terlaluuuu manisnya. Setelah berapa hari cek sana cek sini, dapet deh resep yang takarannya lebih masuk akal dalam masalah gula, dan caranya gampang plus gak ribet.
Resep Devil's food cake ini gue dapet dari websitenya Nigella Lawson. Tau dong Nigella? Dulu gue sering nonton acara masaknya Nigella, karena dia bukan tipe yang lebih mentingin masak cantik, tapi masak enak. Berhubung gue juga paling gak bisa bikin makanan yang cantik-cantik, her cooking fits me like a glove.

Kenapa ya disebut Devil's Food Cake? Kalo menurut gue karena rasanya yang cokelat banget, menggiurkan, jadi mirip godaan setan yang terkutuk. Kuenya moist dan crumbly, gak sepadat pound cake tapi I think teksturnya pas banget buat kue berfrosting, dan cokelatnya manis tapi ada after taste pahit khas dark chocolate. Dan frostingnya yang cokelat banget itu....OMG...bikin gak bisa berhenti nyolek-nyolek cokelatnya. Oops....

Gue bikin kuenya sehari sebelumnya supaya gak repot. Pagi-pagi pas hari H tinggal bikin frosting sama ngehias aja. Makes life much easier.

Frosting di kue ini pake frosting cokelat dan butter. Menurut gue tekstur jadinya mirip banget sama butter cream yang dikocok biasa sih, tapi lebih rich dan lebih cokelat karena banyak pake dark cooking chocolate. Walau sempet deg-degan karena si frosting kentelnya lumayan lama, tapi worth it banget. My best friend's mom even said: "Kayak kue yang beli di toko kue." Kyaaa...langsung geer gila-gilaan hahahaha....

Buat pemula, gue rasa ini cake yang cocok. Bikinnya gampang, gak ribet, gak perlu teknik khusus buat bikin cake-nya atau bikin frostingnya.
Ayok, kasih kado buat your loved ones yang mau ulang tahun atau buat ngerayain anniversary pernikahan. Kalo kuenya bikin sendiri pasti maknanya lebih dari sekadar beli di toko. Trust me! Pertanyaannya adalah: berani coba gak?

Bahan Kue:
75 gram cokelat bubuk (gue pake merek Windmolen)
150 gram gula palem
375 cc air mendidih
185 gram butter (gue pake Orchid Butter)
225 gr gula pasir
338 gr tepung terigu
3/4 sdt baking powder
3/4 sdt baking soda
3/4 sdt vanili bubuk
3 butir telur

Peralatan:
3 Loyang bulat yang tidak terlalu tinggi ukuran 20 cm, oles mentega dan lapisi bawahnya dengan kertas roti
Mixer

Cara Membuat:

  • Panaskan oven suhu 180 derajat Celcius.
  • Campur cokelat bubuk dan gula palem dengan air mendidih, aduk sampai gula larut, sisihkan.
  • Aduk terigu, baking powder, baking soda, vanili bubuk, sisihkan.
  • Kocok butter dengan gula pasir dengan mixer pake speed tinggi sampai butter halus dan warnanya pucat, kurang lebih 5-6 menit.
  • Kecilin speed mixer, masukkan telur, dan langsung sendokin campuran terigu sampai habis dan tercampur rata.
  • Tuangkan campuran cokelat, kocok sampai adonan rata, gak ada putih-putihnya lagi. 
  • Bagi tiga adonan ke dalam loyang yang udah disiapkan. Panggang selama 30 menit atau sampai pas ditusuk tusukannya bersih dari adonan. Angkat, dinginkan.


Oke, step one, bikin kuenya udah selesai. Pas hari H tinggal bikin frosting.

Bahan Frosting:
185 ml air
45 gr gula palem
225 gr butter
450 gr dark cooking chocolate(gue pake Colatta)

Peralatan:
Whisk atau kocokan kawat
Pisau frosting (pisau tumpul ujungnya bulat khusus frosting)
Kalau gak ada, pake sendok karet buat bikin kue biasa aja

Cara Membuat:

  • Panaskan air, butter dan gula palem dengan api kecil sambil sebentar-sebentar diaduk sampai mulai bubbling atau muncul gelembung-gelembung sebelum mendidih. Angkat dari kompor.
  • Tambahkan dark cooking chocolate, biarkan 1-2 menit sampai cokelat mulai leleh.
  • Aduk pakai whisk sampai cokelat leleh semuanya dan adonan mengilap.
  • Biarkan 1-2 jam mulai lebih padat seperti butter cream. Jangan lupa sesekali diaduk supaya gak menggumpal.
  • Kalo kaya gue, waktu cuma sedikit dan deg-degan takut gak jadi frostingnya, begitu uap panas hilang dan adonan udah mulai dingin, masukin kulkas aja. Tapi tetep sesekali aduk ya.
Nah, setelah frosting jadi sekarang kita susun.

