Wednesday, October 10, 2012

Asian Style Spaghetti

Pasta....
Menurut gue, pasta itu adalah salah satu makanan terenak dan tersimple di dunia. Pasta, selain gampang dibuat, juga gampang banget di mix and match sama bahan lain.
Spaghetti adalah salah satu pasta yang hampir selalu available di rumah (selain macaroni). Biasanya gue sekeluarga seneng banget bikin pasta untuk makan siang di hari Sabtu ato Minggu.
Karena bosen dengan spaghetti saus tomat yang sering banget kita masak, gue mulai seneng bereksperimen nambahin atau ngeganti berbagai macam bahan dan saus buat spaghetti gue.
Yang sekarang bakal gue share adalah Asian Style Spaghetti. Apaan sih? Si Asian Style Spaghetti ini sebenernya makanan yang simple banget, cuma pake nama yang gaya :D Gue padu padanin spaghetti dengan saus tiram, kecap asin dan kecap manis. Gayanya sih Asia banget.
Pedes, asin, manis semua jadi satu.
Worth to try? Let's experiment!

Bahan:
- Spaghetti kering untuk dua porsi, rebus sesuai petunjuk kemasan
- 200 gram ayam bakar yang udah jadi, suwir-suwir
- 2 cabe merah (keriting atau biasa), iris serong
- 2 cabe hijau (keriting atau biasa), iris serong
- 2 siung bawang putih ukuran sedang, cincang halus
- 2 sdm minyak
- 2 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap asin (gue pake Kikkoman)
- 1/2 sdm kecap manis
- merica
- setengah gelas air

Cara Buatnya:
  • Panaskan minyak dengan api sedang, tumis bawang putih sampai harum sekitar 2 menit.
  • Masukkan ayam, cabe hijau dan cabe merah, aduk rata.
  • Masukkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, merica dan air, masak sebentar sampai air mendidih.
  • Masukkan spaghetti, masak sampai saus sedikit mengental (kekentalan sesuai selera).
  • Angkat, taburi wijen panggang.
  • Buon Appetito!


  • Hati-hati dengan garam ya. Karena saus tiram sama kecap Kikkoman udah asin, jadi gue gak pake garam lagi. Tapi klo memang kurang asin bisa tambahin, tapi hati-hati ya, sedikiiit-sedikiiit aja dulu.
  • Kalo keasinan bisa tambahin sedikit gula.
  • Di sini gue pake ayam bakar leftover, karena pas aja rasa smoky ayam bakar dengan saus tiramnya. Tapi kalo gak ada, pake fillet ayam juga bisa. Setelah bawang bombay, masukkin ayam, tumis sampai berubah warna dan matang, baru masukin bahan lain.
  • karena gue suka pedes, gue pake cabe hijau keriting tapi di tone down dengan cabe merah besar. Malah kalo lebih suka pedes lagi, pake cabe rawit cuco tuh.

- Selamat Masak! -

No comments:

Post a Comment

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)