Thursday, December 27, 2012

Baesuk: Pir Kukus Buat Penghangat Badan

Tema eksperimen kali ini masih tentang makanan yang pas buat musim hujan. Udara dingin memang bikin pengen makan melulu ya... ato cuma gue yang begitu? hahaha...
Nah, kali ini eksperimen gue jatuh lagi di resepnya Maangchi. Nama resepnya Baesuk alias Pir Kukus. Pir dikukus? Agak gak biasa memang. Makanan serupa yang gue tahu biasanya setup Pir atau Apel, yaitu buah yang dimasak pake gula atau sirup sampe lembut untuk dessert. Nah, Baesuk ini gak cuma cocok dijadiin dessert, tapi juga bisa buat penghangat badan. Kenapa? Karena di dalamnya ada parutan jahe sama bubuk kayu manis. Terus yang jelas bikin Baesuk jauh lebih sehat adalah dia gak pake gula. Manisnya didapet dari madu plus manis buah pir itu sendiri.
Gimana dengan cara bikinnya? Haduuuh..sambil merem juga bisa deh. Gampaaang banget!!! Yuk ah dicobain.

Bahan:
- Buah pir, jenis apapun bisa.
- 1 sdm madu
- 1 sdt jahe parut
- 1/4 sdt bubuk kayu manis
- 1-2 sdt kacang mede panggang yang sudah dicincang (optional)

Peralatan:
Ramekin atau pinggan tahan panas

Cara Buatnya:
  • Cuci bersih buah pir, lap permukaannya.
  • Potong sekitar 3-4 cm bagian atasnya (yang ada tangkainya). Kalo pirnya miring dan gak bisa berdiri tegak, iris sedikit bagian bawahnya.
  • Dengan sendok teh, keruk bagian tengah potongan pir yang bagian bawahnya untuk membuang biji dan bagian tengah yang keras. 
  • Isi bagian tengah dengan madu, jahe, bubuk kayu manis dan kacang mede.
  • Tutup dengan bagian atas pir. Taruh di atas pinggan tahan panas.
  • Kukus pir selama kurang lebih 30 menit atau sampai pir lunak. 
  • Angkat, sajikan panas atau dingin.



  • Kalo gak pengen makan pir ini panas-panas, bisa dibiarin dulu sampai uap panasnya hilang, terus masukin kulkas. Setelah pir dingin, sajikan dengan ice cream vanilla, yum!
  • Karena ada jahe dan vitamin c dari pir yang tinggi, makanan ini cocok buat yang lagi masuk angin atau flu.
  • Kalo pake pir Korea seperti yang ada di resep Maangchi, takaran isi dibikin dua kali lipat yaaa..
  • For video guide please check out Maangchi's video Korean Steamed Pear (Baesuk).
- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment