Sunday, June 9, 2013

Budget Molten Lava Cake with Peanut Butter Filling (Using Cocoa Powder)

Phew judulnya panjang banget ya?
It's been a while since my last post. Gue lagi sedikit sibuk sama side project gue, masih berhubungan sama makanan, but can't tell you anything about it yet ;)
Menu kita hari ini adalah a very yummy chocolate dessert. Namanya Molten Lava Cake alias Chocolate Molten Cake alias Chocolate Fondant Cake, macem-macem deh sebutannya.
Warning dulu nih sebelumnya, cake ini basically cake yang setengah jadi, mateng bagian luar tapi masih setengah mateng bagian dalemnya. However, menurut gue rasanya luaaar biasa mantap.
Aslinya Molten Lava Cake dibuat pake cokelat masak yang dicairkan. Tapi gue mau kasih liat resep Budget Molten Lava Cake alias resep yang cukup ramah di kantong. Sebagai ganti cokelat masak, gue pake cokelat bubuk. Awalnya suatu hari tiba-tiba gue ngidam berat pengen makan cake ini, tapi males ke supermarket buat beli cokelat masaknya dan pengen bikin pake bahan yang ada di rumah aja. Ting! Tiba-tiba kepikiran buat pake cocoa powder. Setelah berkonsultasi sama Google, gue nemu blog Versatile Vegetarian Kitchen. Di blog itu dipost resep Molten Lava Cake pake cocoa powder. Gue langsung coba dan langsung puas sama hasilnya. As usual, ada sedikit takaran bahan yang gue modifikasi biar sesuai sama selera gue tanpa mengubah overall rasa cakenya.
Di resep ini gue pake sedikit variasi dengan nambahin peanut butter filling atau isi selai kacang. Ide ini not originally mine, tapi gue dapet pas lagi nonton Urban Cook (acara yang ngehits banget dan gue yakin semua tau. Loooove the show!). If you want to know Chef Yuda's original recipe buat Molten Lava Cake, ada di Facebook Page-nya Urban Cook. Just hit the link here.
Another warning, resep ini mungkin bukan termasuk resep yang sehat, tapi gue pikir ga ada salahnya sekali-kali manjain diri sendiri, iya ga? And it's inexpensive too!!
Baiklah... Sisihkan waktu 15 menit for a simple and chocolaty dessert!

Bahan:
- 4 sdm margarin
- 2 sdm cokelat bubuk
- 1 butir telur
- 3 sdm gula pasir
- 1/2 sdt vanilla essens
- 3,5 sdm tepung terigu
- Sejumput garam
- 1 sdm selai kacang

Peralatan:
Ramekin atau mangkuk tahan panas yang dioles margarin tipis-tipis.
Gue pake yang diameternya sekitar 10 cm untuk satu resep ini.

Cara Buatnya:
  • Panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius.
  • Lelehkan margarin, angkat. Tambahkan cokelat bubuk, aduk rata dan sisihkan.
  • Kocok telur, gula pasir dan vanilla essens sampai sedikit berbusa (cukup pake whisk). 
  • Tambahkan campuran cokelat, garam dan tepung terigu. Aduk rata.
  • Tuang setengah adonan ke dalam ramekin. Letakkan selai kacang di bagian tengah. Tuang sisa adonan.
  • Panggang dalam oven selama kurang lebih 10 menit sampai bagian atasnya sedikit menggembung dan sudah mengering.
  • Angkat. Dinginkan 5 menit. Sajikan hangat.
Waktu ngedit foto ini buat di post di Instagram gue, nama yang muncul di kepala adalah Chocolate Molten Cake. Tapi pas di post di sini Molten Lava Cake. Maaf yah :")

Can you see the streaks of peanut butter in the middle?


  • Di foto gue keliatannya lelehan cokelatnya cair banget ya? Well it's because I didn't rest the cake enough. Gue terlalu gak sabaran untuk cepetan ngeluarin cake dari ramekin, jadinya bagian tengah belum set dengan bagus. Remember, rest the cake at least 5 minutes before you dig in ;)
  • Kalo gak suka lelehan yang terlalu liquid, panggang cake 12-13 menit. 
  • Jangan kelamaan manggangnya ya, nanti bisa-bisa gak jadi molten lava cake, malah jadi brownies deh hehehe...
  • Karena cake ini termasuk mahteh (gimana sih nulisnya?), untuk ukuran ramekin diameter 10cm yang gue pake, harus dimakan berdua. Kalo sendiri keblenger sepertinya. 
  • Gak punya ramekin? bisa juga pake cetakan ato loyang muffin.
  • If you want a cute version of this cake, semacam cake mini centil-centilan gitu, pake loyang muffin dan alasin pake cup kertas buat cupcake yg mungil-mungil. Cukup kasih 1 sdm adonan cake, 1/2 sdt peanut butter dan tutup lagi sama 1 sdm adonan cake. I've done that dan menurut gue kiyut banget buat dessert pas kumpul-kumpul sama temen.
Not a good quality picture...sorry..tapi bisa liat kan perbandingan cake sama sendok tehnya?


