Tuesday, January 29, 2013

Homemade Kimchi -- Revised Recipe

Kimchi... Buat yang rajin nonton drama dan film Korea seperti gue, pasti sering banget liat penampakan kimchi di sana. Makan nasi, di antara piring-piring banchan (side dish) pasti ada kimchi. Makan ramyun pasti di sampingnya ada kimchi. Malah ada yang inti ceritanya tentang kimchi, seperti misalnya drama Fermentation Family atau film Le Grand Chef 2: Kimchi Battle (buat yang suka film masak-masak, coba tonton deh).
Sebenernya dulu gue udah pernah post hasil eksperimen pertama gue bikin kimchi sendiri (please check out Homemade KIMCHI). Tapi memang bener apa yang sering dibilangin di drama-drama tadi (dan Maangchi, my favorite Korean cooking tutor di YouTube juga berpendapat yang sama) bahwa kimchi itu masakan personal yang susah ditentuin takaran pastinya. So far gue udah 4 kali bikin kimchi sendiri, dan setiap kali rasanya selalu sedikit beda, not in a bad way though. Makin ke sini gue ngerasa kimchi yang gue bikin makin pas sama lidah gue.
Pertama kali bikin kimchi, walaupun gue pikir rasanya lumayan enak, tapi gue masih sedikit keganggu sama rasa bawang bombay+bawang putih dan jahe yang lumayan kenceng. Jadi, setiap gue bikin kimchi lagi, gue berusaha adjust rasanya supaya gak terlalu kenceng, gak terlalu pedes, dan lebih cocok buat lidah gue.
Masalah takaran bumbu di dalam kimchi pastenya pun masih amburadul banget. Hampir semua resep yang gue temuin adalah resep untuk kimchi dalam jumlah besar. Berhubung yang doyan kimchi di rumah cuma gue dan kakak gue aja, jadi gak mungkin nyimpen kimchi satu wadah gede yang bisa-bisa perlu setaun buat ngabisin. Nope, gue cuma butuh kimchi dalam wadah sedang yang bisa habis dimakan dalam 3-4 bulan ajah.
So, supaya introductionnya gak kepanjangan, mulai aja yuk intip hasil eksperimen gue dengan kimchi!

Bahan Utama:
  • 1 sawi putih ukuran sedang, buang bonggolnya, potong-potong kurang lebih 3-4 cm, cuci bersih, rendem sekitar 5 menit. Tiriskan.
  • Taburi dengan 3 - 4 sdm muncung garam, aduk rata.
  • Diamkan 45 menit. Bolak-balik dengan tangan, diamkan 45 menit lagi.
  • Tiriskan, cuci bersih..bener-bener bersih (sampe 3 kali menurut Maangchi), tiriskan.
Bahan Pendamping:
 - 1 buah wortel import ukuran sedang, potong korek api (tipis-tipis aja).
- 1 bawang daun ukuran sedang, iris serong 1 cm.

Bahan Kimchi Porridge:
 - 1/3 cup atau 80 ml air
- 1/2 sdm tepung ketan atau tepung terigu
- 1/2 - 1 sdt gula pasir
  • Aduk air dan tepung sampai rata.
  • Masak di atas api kecil sampai meletup-letup sambil terus diaduk.
  • Masukkan gula pasir, aduk rata.
  • Masak 1 menit lagi sambil terus diaduk. Angkat, dinginkan.
Bahan Kimchi Paste:
- 4 siung bawang putih ukuran sedang, kupas, potong kasar
- 1/2 siung bawang bombay ukuran sedang, kupas, potong kasar
- 2 buah cabe merah ukuran besar, potong kasar
- 4 buah cabe merah keriting, potong kasar (boleh buang bijinya kalo mau)
- 1 cm jahe (diameternya kira-kira sebesar uang logam 1000 yang perak), kupas, potong kasar
- 4 sdm kecap ikan
- 1 sdt madu
- 2 sdm cabe paprika bubuk (gue pake brand Koepoe-Koepoe)
  • Blender bawang putih, bawang bombay, cabe merah, cabe merah keriting, jahe sampai halus. (tambahkan 1 sdm kecap ikan dari takaran di atas kalo perlu, supaya halus).
  • Di dalam wadah besar (baskom atau mangkuk besar, supaya enak ngaduk kimchinya), tuang bumbu halus, sisa kecap ikan, madu, cabe bubuk. Aduk rata.
  • Cicipin kimchi paste, apa kurang asin atau kurang manis atau kurang pedes. Adjust to your taste.
Sekarang mari kita mengaduk kimchi!
  • Campur kimchi paste dengan kimchi porridge, aduk rata.
  • Tambahkan wortel dan bawang daun, aduk rata.
  • Tambahkan sawi putih, aduk rata dengan tangan (pake sarung tangan tentunya, atau pake plastik, not with your bare hands, please).
  • Siapkan wadah plastik yang bersih dan kering.
  • Pindahkan kimchi ke dalam wadah sambil ditekan-tekan supaya padat. Kenapa harus ditekan-tekan? Ini dilakukan supaya kimchinya gak kemasukan udara yang nanti bakal bikin dia berjamur. Karena kimchi ini nantinya bakal difermentasiin di dalam kulkas, penting banget mencegah tumbuhnya jamur.
  • Tutup rapat. Bisa langsung dimakan, atau disimpen di dalam kulkas.
  • Kimchi yang minimal udah berumur seminggu enak banget buat dibikin Kimchi BokkEumBap alias nasi goreng kimchi!


  • Pengerjaannya sesuai urutan yang gue tulis ya...Setelah ngegaremin sawi dan motong-motong wortel plus daun bawang, langsung mulai bikin kimchi porridge. Abis kimchi porridge beres, sisihkan biar dingin. Sebelum sawi dicuci dan ditiriskan, siapin kimchi paste. Abis itu baru deh campurin semuanya.
  • Buat yang gak terlalu suka sama rasa kimchi mentah, saran gue dibikin nasi goreng kimchi atau mie goreng kimchi.
  • Selalu ngambil kimchi dalam porsi kecil dulu dan pindahin ke piring kecil. Kimchi yang udah keluar dari wadahnya dan gak abis dimakan jangan dimasukin lagi ya. It can ruin the whole container loh. Kimchi ini makanan fermentasi jadi please selalu inget buat jaga kehigienisannya, ok? ;)
  • Setiap abis ngambil kimchi untuk dimakan please..please..please selalu inget untuk diteken-teken lagi kimchinya yaaa. Dan jangan lupa ditutup rapat wadahnya.
  • For other recipes using this kimchi, tungguin yah, gue bakal bereksperimen lagi!
- Selamat Masak! -

2 comments:

  1. Replies
    1. Merek kecap ikannya Squid. Silakan diintip beberapa merk kecap ikan yang biasa dipakai di postingan "Fish Sauce Fishy Goodness." Search aja di blog ini ya. ��

      Delete

Silakan tulis pertanyaan yang berhubungan dengan post-post Food Experimentalist. I will do my best to answer it. Boleh banget bantu jawab. Mari saling membantu. :)