  • Gue pake piring kue yang bisa muter-muter, tapi kalo gak ada piring besar aja sesuai ukuran kue. Langsung piring saji ya, Susah dipindah-pindahin loh kalo gak begitu.
  • Taruh satu kue dengan bagian atas menghadap ke bawah. Olesi frostingnya.
  • Tutup dengan satu lagi kue, bagian atas menghadap ke bawah. olesi lagi frosting.
  • Terakhir, tutup dengan kue ke tiga, posisi normal, yang atas menghadap ke atas. 
  • Tutupi seluruh permukaan dan pinggiran dengan frosting.
  • Hias sesuai selera. Gue pake permen mini warna-warni sisa menghias donat :)
  • Jadi deh kue ulang tahunnya. Dimasukin ke dalam kulkas dulu sebentar supaya frosting set dan memang dingin lebih enak.




Moist, chocolaty three-layered cake


  • Aslinya Nigella bikin kue ini dua lapis doang. Tapi karena menurut gue kurang tinggi, gue tambah satu lapis lagi.
  • Berhubung oven gue kecil, gue bikin kuenya satu-satu. Resep dari Nigella gue bagi dua jadi takaran setengah resep itu sama dengan satu loyang kue. Jadi gue bikin tiga kali setengah resep. 
  • Sedikit cerita behind the scene gue. Perhatiin deh foto cake yang udah di potong. Kalau jeli, pasti pada lihat tekstur kue lapisan paling bawah beda sama dua lapisan kue di atasnya. Jadi ceritanya, pas bikin pertama kali, gue salah nakar telor. Gue masukin dua telor dan bukannya satu. Jadinya tekstur kue lebih padat dari yang seharusnya, gak terlalu crumbly. Gak gagal sih, rasa tetep sama, cuma beda tekstur doang. So, salah-salah dikit gak usah bikin kapok, gak usah bikin jiper. Jangan takut gagal. Hajar aja!
  • Kalo punya banyak waktu dan gak mau bikin kuenya dibesokin begini saran gue. Bikin dulu frostingnya. Setelah itu baru bikin kue, sambil sesekali ngaduk frosting. Jadi, begitu kue udah betul-betul dingin dan bisa dioles frosting, frosting juga udah jadi.
  • Kalo bikin untuk anak-anak, here's an idea: dark cooking chocolate untuk frostingnya diganti pake milk chocolate. Tapi, hati-hati sama gulanya, karena milk chocolate lebih manis dari dark chocolate dan gak punya rasa pahit buat ngimbangin manisnya gula, jadi takaran gula sesuaikan ya. 
  • Kalo ada yang ngerasa, enek banget gak sih cokelat semua? Bisa divariasiin kok.
  1. Toppingnya pake stoberi.
  2. Bikin frosting setengah resep aja. Untuk layer-layer kuenya gak dioles cokelat tapi selai buah.
  3. Layernya bisa dikombinasi, satu cokelat, satu buah.
  4. Layernya kombinasi whipped cream dengan buah-buahan yang asem manis.
  • Untuk hiasan, use your imagination. Banyaaak banget ide yang bisa dipake.
  1. Pake permen warna-warni M&M's atau ChaCha.
  2. Pinggirannya pake Pocky aneka rasa.
  3. Tambahin buah-buahan.
  4. Pake meises warna-warni.
  5. Kacang mede atau almond panggang.
  6. Bola-bola cokelat atau cokelat koin.
  7. And plenty, plenty more.

1 comment:

  1. Terimakasih Artikel Devil's Food Cake: Cake Cokelat Yang Super Cokelat dan Gampaaaaang Bikinnya! nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Resep Kue Kering Lebaran

    ReplyDelete