  • Kalo mau rasa cakenya lebih seger, bisa aja diisi selai buah. Atau makannya pake selai buah yang udah dipanasin sampe sedikit encer.
- Selamat Masak! -

13 comments:

  1. Kayanya yummy banget mba,,,
    Btw ini bisa untuk loyang ukuran berapa? Trus jadinya berapa porsi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini resep individual portion, jadi hasilnya ga banyak. Ramekin atau mangkuk tahan panas yang gue pake sih diameter mangkuknya 8,5cm tinggi 4,5cm. Ukuran segitu untuk dessert cukup besar, bisa buat berdua. Tinggal pake ramekin yang lebih kecil aja kalo mau bener-bener dijadiin 2 porsi.

      Delete
  2. aduuuuh udah coba rasanya enak mntap deeeh mksih yaaa mba

    ReplyDelete
  3. Kalau cara masaknya dikukus bkn dioven bisa nggk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bikin yang dikukus sih belom pernah coba. tapi ada satu blog, namanya trailcooking.com kalo ga salah, yang katanya pernah bikin molten cake kukus.
      Coba aja kukus kuenya sekitar 7 - 10 menit (tergantung besar ramekin ato cetakan yg dipake). Jangan lupa untuk didiamkan paling sedikit 5 menit setelah kue diangkat.
      - selamat masak! -

      Delete
  4. tetehh.. aku adalah penggemar resep2 cake.. tapi di rumah ovennya masih oven gas, dimana dia dipanasin diatas kompor gitu..
    gimana cara nge-set suhunya berhubung ga punya termometer juga..
    mohon bantuannya ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai..
      Kalo tanpa termometer sih sepertinya susah buat nentuin suhu yang bener2 akurat. Gue sendiri belom pernah pake,tapi nyokap gue pernah. Katanya, untuk pake oven sprti itu harus pinter mainin apinya. Kalo suhu mau agak panas api harus agak besar, kalo suhu kecil apinya kecil. Amannya sih pake api sedang.
      Kalo menurut gue,mungkin jalan tengah aja nyari api sedang tapi harus bener-bener sering dicek,kalo berasa udah terlalu panas,apinya dikecilin.
      Pake oven apapun sebenernya kuncinya hanya satu,membiasakan diri. Kalo udah sering nyoba pasti nemu trik yang pas. Tinggal rajin eksperimen aja :)

      Delete
    2. Buat Elmus Rahma,
      Gue jadi kepikiran cara pake oven kompor. Rasanya gak enak gak bisa bantuin ngasih tips yang betul. Setelah search dan nanya ke sana-sini, begini tips yang gue dapet:
      1. Panasin oven dengan api sedang cenderung besar, jadi pertengahan antara sedang sama besar.
      2. Menurut nyokap gue, cara sederhana cek temperaturnya adalah pake tangan. Iya, pake tangan. Jadi coba buka pintu oven dan deketin tangan pelan-pelan dan disitu kita rasain, kira-kira panasnya udah cukup atau belom. Suhu rata-rata untuk manggang kue itu 170 - 180 derajat, jadi sedikitnya kebayang kan? Lebih panas dari air mendidih.
      3. Untuk api kompor, kalo misalnya terasa terlalu panas, boleh dikecilin tapi jangan drastis, misalnya dari besar tiba-tiba langsung kecil, karena temperatur juga turun drastis. Jadi sedikiit aja nuruninnya. Kecuali pake api yang gede banget, gak akan gosong kok, asal sering dicek.

      Inget aja kalo besar api kompor dan panas oven itu beda-beda, biar oven listrik sekalipun, jadi pastiin 10 menit sebelum waktu manggang di resep selesai, selalu cek dulu kuenya. Panas oven yang beda pastinya bikin waktu manggang juga jadi beda.

      Dan sekali lagi, kunci suksesnya adalah sering-sering eksperimen. Practice makes perfect, jadi kalo sering dipake ovennya, lama-lama ketemu deh cara paling pas untuk nentuin suhu dan manggang kuenya.

      Mudah-mudahan bisa membantu ya :)

      - Selamat Masak! -

      Delete
  5. dan aku baru baca dong setelah 1 tahun lebih :"
    terimakasih banyak infonya teteh :*

    ReplyDelete
  6. Sama-sama. Tetep semangat eksperimen, ya. :)

    ReplyDelete

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)